15 Tips Fotografi Pernikahan untuk Pemula

Fotografi pernikahan merupakan dokumentasi penting bagi kedua pengantin. Tidak jarang, pengantin rela mengeluarkan kocek yang dalam untuk mendapatkan foto yang terbaik pada momen pernikahan.

Menjadi fotografer pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Selain harus mempunyai teknik yang bagus dalam pemotretan, fotografer pernikahan juga harus mempunyai trik khusus untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Nah, bagi anda yang masih pemula dalam fotografi pernikahan berikut ini parasayu akan memberikan beberapa tips fotografi untuk pemula.

Sebelum lanjut, bagi anda membutuhkan make up artist profesional untuk pemotretan, anda dapat menggunakan Make up Artist Parasayu. Dengan MUA yang profesional dan berpengalaman tentu hasil pemotretan akan tampak lebih sempurna dengan make up yang maksimal. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004.

Tips Fotografi Pernikahan untuk Pemula

Berikut ini ada beberapa tips untuk mendapakan gambar yang bagus di momen pernikahan.

  1. Kenali pasangan pengantin

Hal pertama yang harus di pahami yang mengenal pasangan pengantin. Dengan kita dapat mengenal kedua pengantin lebih dalam, membuat suasana akan lebih akrab. Alhasil kedua pengantin akan lebih terbuka dengan kita. Dengan begitu, pada saat permotretan akan lebih nyaman, sehingga akan menghasilkan foto yang terbaik.

  1. Pahami gaya foto yang mereka inginkan

Tips foto pernikahan yang selanjutnya yaitu memahami gaya foto pernikahan yang diinginkan oleh pengantin. Menggali informasi lebih detail dari pasangan pengantin, membuat kita lebih paham keinginan dari pengantin. Dengan begitu, kita akan lebih maksimal dalam memotret untuk mewujudkan keinginan dari pengantin. Alhasil foto yang di hasilkan akan memberi kepuasan bagi pengantin.

  1. Membuat daftar catatan setiap foto yang akan di ambil

Agar semua berjalan dengan baik, kita perlu membuat catatan mengenai daftar foto yang akan di ambil. Dimulai dengan foto kedua mempelai pengantin, keluarga pengantin serta tamu undangan.

Hal ini beguna untuk meminimalisir kesalahan pemotretan pada acara pernikahan. Terlebih dengan mempunyai daftar pemotretan, kita lebih mudah mengorganisir pemotretan dalam suasan riuh di pesta pernikahan.

  1. Kenali para tamu di pesta penikahan

Tips fotografi pernikahan yang selanjutnya yaitu mengenali tamu undangan pernikahan. Mengenal tamu undangan yang penting dalam acara pernikahan merupakan pondasi yang kuat untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Kita harus fokus untuk mengetahui letak tamu undangan yang penting tersebut berada, sehingga ketika mendapatkan momen yang bagus kita akan mengambil gambar yang terbaik.

  1. Cek lokasi pemotretan

Selanjutnya yaitu mengecek lokasi pemotretan. Meski ini hal simpel namun sebenarnya ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan mengenal sudut-sudut ruangan permotretan kita mendapat gambaran dilokasi mana mendapatkan gambar yang terbaik.

Meski hal ini simple, namun masih banyak fotografer pernikahan yang tidak telalu memperdulikan hal ini. Jadi, agar anda lebih maksilmal mendapatkan gambar, jangan lupakan untuk mengecek lokasi pemotretan.

  1. Lakukan persiapan dengan matang

Selanjutnya yaitu melakukan persiapan dengan matang. Hal terbaik didapatkan dengan persiapan yang matang. Kita harus mengecek keseluruahan, dari mulai alat yang digunakan, tempat permotretan yang akan digunakan serta kondisi fisik yang prima harus dipersiapan. Dengan begitu, saat pelaksanaan pemotretan kita lebih maksimal untuk mendapatkan gambar yang sempurna.

  1. Pastikan baterai dan kartu memory siap untuk digunakan

Tips fotografi pernikahan yang selanjutnya yaitu memastikan baterai dan kartu memory sudah siap digunakan selama proses pengambilan gambar. Hal simpel ini sering terjadi ketika pemotretan sedang belangsung. Alhasil pada pelaksanaannya menimbulkan masalah yang fatal. Untuk itu, baiknya kita cek dengan maksimal agar saat hari pernikahan tidak menimbulkan masalah yang fatal. Terlebih pernikahan merupakan momen yang spesial bagi kedua mempelai, jadi kita harus memastikan keseluruhannya berjalan lancar sebagaimana mestinya.

  1. Lakukan Pemotretan hingga detail kecil

Selanjutnya yaitu lakukan pemotretan hinggal detail terkecil. Melakukan pemotretan hingga ke detail kecil berguna untuk membuat album poto dengan bagus bagi klien. Kita bisa melihat referensinya di internet atau melalu majalah untuk menjadikan albun foto lebih berkesan.

  1. Siapkan beberapa kamera

Tips wedding photography yang selanjutnya yaitu menyiapkan beberapa kamera. Dalam sesi pemotretan baiknya kita menyediakan beberapa kamera. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan gambar terbaik dari kamera tertentu dan juga bila ada masalah pada kamera, kita mempunyai cadangan.

  1. Manfaatkan waktu secara maksimal

Kemudian kita harus memanfaat waktu secara maksimal. Untuk mendapatkan foto sebanyak mungkin, sehingga kita dapat memfilter foto mana yang mempunyai gambar terbaik pada proses editing. Dengan begitu kita bisa mendapatakn foto terbaik untuk album pernikahan. Kita bisa menggunakan fitur mode permotretan kontinu untuk mendapatkan banyak foto, terlebih ketika pada momen penting seperti menyerahan cincin pernikahan, potong kue pernikahan dan yang lainnya.

  1. Perhatikan latar belakang

Selanjutnya agar mendapatkan gambar yang terbaik, kita harus memperhatikan background dari gambar yang akan kita ambil. Jika anda sudah mengecek tempat pernikahan sebelumnya, tentu anda sudah mengetahui sudut mana yang terbaik untuk mendapatkan gambar terbaik. Oleh karena itu, kita harus memastikan hal tersebut agar mendapatkan gambar terbaik untuk album pernikahan klien.

  1. Pastikan suara deteksi outo fokus kamera off

Dalam melakukan pemotretan, baiknya kita pastikan suara outo fokus kamera mati. Hal simpel ini sangat berpengaruh terhadap pengambilan gambar. Dengan adanya suara dari kamera, secara tidak langsung akan membuat kaget dan momen tersebut membuat model yang difoto menjadi tidak fokus. Oleh karena itu, agar mendapatkan foto yang terbaik, suara pada kamera lebih baik dimatikan.

  1. Menjadi Kreatif

Selanjutnya yaitu asah kreatifitas. Kreatifitas dalam pemotretan harus dimiliki oleh seorang fotografer agar mendapatkan momen yang bagus untuk mendapatkan gambar. Anda tidak harus selalu memotret dari sudut depan, anda bisa menggambil dari sudut samping ataupun bawah.

Agar anda terus berkreasi, ada baiknya anda terus mengupdate informasi seputar fotografi dari majalah atau media internet.

  1. Perhatikan pengaturan kamera

Selanjutnya itu pengaturan kamera. Seperti yang kita ketahui, cahaya pada tempat pemotretan pernikahan sering berubah-ubah. Untuk itu, anda harus rutin mengecek penganturan iso kamera yang anda gunakan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendapatakan gambar terbaik dari momen pernikahan.

  1. Menggunakan tripod

Tips fotografi pernikahan yang selanjutnya yaitu menggunakan tripod. Jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan fokus yang sempura, jangan ragu untuk menggunakan tripod. Selain membuat pengambilan gambar lebih stabil, penggunaan tripot juga dapat mengistirahatkan tangan dari beban berat kamera.

Nah itu dia 15 tips fotografi pernikahan yang dapat anda lakukan. Semoga dengan anda mempraktekan tips tesebut, anda dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

Bagi anda yang sedang mencari make up artist profesional, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam rias pengantin, prewedding, dan make up lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau mengunjungi website mua.parasayu.net.