Cara Praktis Isi Pulsa Listrik Lewat HP

Sudah pernahkah Anda mengisi pulsa listrik lewat hp? Jika belum, maka Anda harus mempelajari cara isi token listrik karena ini akan sangat memudahkan saat mengisi token. Teknologi kini berkembang begitu pesat, sehingga siapapun dapat melakukan transaksi apa saja dan dimana saja, termasuk transaksi pembelian pulsa untuk listrik. Anda tidak perlu lagi mengantri dan pergi jauh untuk membeli token listrik.

Aplikasi Penyedia Pulsa Listrik

Ada banyak aplikasi smartphone yang menyediakan pulsa untuk mengisi token. Mengingat listrik merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, maka ketersediaannya pun semakin dimudahkan. Anda kini bisa membeli token listrik secara online, tidak perlu repot pergi jauh dan mengantri di gerai agen.

Apa saja aplikasi penyedia token listrik? Banyak aplikasi belanja online yang sudah menyediakan pulsa untuk listrik prabayar seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan masih banyak lagi. Tersedia juga di beberapa aplikasi dompet digital seperti OVO, DANA, Go-Pay, dan lain-lain.

Pastikan Anda selalu memiliki saldo di salah satu aplikasi tersebut, agar bisa melakukan transaksi pembelian token listrik. Akan lebih mudah lagi jika memiliki m-banking, pembelian token listrik bisa langsung dilakukan di aplikasi tersebut. Saldo rekening akan langsung terpotong sebagai biaya transaksi.

7 Langkah Mengisi Pulsa Listrik Lewat HP

Mengisi pulsa untuk listrik sama mudahnya dengan mengisi pulsa untuk hp. Akan lebih mudah lagi jika membelinya melalui aplikasi di smartphone. Harganya pun biasanya akan lebih muda karena banyak diskon yang ditawarkan. Bagi Anda yang masih bingung mengenai caranya, simak uraian penjelasannya disini:

  1. Download Aplikasi

Langkah pertama, yaitu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Anda bebas memilih aplikasi penyedia token listrik mana saja, yang sekiranya membuat Anda mudah.

  1. Pastikan Saldo Mencukupi

Selanjutnya, pastikan saldo Anda mencukupi untuk melakukan transaksi pembelian token listrik. Jika mendownload aplikasi dompet digital atau toko belanja online, maka Anda harus mengisi saldonya terlebih dahulu ke aplikasi tersebut.

  1. Lakukan Transaksi

Jika saldo sudah mencukupi, Anda tinggal melakukan transaksi dengan mencari menu “PLN”. Biasanya opsi ini tersedia di menu utama aplikasi, kemudian pilih “pembayaran listrik prabayar” yang artinya token listrik itu sendiri.

  1. Masukan ID Pelanggan

Pastikan Anda sudah mencatat ID pelanggan PLN, terdiri dari 11 sampai 12 digit angka. Masukan nomor pada kolom yang tersedia, kemudian pastikan bahwa nama pelanggan sudah sesuai dengan nama yang terdaftar.

  1. Pilih Nominal Pulsa

Selanjutnya Anda harus memilih nominal pulsa listrik yang akan dibeli. PLN menyediakan nominal yang paling kecil mulai dari 20 ribu hingga 1 juta. Untuk standar satu rumah, biasanya memerlukan token 200 ribu sampai 300 ribu perbulannya.

  1. Dapatkan Kode Voucher

Jika sudah ditentukan, selanjutnya Anda harus menyelesaikan pembayaran transaksi. Kemudian pihak aplikasi akan memberikan kode voucher listrik yang Anda beli, terdiri dari 20 digit angka.

  1. Saldo Token Terisi

Masukan 20 digit angka kode voucher listrik, Anda bisa langsung menekannya pada alat meteran listrik. Pastikan angkanya sesuai, jika sudah benar maka akan ada tulisan “Benar” pada layar. Namun jika salah, maka pengisian token akan ditolak.

Perlu dicatat, jangan biarkan pulsa listrik Anda habis hingga tengah malam. Karena pada jam 23.00 WIB sampai 01.00 WIB, pengisian token meteran tidak bisa dilakukan. Jika token listrik sudah mulai habis, sebaiknya segera lakukan pengisian pada siang hari.

mua parasayu