20 Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama

Rasa nyeri yang terjadi saat menstruasi memang sering dialami perempuan. Bahkan, dalam beberapa kasus ada yang rasa nyerinya sangat menyakit hingga membutuhkan pertolongan medis. Oleh sebab itu, banyak perempuan yang mencari berbagai cara meredakan nyeri haid hari pertama di internet. Namun, ada pula yang hanya mempersiapkannya dengan cara menghitung siklus haid saja.

Kenapa hari pertama haid sering terasa menyakitkan?

Menurut beberapa ahli, rasa sakit yang menyerang perempuan saat hari pertama menstruasi sangat berkaitan dengan masalah hormonal. Saat menstruasi, hormon prostaglandin akan aktif dan memicu kontraksi rahim. Kontraksi bisa saja terjadi sebelum menstruasi sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Apakah nyeri haid berlebihan berbahaya bagi kesehatan?

Meskipun nyeri haid bisa dikatakan normal tapi jika rasa nyeri yang dirasakan sangat parah dan sering terjadi bisa saja menjadi tanda-tanda adanya penyakit yang memicu gangguan kesuburan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter ahli jika merasa sering mengalami nyeri menstruasi yang tidak tertahankan.

Risiko memiliki endometriosis

Endometriosis merupakan munculnya jaringan yang tumbuh diluar rahim. Penyakit ini selain ditandai oleh nyeri menstruasi yang parah juga ditandai dengan gangguan pencernaan, nyeri saat kencing serta darah haid yang keluar terlalu banyak. Oleh sebab itu maka penyakit ini harus segera diobati sebab bisa mengurangi kemungkinan Anda hamil sebanyak 50%.

Risiko memiliki kista

Kista (miom) merupakan sejenis tumor jinak di sekitar rahim. Gejalanya mirip dengan endometritis namun ditambah dengan perut terasa kembung atau bagian bawah perut yang terasa ditekan dan rasa nyeri yang sangat parah saat menstruasi. Jika tidak diobati, kista bisa mengurangi tingkat kesuburan serta meningkatkan keguguran.

Rekomendasi khusus

Menjalankan gaya hidup sehat

Rasa nyeri saat haid memang tidak bisa dihilangkan begitu saja tapi selagi masih wajar maka hal tersebut tidak membahayakan. Namun, jika Anda ingin tahu cara meredakan nyeri haid hari pertama maka Anda bisa mulai dengan menjalani gaya hidup sehat. Sebab,menurut beberapa ahli ada beberapa makanan serta pola hidup yang meningkatkan produksi hormon prostaglandin.

20 Tips ampuh dan cara meredakan nyeri haid hari pertama

Nyeri saat menstruasi memang tidak bisa dihindari. Namun setidaknya hal tersebut bisa diminimalisir dengan berbagai cara.bagi Anda yang terbiasanya merasakan nyeri haid tiap bulan berikut 20 cara untuk meredakannya.

  1. Kompres air hangat

Untuk meredakan nyeri, Anda cukup botol yang telah diisi dengan air hangat ke area perut atau punggung selama 10-15 menit. Selain dengan cara ini, Anda juga bisa menggunakan bantalan penghangat agar lebih nyaman.

  1. Minum air hangat

Air hangat dan the jahe dipercaya sebagai salah satu cara meredakan nyeri haid hari pertama yang ampuh sekaligus perut kembung. Selain itu, the jahe juga efektif mengatasi dehidrasi.

  1. Mengurangi minum kopi

Minuman berkafein seperti kopi dan the diyakini bisa memperparah nyeri haid Anda. Oleh sebab itu, mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsinya sangat disarankan.

  1. Makanan tinggi kalsium

Makanan tinggi kalsium dipercaya sangat ampuh mengatasi nyeri haid. Namun, jika Anda ingin menggunakan suplemen kalsium maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

  1. Menghindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji seringkali menimbulkan rasa nyeri dan perut kembung terutama saat menstruasi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

  1. Rutin olahraga

Untuk meredakan nyeri haid secara perlahan maka lakukan olahraga ringan secara rutin. Tidak perlu tiap hari minimal melakukan olahraga tiap 3 kali dalam seminggu untuk tiap sesi.

  1. Relaksasi

Nyeri haid sangat dipengaruhi oleh tingkat stress.oleh sebab itu, jika sedang stres sebaiknya lakukan relaksasi agar nyeri haid Anda tidak bertambah parah.

  1. Jangan merokok

Menurut beberapa sumber, perokok perempuan biasanya mengalami nyeri haid yang lebih parah dibandingkan dengan yang bukan perokok. Oleh karena out,sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut agar rasa nyeri yang dirasakan tidak bertambah parah.

  1. Akupuntur

Menurut penelitian, akupuntur bisa mredakan rasa nyeriakibat menstruasi. Selain itu,akupuntur juga dipercaya bisa mengurangi radang dan membuat Anda lebih rileks.

  1. Massage atau pijat

Pijatan lembut di area sekitar perut bagian atas dinilai bisa merilekskan otot-otot panggul sehingga mengurangi nyeri haid. Namun, sebaiknya berhati-hati saat memijat terutama di bagian yang kulit yang sensitif.

  1. Menggunakan essential oil

Jika Anda melakukan pijat untuk mengurangi nyeri saat haid maka disarankan untuk mengoleskan minyak esensial sebelum mulai memijat.

  1. Perbanyak minum air putih

Meskipun air putih tidak bisa mengurangi rasa sakit yang Anda alami selama menstruasi tapi mengonsumsi air putih bisa menyembuhkan gejala perut kembung. Hal ini bisa mencegah rasa nyeri Anda bertambah parah.

  1. Aktif bergerak

Meskipun rasanya tidak nyaman namun Anda harus mengupayakan terus bergerak aktif selama menstruasi jika memang memungkinkan. Dengan begitu, tubuh akan menghasilkan hormone endorphin yang bisa mengurangi rasa nyeri Anda.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara meredakan nyeri haid hari pertama. Hal tersebut disebabkan mandi bisa membuat tubuh Anda lebih rileks sehingga mengurangi stress.

  1. Mengonsumsi minyak ikan serta vitamin B1

Menurut salah satu penelitian, konsumsi minyak ikan dan vitamin B1 secara rutin bisa mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

  1. Minum jamu

Jamu merupakan salh satu cara yang paling seriing digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Jamu tradisional seperti kunyit asam telah lama digunakan sebagai salah satu obat mengobati sakit perut dan diare.

  1. Mengkonsumsi teh chamomile

The chamomile diyakini mampu mengurangi nyeri haid. Hal ini dikarenakan the ini memiliki senyawa anti radang yang mampu meredakan rasa nyeri Anda.

  1. Hindari makanan asin

Agar rasa nyeri tidak semakin parah sebaiknya hindari makanan yang terlalu asin, berlemak dan juga makanan yang terbuat dari daging yang diproses.

  1. Yoga

Yoga sangat disarankan sebagai karena bisa membuat tubuh Anda rileks serta menjadi lebih sehat. Cukup 60 menit tiap minggu maka rasa nyeri saat haid akan berkurang.

  1. Menggunakan obat pereda nyeri

Sebenarnya cara ini tidak terlalu disarankan sebab mengkonsumsi obat Pereda nyeri secara rutin bisa mempengaruhi kesehatan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter ahli sebelum menggunakannya secara terus-menerus.

Baca rekomendasi lain untuk menemukan berbagai cara meredakan nyeri haid hari pertama yang bisa Anda coba

Ada banyak cara meredakan nyeri haid yang tersebar luas di internet. Namun, tidak semuanya bisa dipercaya karena belum dibuktikan kebenarannya. Oleh sebab itu, agar rasa nyeri Anda bisa berkurang tanpa merugikan kesehatan Anda maka sebiknya Anda konsultasi dengan dokter ahli dan mencari referensi lain yang didasarkan pada fakta medis.

Kesimpulan

Meskipun nyeri haid sangat umum diderita perempuan,tapi sayangnya masih sedikit yang mengetahui bagaimana mengatasinya. Padahal jika rajin membaca cara meredakan nyeri haid hari pertama cukup banyak ditemukan di internet. Namun, karena masih banyak yang menganggap masalah etrsebut tidak terlalu serius maka tidak banyak orang yang menganggap remah bahkan di kalangan perempuan sendiri.

mua parasayu