20 Museum di Jakarta yang Wajib di Kunjungi

Berkunjung ke museum di Jakarta merupakan salah satu hal paling menyenangkan. Selain belajar sejarah, kamu juga bisa mengabadikan berbagai macam tempat menarik yang hadir dengan berbagai macam spot foto. Tidak hanya bangunan serta arsitekturnya saja mampu menyita perhatian. Melainkan, peninggalan sejarahnya tak luput jadi perbincangan.

Dari segi harga tiket masuk, hampir semua museum gratis, ada juga yang harus bayar mahal dengan fasilitas yang lebih pula. Kawasan bersejarah ini bisa kamu jadikan alternatif berlibur saat berada di Ibu Kota. Dijamin, tidak akan membosankan dan membuat kamu ketagihan ingin datang lagi dan lagi.

Museum di Jakarta

Menariknya galeri sejarah di Ibu Kota ini dikemas dengan sesuatu yang unik. Sehingga, saat wisatawan datang ada banyak pilihan. Selain digunakan belajar, kawasan ini juga dijadikan sebagai ikon wisata, tempat nongkrong,  bahkan ada juga sebagai pusat jajanan kuliner. Penasaran mana saja rekomendasinya, simak penjelajahan di bawah ini.

  1. Museum Wayang

museum di jakarta

sumber museumjakarta.com

Kawasan pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Wayang. Mempunyai berbagai macam koleksi wayang menarik dari berbagai daerah. Terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan bahannya. Tersedia pula golek asli jawa barat, untuk harga tiketnya hanya Rp5.000,- saja.

  1. Museum Layang-Layang

museum di jakarta

sumber liburananak.com

Layang-layang menjadi permainan tradisional Indonesia yang menarik untuk dinikmati. Nah, di Indonesia mempunyai museum yang mengulas tentang sejarah dan perkembangannya. Ada kurang lebih 600 jenis tersedia disini. Selain membuat, kamu juga bisa menikmati bagaimana cara melukisnya pula.

  1. Museum Macan

museum di jakarta

sumber idntimes.com

Di antara semua museum mungkin, jadi paling bagus dengan harga tiketnya mencapai Rp100.000,- Merupakan museum pertama yang menghadirkan berbagai karya modern serta kontemporer. Tidak hanya di tanah air saja, mancanegara pun juga turut ambil bagian sehingga, kamu bisa melihat berbagai seniman dunia hadir disini.

  1. Museum Prangko

museum di jakarta

sumber museumjakarta.com

Objek wisata ini masih satu kawasan dengan Taman Mini Indonesia Indah. Ada banyak sejarah mengenai perangko bisa dinikmati. Bahkan, dari sejak pertama kali hingga saat ini. Didirikan pada tanggal 23 September 1983 oleh alm. Ibu Tien Soeharto. Bahkan disini pun menyediakan perangko lama yang harganya bisa puluhan juta rupiah.

  1. Museum Katedral

museum di jakarta

sumber katedraljakarta.or.id

Kawasan ini memang tidak mengenakan harga tiket masuk banyak koleksi berupa patung serta koleksi sejarah umat kristiani. Jam operasionalnya pun sedikit berbeda dari kawasan lain karena, setiap hari jumat libur Untuk biaya masuknya tidak membayar sekali pun. Terletak di Jalan Katedral, Jakarta Pusat

  1. Museum Tekstil

museum di jakarta

sumber paytonspennies.blogspot.com

Masih berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ada lagi tempat bersejarah berupa museum. Bangunannya sudah ditetapkan sebagai cagar alam. Disini, kamu bisa melihat bagaimana tekstil di seluruh Indonesia. Tidak hanya dikumpulkan saja melainkan juga dipamerkan. Bahkan, kamu juga bisa belajar membatik disini.

  1. Museum Bank Mandiri

museum di jakarta

sumber wikipedia.org

Museum di Jakarta ini terletak di kawasan kota tua, kamu akan disuguhkan beberapa pengetahuan mengenai perbankan. Banyak mesin ATM kuno bisa ditemui disini serta, suasana pada saat masa penjajahan Belanda. Jam operasionalnya dari senin hingga minggu mulai pukul 9 pagi sampai 3 sore.

  1. Moja Museum

museum di jakarta

sumber elenpradera.com

Salah satu kawasan yang menarik untuk dikunjungi. Walau baru saja dibuka pada tahun 2018 tetapi, tempatnya cukup instagramable. Memiliki kurang lebih 14 ruangan dengan tema tv hingga sinema. Untuk harga tiketnya cukup membayar Rp100.000,- Buka setiap hari dari pukul 11 siang sampai 7 malam.

  1. Museum Satria Mandala

museum di jakarta

sumber liburananak.com

Diresmikan sejak tahun 1972 kawasan ini jadi saksi bisu menyimpan berbagai macam senjata yang digunakan Tentara Republik Indonesia dulu berperang. Kamu juga bisa melihat berbagai peninggalannya seperti, tank, rudal, meriam, pesawat, hingga helikopter. Harga tiket masuknya hanya Rp2.500,-

  1. Museum Keramik

museum di jakarta

sumber museumnusantara.com

Kawasan ini wajib kamu kunjungi, apalagi bagi yang mengaku menyukai seni rupa. Ada banyak karya yang bisa dilihat mulai dari tradisional hingga modern. Tidak hanya berasal dari Jakarta saja, seperti mantan gubernur Henk Ngatung. Ada juga Affandi dengan tarif masuknya hanya Rp5.000,-.

  1. Museum Fatahilah

museum di jakarta

sumber javatravel.net

Tempat ini sering dikunjungi oleh banyak orang, termasuk wisatawan dari berbagai kota. Hampir setiap hari tidak pernah sepi. Kawasan ini dulunya adalah kantor gubernur Batavia. Terdapat penjara bawah tanah yang bisa dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai catatan kependudukan masyarakat dulu.

  1. Museum Hakka Indonesia

museum di jakarta

sumber tamanmini.com

Dari bentuknya saja cukup unik, masih berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Disini kamu bisa menyaksikan berbagai kebudayaan serta  mengenal bagaimana etnis Tionghoa di Indonesia. Jam operasionalnya mulai dari hari senin sampai sabtu, buka dari 9 pagi hingga 4 sore.

  1. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

sumber liputan6.com

Objek wisata ini merupakan peninggalan dari Belanda, menghadirkan berbagai macam prasasti kuno, jenazah unik, serta berbagai makam kuno dari 27 propinsi di Indonesia. Berada di Jalan Tanah Abang No.1, Jakarta Pusat. Untuk tiket yang harus kamu bayar mulai dari Rp2.000,-.

  1. Museum Polri

Museum Polri

sumber liburananak.com

Museum di Indonesia ini menyimpan berbagai macam sejarah Polri sejak awal hingga sekarang. Kamu juga bisa melihat berbagai misi yang sukses dijalankan oleh polisi.  Berkunjung ke tempat ini tidak akan dipungut biaya apa pun. Letaknya berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

sumber tirto.id

Sesuai dengan namanya, kamu bisa melihat sejarah keuangan Indonesia. Mulai dari berbagai jenis mata uang sejak pertama kali sampai sekarang.  Hingga, berbagai macam diorama yang mengisahkan tentang perjalanan perbankkan Indonesia. Untuk tiket masuknya dikenakan Rp5.000,-

  1. Museum M.H Thamrin

Museum M.H Thamrin

sumber kumparan.com

Ada banyak nilai sejarah yang bisa kamu nikmati selama berada di museum. Harganya cukup murah hanya Rp5,000m- sudah lengkap bersama dengan CD dan juga pemandu. Kamu bisa bertanya apa pun. Kawasannya cukup instagramable, jadi jangan lupa untuk bawa foto agar setiap momen bisa diabadikan.

  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

sumber travel.tribunnews.com

Sebelum merdeka, para pahlawan berkumpul untuk merumuskan naskah proklamasi yang akan dibacakan oleh Soekarno. Bangunan di tempat ini masih terasa khas Belanda. Kamu bisa melihat naskah proklamasi asli serta beberapa diorama. Keunggulan lainnya adalah kemegahan dari arsitekturnya.

  1. Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional

sumber liputan6.com

Museum di Jakarta ini memang cukup unik. Di mana dulu adalah sekolah kesehatan, bahkan hingga saat ini hampir semua  koleksinya merupakan peralatan kesehatan. Terletak di Jalan Abdurachman saleh No. 26, Jakarta pusat. Bila berkunjung ke tempat ini biaya paling murah adalah Rp2.000,- serta paling mahal Rp5.000,-

  1. Museum Gajah

Museum Gajah

sumber caming.wordpress.com

Terkenal dengan ikon Gajah di depan halaman, kawasan ini menyediakan berbagai macam benda bersejarah. Seperti, prasasti, arca, serta berbagai macam kerajinan dan kebudayaan dari berbagai kerajaan di Indonesia. Harga tiketnya Rp5.000,- (Dewasa), Rp2.000,-(Anak-anak), dan Rp10.000 (Wisatawan asing).

  1. Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono

sumber travel.tribunnews.com

Kawasan terakhir yang bisa tuju adalah Harry Darsono. Merupakan sebuah kawasan yang terinspirasi dari karya Harry Darsono. Hampir semua karyanya bisa Anda lihat disini. Untuk bisa menikmati berbagai karya tidak dipungut biaya sama sekali. Untuk harga tiketnya sendiri gratis atau tidak membayar sama sekali.

Begitu banyak pilihan wisata di Ibu Kota yang bisa kamu kunjungi. Semuanya menarik dengan harga tiket tidak terlalu mahal. Akses transportasinya pun cukup mudah, hampir semuanya terhubung dengan berbagai sarana transportasi umum. Termasuk, berbagai museum di Jakarta yang tambah menarik untuk dikunjungi.