7 Contoh Kata Pengantar Makalah PKN Lengkap

Membuat kata pengantar makalah pkn memang tidak semudah yang Anda pikir. Anda harus memilih pilihan kata yang sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang Anda tempuh. Pun dengan topik pembahasan yang mau dibahas di makalah. Anda tidak bisa sembarangan menulis kata pengantar makalah, sebab makalah Anda akan terlihat aneh dan tidak relevan dengan topik yang dipelajari. Ada bagian-bagian penting dalam kata pengantar yang harus diperhatikan dengan teliti.

Perhatikan pula bagian kata pengantarnya. Walaupun tidak sesulit menulis bagian isi makalah, Anda harus tetap menulis kata pengantar dengan  baik. Maka dari itu, pilihlah tata bahasa yang akan digunakan di kata pengantar sebaik mungkin. 

  1. Kata Pengantar untuk Makalah PKn SD

Penulisan makalah memang belum diberikan pada siswa di jenjang SD. Tapi, tidak ada salahnya Anda membuat makalah PKn untuk jenjang pendidikan dasar ini. Buat para pendidik yang mengajar siswa SD, Anda juga bisa membuat makalah dengan tema mata pelajaran PKn untuk jenjang SD.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah PKn SMP

Untuk tingkat SMP, biasanya kurikulum sudah menerapkan penulisan karya ilmiah berupa makalah untuk siswa SMP. Biasanya, penulisan karya ilmiah ini diberikan di kelas 8 SMP. Fungsi penulisan makalah di tingkat SMP ini sendiri diberikan agar siswa sekolah menengah mengenal penulisan karya ilmiah yang baik dan benar itu seperti apa. Mulai dari struktur, sistematika, tata bahasa, dan topiknya pun harus diajarkan sejak dini.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah PKn SMA

Memasuki jenjang yang lebih tinggi, penulisan makalah pun dituntut lebih baik dan terstruktur daripada jenjang sebelumnya. Dengan bertambahnya wawasan, siswa harus mampu menulis makalah PKn sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Topik yang dijelaskan di makalah pun bisa lebih beragam lagi.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah PKn Perguruan Tinggi

Tidak semua perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya mengambil mata kuliah PKn. Tapi, kalau Anda termasuk salah satu yang mengambil mata kuliah ini, sebaiknya tulis kata pengantar di makalah Anda dengan tata bahasa yang lebih baik daripada ketika Anda menulis kata pengantar makalah saat SMA. Memperkaya penggunaan kosa kata dan topik yang dibahas akan jauh lebih menarik.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah PKn MI

Penulisan kata pengantar pkn untuk MI (Madrasah Ibtidaiyah) sama seperti penulisan surat pengantarnya yang ada di tulisan jenjang SD. Hanya saja, Anda sebagai pengajar bisa menambahkan kutipan-kutipan ayat Al-quran saat menulisnya. Bisa juga menggunakan istilah-istilah Arab di dalam kata pengantar yang Anda tulis.

  1. Kata pengantar untuk Makalah PKn MTs

Jenjang MTs (Madrasah Tsanawiyah) sama seperti SMP. Maka dari itu, penulisan kata pengantarnya pun bisa Anda jadikan referensi saat ditugasi guru untuk menulis makalah PKn. Karena jenjang pendidikan ini berbasis agama, Anda juga bisa sisipkan kalimat-kalimat yang ditulis dalam bahasa Arab supaya berbeda dengan kata pengantar pada umumnya. Selain unik, siapa tahu Anda bisa mendapat nilai bagus dari guru Anda.

  1. Kata Pengantar untuk Makalah PKn MA

Buat Anda yang sedang menempuh pendidikan di tingkat MA (Madrasah Ibtidaiyah), Anda bisa menggunakan referensi  penulisan pengantar makalah pkn milik teman Anda yang sekolah di SMA. Bukan mencontek, tapi jadikan saja sebagai referensi. Sebab, mencontek adalah perbuatan dosa yang dilarang setiap agama. Maka dari itu, pinjam makalah milik teman Anda sebagai panduan Anda saat menulis makalah PKn yang baik dan benar.

pop up mua parasayu 02