7 Cerita Inspiratif Pendek sebagai Bekal Kehidupan

Pernahkah Anda berfikir bahwasanya dari tiap apa yang dijalani dalam kehidupan. Akan berdampak pada kisah akhir yang menjadi cerita tersendiri. Oleh karena itu pentingnya menghargai dari tiap apa yang hadir serta pergi dalam perjalanan hidup. Ada banyak cerita inspiratif singkat yang bisa kita jadikan pelajaran. Dalam ulasan kali ini, akan dibahas segelintir cerita inspiratif pendek untuk bekal kehidupan.

  1. Tidak Memenuhi Ekspektasi Orang Lain

Ekspektasi orang lain memang selalu tiada habisnya untuk dipenuhi. Hal ini menjadi salah satu cerita dimana Jihan adalah siswa yang ambisius dalam segala bidang. Hingga pada masanya ia merenung dan tidak tau apa kemampuan yang seharusnya ditekuni sebagai bidang minat awal dari hidupnya.

Semasa hidup, jihan selalu mengutamakan ekspektasi tinggi dari orang lain. Oleh sebab itu, ia sering mengabaikan kesenangan dan kebahagian dari diri sendiri. Padahal, yang harus diketahui dari sekarang adalah kesehatan mental bagi sendirinya. Akibatnya, Jihan menjadi seseorang yang sering kehilangan arah.

  1. Berbuat Baik Tidak Ada Batasnya

Berbuat baik memang tidak ada batasnya sama sekali. Itulah sebabnya untuk selalu berbuat baik bagi siapapun. Sama halnya dari cerita yang dialami oleh Ali. Seorang pekerja yang setiap harinya tekun memberi makanan bagi kucing jalanan. Ia merasa bahwasanya kucing memiliki hak tersendiri untuk dapat hidup layaknya manusia.

Ali juga tak pernah mengharapkan imbalan dari apa yang ia perbuat. Karena ia pun merasa bahwasanya hal tersebut sudah menjadi kewajiban tersendiri sebagai manusia kepada hewan. Menjadi baik adalah pilihan, sedangkan jalan yang dilalui masing-masing orang tetap berbeda. Lakukan saja kebaikan seperti air yang mengalir, hingga akan bermuara kepada diri sendiri.

  1. Berbagi selagi Memiliki Rezeki

Tahukah Anda bahwasanya rezeki merupakan titipan dari Tuhan yang seharusnya dibagi kepada orang yang lebih membutuhkan? Perkara ini umumnya kurang diketahui oleh banyak orang sebab rezeki yang diraih pun bermacam-macam. Namun ketahuilah bahwasanya terdapat hak orang lain yang membutuhkan di dalam rezeki tersebut.

Rumiah selalu menyisihkan setidaknya Rp 2.000 di tiap subuhnya untuk bersedekah. Ia berharap bahwasanya sedekah subuh tersebut dapat bermanfaat bagi pihak yang lebih membutuhkan. Tugas ia hanya perlu untuk menjalankan misi sedekah dari pelajaran Agama yang telah ia pelajari sampai saat ini.

  1. Kurangi Memikirkan Penilaian Orang Lain

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang sering memiliki pikiran berlebih? Khadijah adalah salah satu mahasiswa yang hidupnya sungguh lebih mengejar penilaian Tuhan dibandingkan manusia. Itu sebabnya hidup Khadijah dipenuhi dengan berbagai kemudahan serta ketenangan pikiran.

  1. Jangan Meremehkan Siapapun dalam Hidup

Sudah menjadi pelajaran hidup tersendiri bahwasanya meremehkan orang lain merupakan tindakan yang tidak pantas. Jangan pernah meniru sikap dari Lukas yang semasa hidup sering meremehkan orang lain, dan merasa dirinya paling hebat. Padahal sejatinya kesempurnaan dan kehebatan hanyalah milik Tuhan semata.

  1. Pentingnya Kerjasama dan Gotong-Royong

Kerjasama dan Gotong-Royong perlu dilakukan sebagai penyambung kehidupan satu sama lain. Antara masyarakat Warga Rukun dengan Warga Damai dalam sebuah pembangunan wilayah. Mereka bekerja sama menyelesaikan permasalahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

  1. Hindari Sifat Merugikan Orang Lain

Cerita inspiratif pendek terakhir hadir dari seorang yang sering merugikan orang lain, yakni Ababil. Ababil sendiri merupakan siswa yang sulit mengerti keadaan orang lain. Hingga pada akhirnya orang lain merasa dirugikan dengan berbagai sikap dari Ababil sendiri.

mua parasayu