Kumpulan Kisah Inspiratif untuk Siswa

Apakah anda sedang jenuh dengan hidup anda? Enggan berangkat sekolah, tidak semangat bekerja atau bahkan malas beranjak dari kasur? Wah sepertinya anda sedang butuh suntikan motivasi. Membaca kisah inspiratif adalah salah satu cara untuk menambah semangat anda. Nah berikut ini ada kumpulan kisah inspiratif untuk siswa. Langsung saja, check this out!

Kisah Inspiratif untuk Siswa 1

Nelayan Jepang selalu memasukkan ikan salmon tangkapannya ke dalam kolam air agar tetap hidup hingga sampai ke daratan. Namun cara itu ternyata kurang efektif, masih banyak ikan salmon yang mati begitu nelayan sampai ke daratan. Nelayan pun mencari cara lain agar ikan tetap banyak yang hidup.

Akhirnya, nelayan berfikir untuk memasukkan ikan hiu kecil kedalam kolam ikan salmon. Mengapa? Karena adanya ikan hiu di dalam kolam akan membuat ikan salmon ‘terpaksa’ untuk selalu bergerak agar tidak dimakan ikan hiu.

Pesan yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah, teruslah bergerak, carilah sesuatu yang membuatmu tertantang dan keluar dari zona nyaman agar anda terus termotivasi untuk bertahan hidup.

Kisah Inspiratif untuk Siswa 2

Kisah ini menceritakan seorang kakek tua yang tinggal bersama anak, menantu dan cucunya. Karena sudah sangat tua, kakek itu sudah hampir buta dan tuli, sulit bergerak bahkan untuk mengangkat sendok untuk makan. Tangan kakek tersebut juga seringkali bergetar dan membuat makanannya tumpah dan tercecer.

Sang anak dan menantunya tentu kesal karena harus terus bersih-bersih tiap kali kakek itu makan. Untuk itulah, mereka mengurung ayahnya di pojok rumah, mengantarkan makanannya tiap kali waktu makan dan membiarkan si kakek makan sendirian.

Suatu hari, tangan kakek tersebut kembali bergetar dan membuat mangkuk yang dipegangnya pecah. Si menantu pun marah besar dan akhirnya memberikan mangkuk berbahan kayu untuk kakek itu makan.

Di lain hari, anak dan menantu itu melihat cucu si kakek bermain dengan kayu kayu di halaman rumah. Sang ayah pun bertanya, mengapa anaknya bermain dengan kayu. Dan jawaban anaknya membuat si ayah tercengang.

“Aku akan membuat mangkuk kayu untuk ayah dan ibu. mangkuk ini akan kalian gunakan ketika kalian tua nanti”.

Pesan dari kisah ini adalah, perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.

Kisah Inspiratif untuk Siswa 3

Seorang pedagang sedang dalam perjalanan pulang seusai membeli barang dagangan di kota seberang bersama dengan keledai tua, sahabatnya. Karena hari sedang siang dan terik, mereka pun beristirahat di padang rumput. Si pedagang pun melepaskan beban barang yang dibawa sang keledai agar keledai itu bisa bebas mencari makan dan minum di sekitar sana selama ia tidur dan beristirahat.

Setelah tertidur beberapa saat, betapa terkejutnya si pedagang karena mendengar keledainya berteriak dan menjerit. Ia pun semakin terkejut karena mendapati keledai nya terjebak di dalam sumur tua yang cukup dalam. Di tengah kebingungannya, ia mendapat saran dari seorang penggembala untuk menguburkan saja keledai itu. Sumur itu terlalu dalam dan keledai itu juga sudah sangat tua, akan sangat sulit untuk mengeluarkannya.

Si pedagang pun dengan berat hati menyetujui usul itu dan mulai memasukkan pasir kedalam sumur. Namun yang terjadi justru ajaib, keledai itu terus menggoyangkan tubuhnya sehingga pasir itu jatuh dan memenuhi sumur. Keledai iu tanpa berputus asa terus menggoyangkan pasir hingga pasir itu nik dan membawanya ke atas.

Pesan yang bisa diambil dari kisah ini adalah, anda tidak boleh menyerah untuk hidup. Teruslah berusaha keluar dari masalah meskipun masalah itu membuat anda ingin mati saja.

Nah itulah tadi kumpulan kisah inspiratif untuk siswa yang bisa anda baca ketika anda membutuhkan motivasi hidup. Semoga kisah-kisah diatas bermanfaat!