20 Pilihan Mainan Anak 1 Tahun Terbaik

Anak usia 1 tahun memang sudah mulai sedikit aktif, dan respon motoriknya yang perlahan bekerja. Akan tetapi, perlu diperhatikan apakah mainan pada anak tersebut sudah cukup aman. Sebab mainan anak perempuan biasanya dengan bentuk yang terlalu kecil, atau bahan berbulu, juga akan membahayakan anak, seperti tertelan, tersumbat dan tertelan. Sekarang anda tidak perlu khawatir, berikut ini rekomendasi 20 pilihan mainan anak 1 tahun yang bisa anda lihat.

Rekomendasi pilihan Mainan Anak 1 Tahun

  1. Musical Learning Table

mainan anak 1 tahun

gambar via amazon.co.uk

Mainan musik dipercaya mempunyai peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang otak anak pada tahap awal. Dengan mengenal mainan anak 1 tahun ini sejak dini, kecerdasan emosional dan keterampilan anak juga akan berkembang ketika ia tumbuh dewasa.

Itu sebabnya orang tua perlu membelikan mainan edukasi seperti music learning table untuk anak anda. Mainan ini dilengkapi dengan desainya yang lucu dan kombinasi warna yang menarik untuk si kecil dan fitur suara seperti drum, anak tertawa, nada do re mi.

  1. Kitchen Set Anak Koper Pink

mainan anak 1 tahun

gambar via bukalapak.com

Anak perempuan memang sangat suka dengan mainan barbie, boneka, dan kitchen set yang disertai dengan warna pink ini mempunyai 2 tungku yang dapat menyala dan 1 buah oven. Mainan tersebut memerlukan baterai AA sebanyak 3 buah, supaya lampu pada kompor dan suaranya dapat menyala. Suara tersebut adalah suara pendukung seperti saat menggoreng, merebus dan time oven.

  1. Quality Super Tool Set

mainan anak 1 tahun

gambar via shopee.co.id

Mainan anak 1 tahun selanjutnya adalah Quality Super Tool Set yang merupakan mainan peralatan tukang yang dapat disimpan dalam bentuk tas jinjing. Mainan ini dilengkapi dengan alat berupa palu, kunci pas, gergaji, obeng, mistar, dan lain sebagainya. Mainan ini sangat cocok untuk melatih saraf motorik anak.

  1. Winfun Grow With Me Musical Walker

mainan anak 1 tahun

gambar via shopee.co.id

Mainan ini berfungsi untuk membantu bayi untuk belajar jalan dan dilengkapi dengan lambu-lambu dan suara yang menarik. Ada tombol-tombol yang disertai suara binatang, efek suara yang ceria, telepon yang bisa dilepaskan dan piano dengan lampu berkedip. Anak anda akan lebih bersemangat ketika belajar jalan. Sebab, pegangan pada alat bantu ini akan nyaman dan dapat menjaga keseimbangan anak.

  1. Lego Duplo : My First Garden

mainan anak 1 tahun

gambar via tokopedia.com

Mainan yang satu ini sangat membantu anak dalam mengembangkan keterampilannya menyusun balok untuk membuat sebuah tanaman tumbuhan, seperti bunga matahari, tomat, wortel dan juga kentang. Para orang tua juga bisa membantu anaknya menggunakan balok hujan dan matahari supaya mereka tahu bagaimana proses tanaman untuk bisa tumbuh dan berkembang.

  1. SHP Scooter 609

mainan anak 1 tahun

gambar via tokopedia.com

Mainan ini diperuntukan untuk si kecil yang berusia 1 sampai dengan 4 tahun. Yang dilengkapi dengan pengayuh kaki, sehingga ketika anak sudah mulai besar, ia sudah dapat mengayuh dengan sendiri. Keamanannya sangat terjamin sebab pada bagian belakang bawah skuter, ada pengaman yang akan menjaganya supaya tidak terguling. Mainan ini juga dilengkapi dengan bagasi dan jok sebagai fungsi tambahan.

  1. Puzzle Balok Kayu Kotak Angka 1-9

mainan anak 1 tahun

gambar via shopee.co.id

Puzzle Balok Kayu Kotak Angka 1-9 ini membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang menggunakan bahan kayu jati Belanda yang berkualitas. Pada sisinya, terdapat 2 golongan yang dicocokkan dengan angka yang sesuai. Sesudah angka masuk, balok-balok angka tersebut bisa dikeluarkan kembali dengan membuka tutup sliding.

  1. Carter SoftBook

mainan anak 1 tahun

gambar via shopee.co.id

Mainan ini berbahan dasar kain yang tersedia dalam berbagai motif buku yang lucu. Buku ini berisikan gambar-gambar yang penuh dengan warna yang menarik sehingga membantu anak menstimulasi visual.

  1. ELC Blossom Farm Roll and Chime Ball

mainan anak 1 tahun

gambar via shopee.co.id

Mainan anak 1 tahun ini terbuat dari kain yang cocok untuk anak yang ingin memulai belajar merangkak dan berjalan. Terbuat dari bahan yang lembut dan aman, dan tidak menimbulkan alergi.

  1. Playgro Bendy Ball

mainan anak 1 tahun

gambar via

Mainan ini merupakan atraktif anak untuk usia 3 tahun ke atas. Bentuknya sangat menarik dan dapat menstimulasi indra peraba, seperti untuk belajar menggenggam atau memegang sesuatu. Produk ini akan mengeluarkan bunyi saat digoyang yang akan menarik perhatian anak.

  1. Boardbook

Boardbook

gambar via shopee.co.id

Board Book adalah mainan anak sebagai media selama masa transisi dari buku bantal ke buku kertas biasa ketika si kecil besar nanti. Selain itu bahanya tidak mudah robek dan tahan lama, mainan ini juga dapat digunakan sebagai alternatif permainan anak lainnya.

  1. Aktivitas Outdoor

Aktivitas Outdoor

gambar via mommyasia.id

Salah satu aktivitas yang membuat stimulasi anak untuk berjalan adalah kegiatan outdoor. Orang tua dapat memilih area dengan rumput-rumput pendek dan bersih yang membiarkan anak berjalan kaki dan merasakan tekstur tanah pada telapak kakinya.

  1. Mainan mencocokkan bentuk

Mainan mencocokkan bentuk

gambar via tokopedia.com

Mainan ini terbuat dari plastik atau kayu yang mempunyai banyak bentuk, seperti binatang, oval, bulatan, dan lain sebagainya untuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang berada pada kotak atau bola sesuai dengan bentuknya.

  1. Bola warna-warni

Bola warna-warni

gambar via shopee.co.id

Mainan bola warna-warni ini akan membuat anak anda merasa senang. Dan berusaha melempar dan menangkap bola sehingga mengasah keterampilan motorik pada anak, dan mengatur keterampilan bahasanya.

  1. Puzzle berpotongan besar

Puzzle berpotongan besar

gambar via klikdokter.com

Puzzle ini mempunyai potongan-potongan besar supaya tidak membuat anak bingung dan memudahkannya dalam bermain. Dengan gambar hewan atau buah akan membuat anak tertarik untuk memainkannya.

  1. Board Book

Board Book

gambar via notonthehighstreet.com

Board Book merupakan sebuah buku yang tidak mudah robek walaupun anak anda memainkannya dengan lincah sebab terbuat dari karton yang tebal. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi sederhana dan foto-foto yang membuat si kecil tertarik.

  1. Hape Pound and Tap Bench

Hape Pound and Tap Bench

gambar via amazon.com

Mainan yang satu ini dapat dimainkan dengan menggunakan palu. Mainan musik dapat membantu perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan berbicara, dan mengatur emosi pada si kecil.

  1. Ring Donat Kecil Beroda

Ring Donat Kecil Beroda

gambar via orami.co.id

Mainan ini sangat tepat untuk melatih gerak motorik anak yang sedang aktif dan penasaran menyentuh banyak benda. Melalui permainan ini anak akan berpikir untuk menggabungkan kepingan donat warna-warni yang disusun menarik.

  1. Vtech Magic Star Learning Table

Vtech Magic Star Learning Table

gambar via amazone.com

Mainan ini berbentuk meja untuk si kecil yang dapat menghabiskan waktu tanpa perlu mengeluarkan banyak mainan sekaligus. Mainan ini memberikan kesempatan untuk anak melatih gerak motorik kasar dan halusnya secara bersamaan.

  1. Hide N Side Crawl Tunnel

Hide N Side Crawl Tunnel

gambar via amazon.co.uk

Mainan yang satu ini berbentuk terowongan yang dapat digunakan untuk anak saat merangkak. Konsep bermain ini sangat menyenangkan yang dirancang khusus untuk merangsang kecerdasan visual spasial yang baik untuk anak.

Itulah ulasan mengenai rekomendasi pilihan mainan terbaik untuk anak yang berusia 1 tahun yang dapat saya sampaikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang bingung untuk mencari mainan untuk anak anda yang berusia 1 tahun. Semoga sukses

mua parasayu