Jajaran Makanan Khas Sumatera Barat Patut Dicoba

Sumatera memiliki ragam budaya hingga adat istiadat yang dijaga secara turun temurun. Berbicara mengenai kuliner nusantara, Sumatera Barat menjadi salah satu tempat yang cocok dijadikan pusat pengenyang perut. Berikut akan dibahas beberapa rekomendasi jajaran makanan khas Sumatera Barat yang patut untuk dicoba.

  1. Rendang

makanan khas sumatera barat

gambar via google.com

Nominasi utama tetap dipegang oleh Rendang. Rendang sendiri merupakan salah satu ciri khas yang hadir di tengah-tengah kuliner Sumatera Barat. Terbuat dari daging sapi dengan olahan bumbu rempah-rempah Nusantara yang melimpah. Menjadikan Rendang sebagai hidangan yang dikenal kalangan lokal maupun internasional.

Rendang umumnya dikonsumsi bersamaan dengan nasi hangat sebagai pelengkap. Bagi Anda yang diet tidak perlu khawatir untuk gagal. Rendang sendiri dimasak dengan berbagai pengolahan penyajian yang baik. Tak hanya itu, rasa gurih nan pedas yang menjadi ciri khas dari masakan ini pun dapat menyihir seluruh lidah pecinta kuliner.

  1. Sate Padang

makanan khas sumatera barat

gambar via google.com

Selanjutnya hadir poin kedua berupa Sate Padang. Kota Padang sebagai salah satu pusat kuliner dari Sumatera Barat, menghadirkan berbagai olahan hidangan yang cukup menarik hati. Ciri khas dari Sate Padang sendiri berupa kuah yang sangat kental hingga berwarna kekuningan. Umumnya dapat disantap bersamaan dengan lontong.

Apakah dapat menemukan Sate Padang selain di kota Padang? Tentu bisa. Namun umumnya, Anda dapat merasakan cita rasa khas Sumatera hanya di khusus daerah Sumatera Barat. Sehingga jika Anda sedang berlibur ke Sumatera Barat, patut untuk menjadikan Sate Padang sebagai daftar makanan yang harus di uji coba.

  1. Gajeboh

makanan khas sumatera barat

gambar via google.com

Rekomendasi dalam poin ketiga terdapat hidangan makanan berupa Gajeboh. Hidangan ini cukup langka didengar oleh wisatawan luar daerah Sumatera. Namun Anda harus tau bahwa hidangan ini masih terkait dengan olahan daging sapi. Umumnya Gajeboh ditujukan bagi pecinta lemak daging sapi.

Gajeboh merupakan istilah lain dari sandung lamur. Bahan utama yang digunakan dalam Gajeboh yakni punuk. Dimana punuk tersebut merupakan sarang dari lemak atau gajih. Gajeboh tak lengkap rasanya jika belum disiram menggunakan kuah semacam gulai. Diiringi dengan cita rasa khas gurih nan pedas, menambah kenikmatan yang tiada tara.

  1. Gulai Paku

makanan khas sumatera barat

gambar via google.com

Jika mendengar kata paku, Anda akan teringat benda tajam yang seharusnya tidak dikonsumsi. Padahal, Gulai Paku sendiri merupakan hidangan yang berbahan dasar tanaman paku atau pakis. Jenis yang digunakan pada tanaman paku ini yakni semanggi, bracken, dan ostrich fern. Cita rasa khas pedas gurih yang nikmat serta lezat saat disantap.

  1. Ayam Pop

Ayam Pop

gambar via google.com

Bagi Anda pecinta olahan hidangan ayam. Wajib mencoba salah satu hidangan unik bernama Ayam Pop. Hidangan ini umumnya berbahan dasar ayam kampung, bawang merah, daun salam, jeruk nipis, lengkuas, bawang putih, garam, serta santan. Ayam Pop wajib dinikmati selagi hangat bersama dengan nasi putih yang nikmat.

  1. Gulai Itiak

Gulai Itiak

gambar via google.com

Masih membahas tentang makanan berat. Selanjutnya terdapat Gulai Itiak. Gulai Itiak sendiri merupakan olahan khas dari Sumatera Barat berbahan dasar daging bebek muda dengan cacahan cabai hijau. Bebek muda memiliki tekstur yang lembut dan lunak, sehingga sangat nikmat saat dimasak sebagai olahan Gulai Itiak.

  1. Soto Padang

Soto Padang

gambar via google.com

Yang terakhir rekomendasi makanan khas Sumatera Barat hadir Soto Padang. Yang menarik dari Soto Padang sendiri adalah cita rasa dari rempah-rempah khas Sumatera Barat. Menjadikan masakan ini sebagai daya tarik utama.

mua parasayu