8 Tips Cara Membuat Resume Kerja agar Dibaca HRD

Resume kerja merupakan hal penting yang harus kita siapkan dengan benar sebagai bekal untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Dengan resume yang baik, anda bisa menarik perhatian pencari kerja untuk memilih anda. Oleh sebab itu dasar bagaimana cara membuat resume penting untuk dikuasai. Bagi anda yang ingin memiliki resume kerja yang baik, anda bisa menerapkan 8 cara membuat resume kerja di bawah ini.

  1. Tulis Data Pribadi dengan Benar

Bagian data pribadi merupakan bagian yang penting karena data yang anda tuliskan harus sesuai dengan data sesungguhnya yang anda miliki. Kesalahan dalam data pribadi bisa berakibat fatal karena nantinya aplikasi dari resume kerja anda bisa dianggap tidak sah. Pastikan data pribadi anda sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga yang anda punya.

  1. Cantumkan Kontak Pribadi yang Mudah Dihubungi

Dengan berkembangnya alat untuk komunikasi, ada banyak sekali cara untuk menghubungi seseorang. Anda bisa mencantumkan kontak pribadi yang mudah dihubungi oleh perusahaan.

Kontak yang bisa anda cantumkan adalah email, nomor handphone, whatsapp dan id dari sosial media atau aplikasi chat yang anda gunakan. Berikan banyak opsi kontak aktif yang bisa dihubungi agar anda mudah dihubungi.

  1. Tulis Semua Prestasi serta Sertifikat yang Anda Miliki

Resume yang anda buat pastinya harus bisa menarik perhatian kantor yang anda daftar. Pastikan kemampuan yang anda miliki sesuai dengan pekerja yang dicari oleh perusahaan tersebut. Bila perlu, cantumkan semua sertifikat serta prestasi anda. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima anda.

  1. Masukkan Bidang Keahlian yang Anda Punya

Jika anda memiliki keahlian khusus tanpa mempunyai sertifikat dari lembaga. Anda tetap bisa menarik perhatian perusahaan dengan mencantumkan keahlian anda. Jelaskan dengan singkat kemampuan anda. Saat anda dipanggil untuk wawancara, anda bisa menjelaskan kemampuan anda untuk membuat perusahaan tertarik dengan kemampuan anda.

  1. Tarik Perhatian dengan Desain Resume yang Baik

Setelah semua data pribadi serta prestasi dan keahlian tertulis dengan baik, anda perlu memastikan bahwa desain dari resume anda sudah baik. Penempatan resume yang baik bisa menarik minat perusahaan untuk memilih anda. Pakai format yang baik dan mudah dimengerti oleh pembaca.

  1. Gunakan Bantuan Website di Internet

Jika anda tidak memiliki kemampuan khusus dalam bidang desain, anda bisa dengan mudah mendapat berbagai format resume yang baik di internet. Ada banyak sekali website penyedia jasa format resume secara gratis yang bisa anda download secara bebas. Pilih format resume yang paling sesuai dengan kepribadian anda dan menonjolkan kemampuan anda.

  1. Buat Resume dengan Jelas

Dibandingkan dengan memilih resume dengan desain yang terlalu berwarna dan terkesan terlalu penuh, anda bisa memilih format resume yang lebih simple dan mudah dibaca. Desain resume harus bisa membuat kemampuan yang anda miliki menonjol, sehingga hindari desain yang terlalu ramai yang bisa membuat pembaca merasa malas untuk membacanya.

  1. Review Penulisan Resume

Jika semua step telah anda lakukan, anda bisa langsung memasuki tahap pengecekan akhir. Di tahap ini anda bisa review mengenai apa yang telah anda tuliskan di resume anda. Hindari kesalahan baik yang besar hingga kesalahan kecil yang sering terlupakan.

Nah, itu dia beberap tips cara membuat resume kerja. Periksa dengan teliti agar kesalahan dari penulisan per kata atau huruf dapat dikoreksi. Pastikan data yang anda tulis sesuai dengan kenyataan yang ada. Tahun serta nama kegiatan atau prestasi pun harus sesuai dengan sertifikat yang anda miliki.