Cara Melakukan Renang Gaya Bebas untuk Anak-anak

Bermain air merupakan salah satu hal yang disukai oleh hampir seluruh anak-anak sehingga tidak ada salahnya jika Anda sebagai orang tua mengajarkan anak Anda untuk berenang. Belajar berenang dimulai dengan memperkenalkan berbagai gaya-gaya renang misalkan sebagai pemanasan ajarkan kepada anak Anda cara melakukan renang gaya bebas. Setelah menguasai teorinya, kemudian diajari beberapa gerakan dasar dari teknik renang gaya bebas.

Selain bisa bermain air dengan mengajarkan anak tentang teknik berenang maka anak Anda akan mendapatkan ilmu dan pastinya tetap menyenangkan. Bagaimana sih cara melakukan renang gaya bebas bagi anak-anak yang masih dalam tahap belajar?

Cara Mengajari Anak-anak Berenang Gaya Bebas

Mengajari anak-anak berenang sudah pasti membutuhkan pengetahuan lebih dan juga kesabaran. Untuk pengetahuan mungkin Anda dapat menerapkan seperti yang dulu pernah diajarkan kepada Anda saat pertama kali belajar berenang.

Namun jika Anda takut atau merasa tidak percaya diri untuk mengajari anak Anda berenang, maka tidak ada salahnya jika Anda memanggil instruktur renang. Sehingga anak Anda mengetahui cara melakukan renang gaya bebas dengan benar.

Bagaimana cara mengajarkan anak-anak renang gaya bebas? Langsung saja perhatikan ulasan lengkap dibawah ini:

  1. Mengajarkan pentingnya pemanasan

Sebelum mengajarkan teknik atau cara berenang dengan gaya bebas pastikan Anda memberikan pemahaman kepada anak Anda tentang pentingnya melakukan pemanasan sebelum menceburkan diri ke dalam kolam. Pemanasan dilakukan dengan melakukan gerakan sederhana misalkan memutar kedua kaki, gerakan kepala menengok ke kanan dan kekiri, menggerakkan engsel kaki memutar dan lain sebagainya.

  1. Posisi badan ketika meluncur

Setelah melakukan pemanasan, maka pelajaran selanjutnya yang harus diajarkan yaitu gerakan meluncur. Dimana gerakan meluncur ini dimulai pada area dinding pinggir kolam.

Posisi badan membungkuk atau condong ke depan menghadap ke bawah dengan kedua lengan lurus ke depan dan khusus salah satu telapak kaki menghadap ke dinding kolam. Agar anak Anda terlatih maka lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

Setelah melakukan latihan meluncur maka pelajaran dapat dilanjut dengan melatih gerakan kaki atau tungkai. Dimana untuk latihan ini Anda dapat melakukannya di tempat atau sambil meluncur. Bagaimana caranya?

  1. Gerakan kaki posisi di tempat

gerakan kaki dilakukan dengan menggerakkan tungkai kaki baik kanan maupun kiri ke arah atas dan bawah secara bergantian. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sampai koordinasi antara kaki kanan dan kiri baik sambil memegangi telapak tangan anak Anda atau berpegangan pada pinggir kolam.

  1. Gerakan kaki posisi meluncur

Bagaimana dengan gerakan kaki saat posisi meluncur? Gerakan kaki saat meluncur tidak ada perbedaan dengan gerakan kaki posisi di tempat. Namun yang membedakannya adalah bantuan yang diberikan saat proses belajar. Ketika belajar gerakan kaki posisi meluncur dibutuhkan benda atau pelambung untuk bahan pegangan.

  1. Gerakan lengan posisi di tempat

Gerakan lengan posisi di tempat dilakukan dengan mendayung tangan atau lengan ke atas dan kebawah dengan bantuan orang untuk memegangi area kaki.

  1. Gerakan lengan posisi meluncur

Pada gerakan lengan posisi meluncur ini Anda dapat membekali anak-anak dengan pelampung yang diletakkan pada bagian kaki, atau paha sehingga anak-anak tetap aman.

  1. Lakukan berulang-ulang

Semua gerakan di atas diharuskan untuk dilakukan berulang-ulang sehingga anak-anak dapat menguasai bagaimana cara melakukan renang gaya bebas dan pastinya akan sangat baik untuk melatih koordinasi tubuh saat berenang.

Belajar berenang adalah salah satu cara yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan anak, sehingga anak tetap mendapatkan ilmu dan pastinya senang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya.

mua parasayu