15 Cara Menghilangkan Blackhead Dengan Mudah

Cara menghilangkan blackhead harus kamu ketahui karena masalah kulit yang satu ini paling sering muncul membuat wajah jadi rusak. Blackhead merupakan komedo yang disebabkan kotoran yang menyangkut di pori-pori wajah. Masalah ini bisa menyerang kulit wajah cewek maupun cowok. Karena itu, coba dengan 15 cara menghilangkan blackhead yang mudah berikut ini:

  1. Pakai Pencuci Wajah

cara menghilangkan blackhead

sumber solo.tribunnews.com

Cara menghilangkan blackhead yang paling umum dan mudah dilakukan adalah dengan mencuci muka secara rutin. Pastikan kalau sabun cuci muka yang kamu pakai mengandung anti-acne untuk mengangkat kotoran dari pori wajah.

Adapun dalam menggunakan facial wash pembersih kotoran pada wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Jika kulit wajah kamu kering, maka gunakan facial wash untuk kulit kering agar lebih maksimal dan menghindari dari hal negatif.

  1. Gunakan Facial Cleansing Brush

cara menghilangkan blackhead

sumber stylo.grid.id

Kamu bisa menggunakan alat bantu pembersih atau facial cleansing brush untuk mengangkat blackhead di wajah. Alat ini sangat efektif mengangkat kotoran yang menempel di pori-pori terdalam.

  1. Bersihkan Minyak di Wajah

cara menghilangkan blackhead

sumber hot.liputan6.com

Wajah yang berminyak merupakan salah satu sumber masalah penyebab blackhead. Minyak dapat membuat kotoran menempel di wajah sampai kamu mencucinya. Karean itu, singkirkan minyak di wajah terlebih dahulu.

  1. Pakai Chemical Exfoliant

cara menghilangkan blackhead

sumber journal.sociolla.com

Kamu juga bisa menggunakan chemical exfoliant yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Sel kulit yang sudah mati sering menjadi penyebab kotoran tersumbat di pori-pori wajah hingga muncul blackhead.

  1. Menggunakan Maker Lumpur

cara menghilangkan blackhead

sumber asmaraku.com

Masker lumpur juga sangat efektif untuk mengangkat kotoran yang susah dikeluarkan dari pori-pori wajah. Gunakanlah masker lumpur secara rutin setiap minggunya. Cukup luangkan waktu sekitar 15 menit.

  1. Buat Kulit Jadi Lembap

cara menghilangkan blackhead

sumber review.bukalapak.com

Kulit yang lembap bisa membuat kulit jadi lebih sehat dan kotoran tidak mudah menempel. Kamu bisa memakai berbagai produk yang membuat kulit menjadi lebih lembap.

  1. Pakai Pore Strip

cara menghilangkan blackhead

sumber today.line.me

Pore strip merupakan plaster yang berfungsi untuk mengangkat blackhead. Plaster ini dibuat dengan sangat simpel sehingga kamu lebih mudah menggunakannya. Hanya butuh waktu beberapa menit sampai kamu melepaskannya.

  1. Rutin Mikrodermabrasi

cara menghilangkan blackhead

sumber styl.id

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan dengan mencoba mikrodermabrasi. Perawatan yang satu ini sangat ampun mengangkat blackhead yang mengendap di wajah.

  1. Hindari Coconut Oil

hindari Coconut Oil

sumber soco.id

Agar blackhead tidak semakin parah, kamu menghindari berbagai bahan yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Bahan seperti coconut oil dan shea butter memang bagus untuk kulit. Namun, lebih baik dihindari agar pori wajah tidak tersumbat.

  1. Hindari Stress

Hindari Stress

sumber health.detik.com

Kelihatannya tidak ada hubungan antara stress dan penyebab blackhead. Namun, stress menghasilkan hormon yang memicu jerawat. Blackhead akan semakin parah ketika muncul jerawat. Alhasil, kamu akan semakin sulit memperbaiki kedua masalah itu.

  1. Jangan Pencet Blackhead

Jangan Pencet Blackhead

sumber wanitabercerita.com

Blackhead yang begitu banyak di wajah memang membuat orang gatal untuk memencetnya, tetapi lebih baik hindari pemencetan blackhead. Kulit akan mengalami luka dan berisiko iritasi.

  1. Pakai Produk yang Tidak Berminyak

Pakai Produk yang Tidak Berminyak

sumber review.bukalapak.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau kamu sebaiknya menghilangkan minyak di wajah agar blackhead cepat hilang. Selain itu, sebaiknya kamu juga menghindari memakai produk kecantikan yang berminyak.

  1. Pakai Jeruk Nipis

Pakai Jeruk Nipis

sumber health.detik.com

Gunakan bahan-bahan alami, seperti jeruk nipis untuk menghilangkan blackhead. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi untuk menghilangkan minyak dan mengangkat sel kulit mati.

  1. Gunakan Pepaya

Gunakan Pepaya

sumber halodoc.com

Pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E, serta enzim papain yang berfungsi untuk membantu regenerasi kulit. Selain itu, ada juga antioksidan yang bisa membuat kulit tetap lembap.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk

Menggunakan Kulit Jeruk

sumber klikdokter.com

Jemur kulit jeruk, tumbuh hingga halus, dan campurkan dengan air. Masker kulit jeruk ini sangat ampun mengangkat blackhead. Vitamin C pada kulit jeruk lebih banyak dibandingkan pada buahnya.

Itualh 15 cara menghilangkan blackhead yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Lakukan dulu dari bahan yang mudah kamu dapatkan.