7 Contoh Cerita Inspiratif sebagai Teman Motivasi

Dalam kehidupan tentu saja manusia tidak lepas dari sudut pandang pengalaman maupun cerita yang dialami oleh orang lain, atau yang bisa disebut dengan cerita inspiratif. Adanya kisah menarik yang dialami diri sendiri maupun orang lain terkadang dapat menjadi teman motivasi. Berikut akan diulas mengenai contoh cerita inspiratif yang dapat dijadikan pelecut motivasi.

  1. Gagal Berulang Kali

Selama tiga tahun menimba ilmu di Sekolah Menengah Atas, Yuni memang bukan siswa dengan golongan pandai diatas rata-rata. Hanya saja Yuni menekuni bidang yang memang dirasa mampu untuk dikembangkan. Sampai akhirnya ketika lanjut ke Perguruan Tinggi, ia berkali-kali tertolak sebab akademis yang tidak terlalu baik.

Namun rezeki tidak ada yang tahu, Yuni diterima melalui beasiswa yang diperoleh melalui prestasinya semasa SMA. Saat ia jatuh berulang kali, ternyata masih banyak pintu harapan yang perlu diperjuangkan. Cerita ini menjadi salah satu contoh betapa pentingnya untuk terus mencoba segala peluang, meski kerap jatuh ditimpa kegagalan.

  1. Bersabar dan Menerima Keadaan

Pernahkah Anda merasa bahwa ujian yang datang silih berganti tanpa henti? Itu tandanya Tuhan masih memberi kesempatan untuk terus memperbaiki diri dalam hidup seseorang. Kali ini hadir dari Ana, merupakan salah satu pekerja keras yang disukai oleh banyak rekan kerja karena sikapnya yang positif terhadap sekitar.

Namun siapa sangka bahwa dibalik kegembiraannya, Ana sering menangis diam-diam karena permasalahan yang dialami. Entah dari sisi hubungan keluarga, asmara, ataupun kepada diri sendiri. Inilah yang menjadi hal penting bagi tiap diri sendiri untuk terus meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Miliki Mimpi Besar

Mursidah merupakan siswa yang tergolong keluarga kurang mampu, namun ia bercita-cita menjadi seorang Magister. Banyak orang mencemooh bahwa mimpi tersebut terlalu berlebihan untuk dipikir. Namun kenyataannya, memiliki mimpi besar tak pernah salah. Asalkan mampu diimbangi dengan berbagai usaha dan niat yang tekun.

  1. Semangkuk Es Krim

Dalam cerita inspiratif ini, sebut saja dirinya Mawar seorang pengemis yang menginginkan semangkuk es krim gratis sebab uangnya tak cukup membayar nominal yang diberikan. Meskipun penjual kasar terhadapnya, namun Mawar tetap bersikeras membayar dengan uang seadanya. Jangan pernah merendahkan orang lain, bagaimanapun keadaan yang dialami.

  1. Berkelahi di Lubang

Rubah dan musang mengisahkan kehidupan inspiratif tentang hal buruk kesombongan. Hal ini bermula ketika Rubah sombong dengan kemampuannya, hingga tantangan Musang yang ingin berkelahi di dalam lubang. Namun siapa sangka, ternyata Musang hanya menjebak rubah agar dapat dimangsa oleh Serigala yang hendak menerkamnya.

  1. Batu Besar

Dalam konteks gotong-royong serta tolong menolong. Alkisah terdapat pedagang serta pemikul sayuran terjebak dalam jalan dengan batu besar. Seorang pemikul sayuran melambari batu agar mudah didorong, serta pedagang pun ikut mendorong batu tersebut agar dapat digeser kembali ke jalan yang normal.

  1. Jangan Terlalu Baik

Maria adalah orang yang suka menolong dan membantu orang lain. Namun tidak semua orang yang pernah ditolong maria dapat berbalas budi maupun ingat terhadap kebaikannya. Yang perlu digarisbawahi dalam hal ini, bahwa menolong memang tidak perlu mengharapkan kebaikan.

Namun jangan pula terlalu baik kepada semua orang. Karena sejatinya manusia tidak pernah tahu hal buruk seperti apa ketika seseorang mampu dimanfaatkan. Contoh Cerita inspiratif ini cukup mampu menjadi salah satu motivasi tersendiri bagi Anda yang sering terlalu berbuat baik.

mua parasayu