Syarat Sah dan 7 Rukun Sholat Jenazah

Pengurusan jenazah dalam islam diatur secara rinci mulai dari memandikan, menkafani, sholat jenazah sampai menguburkan jenazah. Semua aturan tersebut adalah tanggung jawab bagi umat muslim yang masih hidup dimana hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah.

Apa itu fardhu kifayah? Fardhu kifayah yaitu tidak ada kewajiban bagi yang lainnya jika sudah ada yang mengerjakannya atau mewakilinya. Mengingat mensholati jenazah ini sangat penting maka bagi seluruh umat muslim wajib tahu bagaimana tata cara sholat jenazah.

Dalam mensholati jenazah ini mempunyai rukun dan juga syarat yang tidak boleh diabaikan dan ada yang harus di perhatikan tentang bagaimana bacaan dalam mensholati jenazah. Dimana bacaan mensholati jenazah laki-laki tidak sama dengan bacaan mensholati jenazah perempuan. Apa saja syarat sah dalam mensholati jenazah?

Syarat Sah Sholat Jenazah

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa mensholati jenazah ini hukumnya fardhu kifayah, selain itu dalam mensholati jenazah umat muslim wajib tahu apa saja syarat agar sholat yang dilakukan sah. Berikut ini adalah syarat sah yang harus diperhatikan untuk mensholati jenazah:

  1. Suci dari hadas

Syarat sah yang penting dalam melakukan sholat jenazah yaitu suci dari hadas baik itu hadas kecil maupun hadas besar. Dimana hadas besar akan suci dengan melakukan mandi wajib sednagkan hadas kecil dapat disucikan dengan berwudhu.

  1. Menutup aurat

Menutup aurat juga menjadi syarat sah dalam mensholati jenazah. Selain itu saat mensholati jenazah pakaian yang digunakan juga bersih dan suci atau tidak terkena najis.

  1. Menghadap kiblat

Ketika mensholati jenazah maka wajib menghadap ke kiblat. Dimana menghadap kiblat ini menjadi salah satu bagian syarat sah dalam mensholati jenazah. Sehingga jika tidak dilakukan maka sholat yang dilakukan sudah pasti tidak sah.

  1. Jenazah telah disucikan dan dikafani

syarat sah selanjutnya dalam emnsholati jenazah yaitu dimana jenazah harus sudah dalam keadaan suci yaitu sudah dimandikan dan juga sudah dikafani.

  1. Jenazah di sebelah kiblat

Posisi jenazah juga menjadi salah satu syarat sah dalam mensholati jenazah, dimana posisi jenazah harus di kiblat yaitu di depan orang yang mensholati. Untuk kepala jenazah harus disebelah utara dan kaki jenazah di sebelah selatan.

Rukun dalam Mensholati Jenazah Laki-laki Maupun Perempuan

Selain ada syarat sah dalam mensholati jenazah umat islam harus tahu tentang rukun dalam mensholati jenazah. Apa saja rukun dalam mensholati jenazah? Berikut ini adalah rukun sholat jenazah:

  1. Niat

Rukun pertama dalam mensholati jenazah yaitu membaca niat yang kemudian dilanjutkan dengan takbiratul ihram. Adapun takbiratul ikhram sama seperti sedang melaksanakan sholat fardhu maupun sholat sunnah.

  1. Sholat dengan berdiri

rukun dalam mensholati jenazah yang kedua yaitu berdiri, namun bagi yang tidak mampu boleh dengan duduk sama seperti ketentuan dalam sholat fardhu.

  1. 4 kali takbir tanpa rukuk dan sujud

Dalam mensholati jenazah ada yang harus diperhatikan yaitu 4 kali takbir dan tidak ada rukuk maupun sujud. Dimana ini adalah bagian dari rukun mensholati jenazah dan umat islam wajib paham akan hal ini.

  1. Membaca Al-Fatihah

Dalam mensholati jenazah Surat Al-Fatihah ini dibaca setelah takbir pertama. Dalam membaca surat Al-Fatihah dianjurkan secara perlahan.

  1. Membaca sholawat nabi

Sholawat Nabi Muhammad SAW pada saat mensholati jenazah dibaca ketika takbir kedua.

  1. Doa untuk jenazah

Dalam sholat mayit atau jenazah pada rakaat ketiga dan keempat membaca doa untuk jenazah, ingat doa untuk jenazah laki-laki dan perempuan ini tidak sama ya.

  1. Mengucapkan salam

Rukun mensholati jenazah yang terakhir yaitu mengucap salam sambil memalingkan wajah ke sisi kanan dan juga sisi kiri. Dimana ini adalah sebagai penutup dari sholat jenazah.

Demikian itu adalah penjelasan tentang apa saja syarat sah dan juga rukun dalam mensholati jenazah. Semoga dapat diambil pelajaran dan manfaatnya.

mua parasayu