Makanan Khas Kalimantan Utara yang Patut Dicoba

Masing-masing daerah tentunya memiliki makanan unik yang menjadi ciri khas tertentu dan jadi bagian kekayaan kuliner nusantara. Makanan khas ini umumnya diburu oleh wisatawan demi mengetahui pola cita rasa yang ada di daerah masing-masing. Berikut akan diulas mengenai makanan khas Kalimantan Utara yang patut dijadikan rekomendasi.

  1. Lawa

makanan khas kalimantan utara

gambar via google.com

Apa rekomendasi pertama makanan Kalimantan Utara yang patut dicoba? Yakni Lawa, merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang memiliki filosofi berupa hidangan kerajaan yakni Kerajaan Bulungan. Lawa terbuat dari bahan dasar sayur-sayuran yang segar seperti timun dan rumput laut yang baik bagi kesehatan.

Bahan dasar tersebut dicampur aneka macam bumbu seperti udang galah, kelapa sangrai, udang raja, dan sebagainya. Jika Anda tidak menyukai udang, dapat diganti makanan pengganti seperti kerang. Perlu diingat apabila Anda memiliki riwayat kolestrol dan tekanan darah tinggi, tidak dianjurkan untuk menikmati hidangan Lawa ini.

  1. Kepiting Soka

makanan khas kalimantan utara

gambar via google.com

Bagi Anda penggemar olahan laut atau seafood, wajib mencoba hidangan Kepiting Soka. Hidangan ini cukup ramai diburu di Kalimantan Utara. Olahan yang lezat dan gurih membuat para wisatawan yang berkunjung, tak segan untuk mencicipi berkali-kali. Selain itu, hidangan kepiting soka juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Hidangan kepiting soka memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Selain itu terdapat pula sumber mineral dan protein yang tinggi. Serta mengandung vitamin yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Umumnya hidangan kepiting soka disajikan secara bersamaan dengan tumis saos dan campuran rempah lainnya.

  1. Tumis Kapah

makanan khas kalimantan utara

gambar via google.com

Masih membahas tentang olahan laut, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi tumis kapah. Apa itu tumis kapah? Tumis kapah sendiri merupakan olahan hidangan khas di daerah Kalimantan Utara, dengan kapah sebagai bahan dasarnya sendiri. Kapah memiliki banyak kandungan protein yang baik bagi kesehatan.

Tumis kapah sendiri dimasak dengan beberapa bumbu dan rempah-rempah pilihan yang menjadi pelengkap hidangan. Diantaranya adalah bawang putih, bawang merah, serta jeruk nipis sebagai penyedap rasa. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan cukup tergoda untuk menambah porsi dari adanya masakan tumis kapah ini.

  1. Tudai

makanan khas kalimantan utara

gambar via google.com

Selanjutnya terdapat tudai. Tudai sendiri sama seperti tumis kapah. Hanya saja untuk hidangan tudai ini lebih didominasi dengan daging kerang yang tebal serta cangkang jingga kehitaman. Jika Anda berminat untuk mencicipi hidangan tudai, dapat berkunjung di Kalimantan Utara bagian Tanjung Selor.

  1. Nasi Udang

Nasi Udang

gambar via google.com

Rekomendasi yang kelima terdapat nasi udang. Mungkin bagi beberapa kalangan, hidangan ini cukup mudah ditemukan di berbagai tempat. Namun beda halnya di Kalimantan Utara yang memiliki ciri khas tersendiri. Sebab udang yang diproduksi langsung dari kabupaten Malinau merupakan produk laut terkemuka yang istimewa.

  1. Nasi Subut

Nasi Subut

gambar via google.com

Kuliner khas selanjutnya bernama Nasi Subut. Berbeda dengan olahan nasi pada umumnya, Nasi Subut memiliki kriteria olahan berwarna ungu. Umumnya olahan Nasi Subut dapat ditemukan di Kalimantan Utara bagian Tana Tidung. Hidangan ini berbahan dasar nasi, jagung, dan ubi jalar ungu yang kaya akan manfaat.

  1. Sate Ikan Pari

Sate Ikan Pari

gambar via google.com

Rekomendasi terakhir untuk makanan khas Kalimantan Utara, yakni sate ikan pari. Sate ikan pari ini umumnya dihidangkan menjadi pelengkap bagi nasi subut. Namun Anda dapat pula menikmatinya dengan olahan nasi biasa. Begitu populer di Kalimantan Utara, sebab ikan pari cukup mudah ditemukan di daerah provinsi tersebut.

Nah, itu dia beberapa kuliner makanan khas Kalimantan Utara yang sedap dan menggoda selera. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan mengenai makanan khas daerah.

makeup pernikahan adat sunda

mua parasayu