15 Mainan Anak Perempuan yang Bermanfaat

Selain barbie dan boneka teddy, permainan salon kecantikan wajah dan rambut menjadi mainan favorit bagi anak perempuan. Anak-anak cenderung tertarik untuk meniru apa yang dilihatnya, entah itu saat ibu mereka sedang berdandan, ataupun melihatnya dari platform online seperti Youtube. Walaupun bukanlah kebutuhan pokok yang mendesak, namun keberadaan mainan anak perempuan cukup dibutuhkan untuk membantu perkembangan fisik dan otak anak.

Daftar Mainan Anak Perempuan Terpopuler

Berikut ini merupakan beberapa daftar referensi mainan untuk anak perempuan yang edukatif namun tetap menyenangkan untuk dimainkan.

  1. Boneka

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Rasanya boneka sudah menjadi mainan yang sangat identik dengan anak perempuan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan mode dunia, bentuk dan gaya model boneka terus mengalami perubahan. Mulai dari boneka besar yang menggemaskan hingga boneka modern yang dapat bergerak atau bicara.

Tidak ada salahnya memberikan anak beberapa boneka untuk dimainkan, apalagi jika usianya masih balita, ini karena boneka dapat membantunya meningkatkan imajinasi dalam kepalanya. Semisal saja, anak akan berpura-pura menyuapi bonekanya, mengajaknya minum teh, hingga bercerita tentang hari ini dengannya seakan-akan boneka tersebut benar-benar sahabatnya.

  1. Rumah boneka

mainan anak perempuan

sumber tokopedia.com

Rumah boneka dapat membantu anak untuk belajar tentang lingkungan mereka sekaligus mengembangkan kemampuan imajinatifnya. Umumnya, rumah boneka dijual lengkap bersama karakter dan furniture mini seperti halnya meja dan kursi, tempat tidur, lemari, dan lain sebagainya.

Anak-anak akan menggunakan karakter tadi untuk melakukan hal-hal sederhana seperti halnya memasak, mencuci piring, atau hal lain yang biasa mereka lihat/lakukan dalam kehidupan sebenarnya.

  1. Peralatan menggambar

mainan anak perempuan

sumber aliexpress.com

Beberapa anak memiliki hobi untuk menggambar dan mewarnai. Untuk anak dengan usia muda, biasanya mereka sedang dalam masa suka mencorat-coret, sedangkan mereka yang lebih tua senang menggambar atau mewarnai objek yang disukainya.

Agar keterampilannya bisa berkembang, orang tua dapat memfasilitasi anak dengan peralatan menggambar seperti pensil tulis, buku gambar, juga crayon dengan beragam varian warna.

  1. Eksperimen sains

mainan anak perempuan

sumber aliexpress.com

Mainan anak perempuan satu ini lagaknya lebih cocok untuk diberikan kepada mereka yang usianya sudah diatas 4 tahun. Pasalnya, anak seusia itu sudah lebih memahami makna sebab dan akibat atas suatu kejadian.

Umumnya, dalam satu paket mainan eksperimen sains, terdiri dari beberapa alat untuk membuat, mengeksplorasi, merekayasa, dan bereksperimen. Paket tersebut juga berisikan bahan kimia yang aman dan ramah anak. Selain itu, ada pula buku panduan yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam melakukan eksperimennya.

  1. Peralatan makan dan dapur

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Seperangkat mainan makan dan dapur biasanya ditampilkan dalam bentuk yang realistis. Contohnya, adanya bermacam-macam bentuk makanan seperti sosis, telur dadar, roti, burger, dan lainnya.

Sejalan dengan bertambahnya usia anak, mereka bukan hanya akan menamai item bahan, berpura-pura memasak ataupun memakannya saja, namun juga membantu meningkatkan kreativitas juga imajinasi yang dimilikinya.

  1. Mainan bongkar pasang

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Saat memasuki usia sekolah, anak perempuan mungkin menjadi semakin aktif dalam bermain. Pada tahap ini, orang tua dapat memberikan dukungan dengan membelikan mereka mainan yang berguna untuk tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah mainan bongkar pasang seperti lego.

Meski kerap disangkutkan sebagai mainan anak laki-laki, namun mainan ini juga baik untuk melatih tumbuh kembang anak. Pasalnya, mainan anak perempuan seperti ini akan membantu mengasah kreatifitas anak dalam menyusun beberapa blok untuk menjadi suatu objek bentuk.

Selain itu, permainan bongkar pasang juga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk mengembangkan imajinasi anak. Karena balok-balok sebelumnya dalam keadaan terpisah, anak-anak dapat memasang kembali balok-balok tadi sesuai dengan apa yang ia bayangkan dalam kepalanya.

Tidak sampai disitu saja, anak-anak juga akan belajar tentang arti dari kerja keras dan kegigihan dalam usahanya mencapai kesuksesan. Dengan kata lain, mainan bongkar pasang turut andil dalam membantu anak perempuan mengembangkan instingnya saat memecahkan masalah sekaligus meningkatkan rasa percaya diri yang mereka miliki.

  1. Puzzle

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Selain mainan lego, puzzle juga mempunyai fungsi yang sama, yakni mengasah kemampuan otak, meningkatkan kreativitas, serta membantu anak dalam memecahkan masalahnya.

Mengingat permainan puzzle memiliki banyak jenis, orang tua dapat memilih warna dan gambar yang disukai oleh si buah hati.

  1. Plastisin

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Plastisin berguna untuk membantu anak mengasah kemampuan otak dan imajinasinya, sekaligus melatih keterampilan motoriknya.

Melalui mainan satu ini, anak dapat membentuk objek apapun yang disukainya atau mencontoh benda lain yang difavoritkannya. Contohnya saja membuat piring dengan telur dadar diatasnya atau bunga yang sedang mekar.

  1. Peralatan dokter

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Saat anak-anak perempuan ditanyai tentang cita-citanya, pasti ada saja yang menjawab ingin jadi dokter.

Jika anak Anda adalah salah satunya, sebaiknya Anda memberikan mereka mainan dokter-dokteran. Jenis mainan seperti ini akan membantu anak-anak untuk memahami profesi tersebut lebih dalam, meniru tindakan orang lain serta mengenal lingkungannya. Mengenalkan profesi yang menjadi cita-cita anak merupakan bentuk dukungan yang bisa diberikan orang tua.

  1. Aksesori rambut

mainan anak perempuan

sumber shopee.co.id

Aksesori rambut menjadi bentuk mainan lain yang bisa diberikan kepada anak perempuan. Biarkan mereka untuk menata rambutnya sendiri dengan aksesori yang Anda berikan. Disamping akan membantu koordinasi mata dan tangannya, jenis mainan seperti ini juga akan membantu mereka untuk membangun identitasnya.

  1. Mainan Kecantikan

Mainan Kecantikan

sumber shopee.co.id

Mainan kecantikan sangat cocok untuk diberikan kepada anak perempuan. Mulai dari kuteks untuk anak, lipstik mainan, hingga eye shadow yang ramah untuk anak bisa ditambahkan ke dalam koleksi mainan mereka.

Uniknya lagi, anak-anak bisa berkreasi sekaligus mengekspresikan bakat seninya melalui mainan satu ini. Anda akan menemukan banyak mainan nail art di pasaran. Ada pula produk-produk yang dilengkapi dengan kuku palsu sebagai wadah bagi anak Anda untuk bereksperimen dan menghias kukunya.

  1. Balon atau Gelembung Busa

Balon atau Gelembung Busa

sumber shopee.co.id

Bermain meniup gelembung busa atau balon nyatanya tak kalah seru untuk dimainkan. Melalui permainan seperti ini, kemampuan motorik anak akan meningkat. Selain itu, anak juga bisa melatih koordinasi antara mulut dan tangannya saat hendak meniup balon.

  1. Mencetak Pasir

Mencetak Pasir

sumber tokopedia.com

Jenis mainan seperti ini tidak hanya ditujukan untuk anak laki-laki saja, melainkan juga anak perempuan. Dengan pasir kinetik, anak bisa mengkreasikan pasir menjadi aneka bentuk menggunakan pencetak yang ada. Pada fase ini, motorik halus anak akan terlatih.

Disamping itu, mereka juga dapat belajar mengenal beragam bentuk, angka, hewan, ataupun benda. Saat anak memainkannya, pastikan agar orang tua selalu mengawasi mereka agar pasirnya tidak terhirup atau tertelan.

  1. Congklak

congklak

sumber tokopedia.com

Dibandingkan dengan mainan-mainan sebelumnya, congklak mungkin terbilang kuno. Walau begitu, permainan satu ini masih menjadi primadona bagi anak-anak perempuan. Melalui permainan congklak, anak akan diajarkan untuk berkompetisi secara sehat juga diajak untuk mengasah strateginya guna mencapai kemenangan.

  1. Bola Bekel

Bola Bekel

sumber tokopedia.com

Bisa dibilang, mainan bola bekel ini susah-susah gampang untuk dimainkan. Ini karena bola karet yang digunakan bergerak dengan cepat dan sangat lincah. Umumnya, pasangan dari bola tersebut bisa berupa kerang, batu, biji-bijian besi, atau tutup botol.

Beberapa jenis mainan anak perempuan di atas hanyalah segelintir permainan yang banyak dimainkan. Selain daftar di atas, masih ada banyak mainan edukatif dan menyenangkan lain yang bisa dicoba. Sebut saja lompat tali, finger painting, dan juga action figure.