Cara Menguasai Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Siapa yang menyukai olahraga renang? Jika dilakukan survei maka kemungkinan besar banyak sekali orang yang menyukai olahraga renang. Sehingga banyak sekali orang-orang tidak terkecuali anak-anak yang tertarik belajar teknik dasar renang gaya bebas. Dalam menguasai teknik renang gaya bebas perlu menguasai beberapa pemahaman dasar terlebih dahulu.

Sebetulnya selain renang gaya bebas masih banyak lagi gaya-gaya yang lain dan tidak kalah menarik diantaranya adalah gaya kupu-kupu, gaya dada, dan juga gaya punggung. Namun diantara gaya-gaya tersebut renang gaya bebas menjadi gaya yang paling banyak diminati.

Mempelajari teknik dasar berenang gaya bebas ini menjadi sangat penting terutama bagi Anda yang berminat untuk menjadi atlet renang gaya bebas. Seperti apa teknik dasar berenang gaya bebas yang harus dikuasai?

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas yang Wajib Dikuasai

Ketika berenang dengan gaya bebas maka ada beberapa gerakan bagian tubuh yang harus dipelajari diantaranya lengan, kaki, kepala dan lain sebagainya. selain gerakan-gerakan tubuh pernapasan juga menjadi salah satu hal terpenting dalam berenang. Berikut ini adalah teknik dasar renang gaya bebas yang wajib untuk dikuasai:

  1. Teknik dasar gerakan lengan di tempat

Salah satu gerakan yang sangat penting saat berenang gaya bebas adalah gerakan lengan. Ketika melakukan gerakan lengan pastikan Anda sudah melakukannya dengan benar agar lengan Anda tidak mengalami cedera.

Untuk mempelajari gerakan lengan salah satunya dengan meminta bantuan kepada orang lain untuk memegangi kaki Anda. Setelah kaki Anda dipegangi maka gerakkan tangan ke atas dan bawah sambil menekan air.

  1. Teknik dasar gerakan lengan meluncur

Selain dapat melakukan gerakan lengan di tempat, Anda juga dapat melakukan latihan gerakan lengan dengan cara meluncur. Untuk gerakan atau posisi tangan sama dengan gerakan lengan saat di tempat. Untuk gerakan lengan meluncur ini sebaiknya dilakukan ketika Anda sudah percaya diri melakukannya dan setelah belajar gerakan dasar lengan di tempat.

  1. Teknik dasar gerakan kaki di tempat

Sama halnya ketika melakukan gerakan lengan, gerakan kaki dapat dilakukan di tempat jika memang Anda masih dalam proses belajar. Bagaimana cara melakukannya?

Cara melakukannya sangat mudah yaitu dengan berpegang pada bagian pinggir kolam dengan posisi menatap atau menghadap pinggir kolam dan posisi tubuh menelungkup. Setelah itu luruskan kaki dan gerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian.

  1. Teknik dasar gerakan kaki dengan bantuan orang

Cara melakukan gerakan ini sama dengan ketika melakukan teknik dasar gerakan kaki di tempat hanya saja Anda memerlukan bantuan orang lain untuk menyanggah tangan Anda. Kelebihan dari gerakan ini adalah Anda dapat bergerak maju ke depan.

  1. Teknik dasar pernapasan ke kanan

Seperti yang sudah diketahui bahwa peraturan renang gaya bebas salah satunya pada bagian pengambilan napas. Dimana ketika pengambilan napas perenang hanya boleh memilih salah satu yaitu ketika kepala miring ke kanan atau saat kepala miring ke kiri.

Untuk gerakan pengambilan napas ke kanan dilakukan dengan cara memiringkan kepala dan wajah ke arah kanan dan ke permukaan air kemudian gunakan kesempatan tersebut untuk mengambil napas.

  1. Teknik dasar pernapasan ke kiri

Selain ke kanan pengambilan napas juga dapat Anda lakukan dengan memiringkan wajah ke kiri. Namun ingat jika Anda menggunakan gaya bebas dalam kompetisi maka pengambilan napas wajib Anda pilih salah satu ya.

  1. Teknik dasar koordinasi gerakan

Setelah mempelajari gerakan dasar mulai dari lengan, kaki, hingga pernapasan Anda wajib mempelajari cara mengkoordinasikan anggota badan agar dapat bergerak sesuai aturan.

Itulah beberapa teknik dasar renang gaya bebas yang wajib Anda kuasai dengan baik. Semoga berhasil dan bermanfaat ya.

mua parasayu