20 Kata-Kata Motivasi Belajar yang Membakar Semangat

Daftar isi

Di tengah kesibukan yang selalu menghampiri setiap harinya, tak jarang banyak pelajar atau mahasiswa yang merasa kehilangan motivasi. Setiap seseorang kehilangan semangat, terhadap banyak hal buruk yang bisa terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, berikut 20 kata-kata motivasi belajar untuk mengembalikan semangat belajar sobat Parasayu.

makeup pernikahan adat sunda

  1. Orang bijak akan belajar ketika mereka ingin, namun orang bodoh belajar ketika mereka terpaksa – Arthur Wellesley

Mantan perdana menteri Inggris yang bernama Arthur Wellesley ini pernah memberikan kata motivasi yang banyak dikutip oleh banyak orang. Menurut beliau, orang yang bijak akan belajar tanpa ada rasa terpaksa, dan orang yang bodoh hanya belajar karena mereka terpaksa, bukan karena mereka ingin menimba ilmu.

  1. Selalu lakukan yang terbaik di setiap kesempatan yang kamu miliki

Motivasi ini sangat tepat untuk mengingatkan para pelajar atau mahasiswa bahwa kesempatan yang telah mereka miliki merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan. Tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama, sehingga akan lebih baik bagi orang orang yang memiliki kesempatan untuk benar benar memanfaatkan kesempatan tersebut.

  1. Jangan berhenti belajar karena hidup tidak akan pernah berhenti mengajarkan

Bila anda merasa lelah dengan rutinitas belajar, anda bisa mengubah pikiran anda dengan berpikir bahwa belajar merupakan sesuatu yang akan terus berlangsung sepanjang hidup anda. Hal ini bisa membuat anda lebih ikhlas dalam terus berusaha belajar mengenai hal baru yang akan terus berkembang.

  1. Tidak ada jalan pintas untuk menuju ke tempat yang layak dituju.- Beverly Sills

Kutipan yang disampaikan oleh Beverly Sills ini mengajarkan kenyataan pada orang-orang. Kenyataan bahwa tidak ada jalan pintas untuk menuju ke tempat yang layak dituju akan selalu memicu anda untuk tetap belajar dan berkembang.

  1. Hiduplah seakan dirimu akan mati besok. Belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya.- Mahatma Gandhi

Kata-kata motivasi belajar dari Mahatma Gandhi tidak hanya mengajarkan anda untuk terus belajar, namun anda perlu menjalani hidup seakan anda akan mati esok hari. Hiduplah tanpa penyesalan, dan terus belajar untuk memiliki hidup yang tenang.

  1. Jangan menyerah, kau tahu bahwa memulai adalah selalu hal yang tersulit

Menyerah bukanlah pilihan karena sesungguhnya memulai sesuatu merupakan hal tersulit untuk dilakukan. Langkah awal merupakan langkah yang tidak mudah untuk diambil sehingga ada baiknya bila anda melangkah terlebih dahulu dan jangan menyerah sebelum memulai.

  1. Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia ini, dengan mengenyam pendidikan, anda bisa mengubah dunia.- Nelson Mandela

Untuk mengubah dunia, anda bisa memulai dari diri anda sendiri. Di mulai dari mengenyam pendidikan anda bisa memiliki senjata untuk bertahan di dunia ini.

  1. Tidak ada kata terlalu tua untuk belajar.

Umur bukan menjadi alasan untuk berhenti belajar. Berapa pun umur anda, anda akan selalu bisa belajar hal baru. Tak peduli sekecil apa pun, informasi baru selalu akan menjadi saran baru anda untuk belajar.

  1. Mari bersemangat dalam mempelajari sesuatu yang bermanfaat.

Untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, anda perlu terus bersemangat agar anda terus belajar. Semangat anda sangat diperlukan dalam proses belajar.

  1. Mempelajari mengenai suatu hal tidak akan pernah membuat pikiran anda lelah.

Selalu penasaran dan terus mencari tahu dan belajar mengenai suatu hal tidak akan pernah membuat pikiran anda lelah. Justru anda akan bisa terus mendapat ilmu yang tak terhingga.

mua parasayu

  1. Sedikit saja kemajuan di setiap harinya di dalam dirimu akan menambah sesuatu hingga mendapat hasil yang besar.

Jangan menyerah karena kemajuan yang tidak signifikan. Kemajuan kecil juga merupakan suatu kebaikan yang bisa anda ambil sisi positifnya.

  1. Hidup adalah tentang belajar, apabila anda berhenti belajar, artinya anda mati.

Kata-kata motivasi belajar ini merupakan tamparan bagi semua orang yang memilih untuk berhenti belajar. Berhenti belajar merupakan tanda bahwa anda memilih untuk mati karena inti dari hidup sendiri merupakan belajar.

  1. Apa pun kata orang lain, belajar dan bekerja keras lah untuk mencapai kesuksesan.

Penting sekali untuk fokus kepada diri sendiri. Dibandingkan dengan mendengar kata orang lain, akan lebih baik apabila anda belajar dan berusaha keras untuk diri anda sendiri. Kata orang lain tidak akan pernah membuat anda puas.

  1. Berdoa saja tidak lah cukup. Belajar dengan baik merupakan bukti bahwa anda memang berdoa karena belajar adalah ibadah.

Banyak sekali usaha yang bisa anda lakukan untuk mencapai sukses. Belajar merupakan bentuk usaha dari doa anda yang bisa anda usahakan. Berdoa saja tidak cukup, pastikan anda juga berusaha dengan belajar lebih. Terus belajar agar doa anda terwujud.

  1. Belajar adalah pengalaman, dan hal hal yang lainnya hanya merupakan informasi.

Mendapat pengalaman melalui belajar bisa memberikan anda informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Dengan berkembangnya informasi, anda akan terus mendapat informasi baru untuk anda pelajari.

  1. Kegagalan merupakan proses pembelajaran, bukan kesuksesan.

Kegagalan bukanlah suatu hal buruk. Dengan melalui kegagalan, anda bisa memiliki cara untuk meraih kesuksesan. Tidak perlu terpuruk akibat kegagalan, anda akan terus bisa bangkit untuk meraih kesuksesan. Jalan panjang akan perlu anda lewati termasuk kegagalan untuk mencapai akhir yang bahagia.

  1. Pendidikan tidak hanya pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar, namun juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan. – Shakuntala Devi

Kata-kata motivasi belajar ini mengajarkan kita bahwa belajar tidak hanya perlu dilakukan semasa anda masih mengenyam pendidikan. Belajar bisa dilakukan kapan saja. Gelar bukanlah bukti bahwa anda telah belajar, masih ada banyak hal yang bisa anda pelajari kapan saja.

  1. Ikhlaslah belajar karena yang paling berilmu dan bijak di antara kita pun masih rajin belajar” – Mario Teguh

Belajar perlu dilakukan secara ikhlas karena belajar yang dilakukan dengan ikhlas bisa menjadi bekal dalam hidup. Bahkan, orang yang paling berilmu pun masih terus belajar. Ikhlas bisa menjadi kunci bagi anda untuk meraih ilmu yang bermanfaat.

  1. Orang yang tidak pernah membaca buku sama saja dengan orang yang tidak bisa membaca buku. – Mark Twain

Tidak ada artinya bagi anda untuk mampu membaca buku karena pada akhirnya bila anda hanya mampu membaca tanpa bisa terus berusaha belajar dan membaca buku, ilmu yang anda punya akan terbuang begitu saja. Ilmu yang anda pelajari akan terbuang sia sia.

  1. Di manapun dan kapan pun, anda tetap bisa belajar. Dengan belajar, anda pasti bisa menjadi pintar dan cerdas.

makeup pernikahan adat sunda