10 Motivasi Hidup Inspirasi Pembakar Semangat

Layaknya vitamin, motivasi berpengaruh untuk memberi semangat pada diri setiap orang. Bisa dikatakan, bahwa semua orang membutuhkan motivasi hidup dan apapun yang mampu menginspirasi diri untuk bertahan dan melangkah menuju arah yang lebih baik. Sobat Parasayu tentu setuju, kan?

Apalagi di era seperti sekarang, dimana mobilitas manusia berjalan dengan cepat. Hampir setiap individu bergerak serta berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai eksistensi diri di lingkungan sosial. Diakui atau tidak, hal ini yang sering membuat beberapa orang merasa lelah dan kehilangan arah.

Di titik tersebut, jiwa Anda membutuhkan dukungan guna bertahan sampai akhir. Dari sekian banyak motivasi hidup yang tersebar di dunia. Berikut beberapa motivasi yang diharapkan mampu Anda pahami dengan benar.

10 Motivasi Hidup yang Layak Menjadi Pegangan untuk Bertahan

Manusia terlahir, tumbuh, dan berkembang dengan cara yang berbeda-beda. Setiap dari Anda berbeda dan unik. Manusia memiliki cara pandang yang tak sama, liar, serta tak terukur. Perbedaan itu didapat dari berbagai faktor. Mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, teman kerja, pendidikan tinggi, dan aspek lain. Diakui atau tidak, semua aspek itu yang membentuk Anda seperti sekarang. Jadi, bukan hal aneh jika setiap dari manusia mempunyai karakter unik serta baik menurut nilai yang diakui di lingkungannya.

Meskipun terlihat kuat dan tahan banting. Manusia tetap membutuhkan suntikan motivasi yang membuatnya terus percaya diri. Pasalnya, tingkat percaya diri terkadang berkurang, luntur, dan menghilang hanya karena pertambahan usia. Kondisi itu yang membuat Anda terkadang suntuk, lelah, serta enggan melangkah menuju hidup yang lebih ceria.

Padahal kenyataannya, motivasi hidup paling ampuh adalah apapun yang berasal dari diri sendiri. Namun, saat Anda merasa tidak mampu mengobati diri sendiri. Sudah bisa dipastikan, Anda memerlukan bantuan mereka yang sukses bertahan. Nah, berikut 10 motivasi yang wajib Anda pahami dan lakukan:

  1. Berusaha dengan sungguh-sungguh

Bagi Anda yang sekarang sedang bersedih, dipersilakan untuk menangis seharian. Hal itu bukan satu kesalahan karena kesedihan yang tidak terluapkan akan membuat Anda kesakitan. Setelah itu, hapus air mata itu dan kembali percaya bahwa Tuhan tidak senang bermain dadu. Dialah yang akan menentukan nasib Anda, ketika hambaNya melakukan usaha dengan bersungguh-sungguh. Gagal itu satu hal yang wajar, tapi bukan berarti kegagalan tersebut pertanda dari musnahnya harapan. Pasalnya yang terpenting saat ini, Anda tetap menjaga harapan itu dan mempercayakan pada Tuhan. Pertama kali mencoba tentu akan sangat sulit. Namun, bukan berarti Anda tidak mampu melakukannya. Orang bijak diluar sana pernah berkata, bahwasannya Tuhan tak pernah bermain dadu. Jadi, berusaha keraslah dalam setiap hari.

  1. Sabar, satu persatu

Di Awal tahun 2020, terdapat film berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film yang digarap cantik dengan sentuhan motivasi hidup itu, dianggap dari buku luar biasa karya Marshella FP. Salah satu buku best seller yang sukses membuat hati para pembaca lebih bisa berdamai dengan diri sendiri. Di Sebuah wawancara, si penulis mengatakan, bahwa buku ini adalah bentuk ekspresi saya sebagai manusia. Hal menarik yang juga menyentak adalah bagian dimana, penulis menulis tentang “sabar, satu persatu”. Kalimat itu seakan ingin memberitahu Anda, bahwa sebagai manusia tugasnya berjalan serta membenahi yang salah. Jangan sampai terlalu ambisius, sebab jiwa yang nantinya kewalahan.

  1. Istirahat sebentar, ini belum berakhir

Manusia sering membesarkan sesuatu yang sebenarnya bukan persoalan yang penting. Terkadang, tingkat ketakutan, khawatir, dan cemas terlalu tinggi, sehingga untuk memberi waktu pada diri sendiri tidak mampu. Padahal, semua yang ada dipikiran Anda tidak akan berakhir. Jadi, beristirahatlah sebentar.

  1. Gagal itu penting

Anda pasti sering mendengar, bahwa kegagalan adalah bentuk kesuksesan yang tertunda. Kalimat tersebut menjadi motivasi berpengaruh, ketika Anda melakukan perbaikan dengan konsisten. Gagal adalah cara alam menyeleksi manusia untuk memperbaiki diri. Hal ini seperti yang diungkapkan Abraham Lincoln, “kesuksesan berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan lain, tanpa Anda kehilangan semangat.”

  1. Percaya diri

Tingkat percaya diri bukan hanya sumber meraih sukses. Namun, bekal utama bagi Anda yang ingin bertahan ditengah persaingan ini. Konsep serupa yang juga dipercayai oleh Carl Rogers. Dia menjelaskan, bahwa kepercayaan diri adalah bentuk rahasia untuk mendapat kesuksesan.

  1. Orang sukses butuh kegagalan

Salah satu motivator hebat Tanah Air, Andrie Wongso pernah mempertanyakan, “Anda ingin mendengar kegagalan yang mana?” satu pertanyaan yang menunjukan, bahwa orang sukses sekalipun memerlukan kegagalan untuk terus meningkatkan diri.

  1. Anda bisa bekerja apa saja

Pekerjaan bergengsi bukan hanya mereka yang berdasi. Anak muda di zaman ini, mampu melakukan apapun yang lebih fenomenal. Kenyataan bahwa bekerja tidak harus berdasi pun diamini oleh Emha Ainun Najib, saat memberi motivasi hidup di acaranya.

  1. Bekerja bisa dimana saja

Bagi Anda yang sekarang, sibuk melamun dan menghakimi pekerjaan yang dipandang tidak elit. Sadarlah, bahwa semua jenis pekerjaan baik dan mulia. Mereka yang tidak bekerjalah yang menjadi tak mulia. Seperti itu kata kakek Pramoedya Ananta Toer.

  1. Bekerja tak harus di belakang meja

Bekerja itu ibadah dan meningkatkan kepercayaan diri. Bekerja itu bisa dimana saja karena kerja di era modern, tidak harus di belakang meja. Perkataan Najwa Shihab yang juga penuh makna untuk menyemangati Anda.

  1. Jangan lelah menjadi orang baik

Di Tengah kemajuan peradaban, manusia dihadapkan dengan berbagai tantangan yang memusingkan. Meskipun begitu, jangan pernah berniat untuk berhenti orang baik. Pasalnya, dunia membutuhkan lebih banyak orang baik.

Kekuatan Bertahan Datang dari Diri Sendiri

Pada dasarnya, orang yang paham tentang Anda adalah diri sendiri. Setiap orang tumbuh dengan ego masing-masing. Hal itu yang membuat Anda tidak bisa berharap lebih banyak dari mereka. Sebagai manusia dewasa yang ingin tetap bertahan hingga akhir. Anda harus lebih bijak berkomunikasi dengan diri sendiri. Luangkan waktu sebentar untuk menanyakan, apakah hari ini terlalu berat? Setelah itu, tutup hari tersebut dengan bersyukur. Hal-hal kecil seperti itu, perlahan akan membantu Anda untuk memahami diri sendiri.

Selain itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk melihat alam dan melihat lingkungan sekitar. Semua aktivitas tersebut akan sangat menyenangkan dan ampuh bagi Anda yang ingin berdamai dengan diri sendiri. Pasalnya jika dilihat lebih dalam, persoalan yang selama ini menjerat diri berasal dari tingginya ego. Titik tersebut yang perlu Anda dilunakkan dengan cara mengajak diri sendiri berbicara.

Sampai pada akhirnya, Anda paham bahwa hanya diri sendirilah yang mampu menyuntikan semangat. Apabila dirasa terlalu berat, tidak ada salahnya untuk Anda membagikan cerita pada teman ataupun menulisnya di buku harian. Luapkan semua perasaan itu, hingga Anda kembali mendapatkan motivasi hidup yang dibutuhkan.

pop up mua parasayu 02