Pelajari Penjelasan Lengkap tentang Majas Ironi

Jika sebelumnya sudah membahas tentang struktur serta macam-macam Majas. Kita juga sudah belajar majas perbandingan dan majas metafora, maka untuk pembahasan ini, Anda harus mempelajari Majas jenis Sindiran. Salah satunya yakni Majas Ironi. Penasaran dengan pembahasan lebih lanjut? Simak dan pahami berbagai struktur ulasan berikut ini.

  1. Pengertian Umum

Apa pengertian umum dari Majas jenis ini? Ironi sendiri meliputi gaya bahasa sindiran yang bersifat sarkas. Atau dalam kata lain, ada makna kiasan yang ditujukan dalam suatu kalimat. Untuk menuju pada sasaran yang diinginkan. Umumnya Majas jenis Ironi digunakan untuk tulisan yang sifatnya kontra terhadap suatu hal.

Pernyataan yang dituliskan pada Majas jenis ini, umumnya bertentangan dengan tujuan. Bertentangan dalam hal ini digunakan untuk merendah terlebih dahulu, kemudian melampirkan maksud atau tujuan aslinya. Dengan kata lain, Majas jenis Ironi lebih mengutamakan makna kiasan atau klise eksplisit tertentu.

  1. Pengertian menurut Para Ahli

Pada pendapat pertama hadir dari Aminuddin, bahwasanya Majas jenis ini merupakan gaya bahasa yang memiliki pengertian tersembunyi. Dalam arti lain, makna yang disuguhkan umumnya merupakan sesuatu yang berbeda. Ironi sendiri memiliki fungsi untuk menyindir sesuatu hal dengan cara yang halus, dan tidak kasat mata.

Sedangkan pendapat kedua hadir dari Keraf. Bahwasanya Majas jenis ini merupakan sebuah gaya bahasa yang digunakan untuk mengatakan hal yang berlainan. Pertentangan dalam diksi yang digunakan pada Majas jenis Ironi lebih ke fungsinya untuk menyindir sesuatu obyek secara halus dan lembut.

  1. Karakteristik

Apa karakteristik yang mendasari Majas jenis ini? Majas ini cenderung digunakan dalam tujuan menyindir suatu obyek. Biasanya dapat digunakan pada sindiran keras di media sosial. Atau dapat pula digunakan di pamflet-pamflet demo tertentu. Makna kiasan yang dihadirkan pada Majas jenis Ironi memang menusuk secara halus.

  1. Perbedaan

Ada dua macam Majas jenis ini yang perlu dipelajari oleh Anda. Yakni Majas jenis Ironi Sinisme dan Majas jenis Ironi Sarkasme. Keduanya memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan antara satu dengan lainnya. Majas jenis Ironi Sinisme umumnya digunakan dalam penulisan kata yang baik dan lemah lembut.

Sebaliknya untuk Majas jenis Ironi Sarkasme, cenderung menjatuhkan suatu obyek demi menyampaikan makna kata tertentu. Itulah sebabnya kedua Majas jenis Ironi ini berbeda penggunaan, walaupun sama-sama dalam hal menyindir. Anda perlu memilahnya secara baik, jika suatu saat menggunakan Majas jenis ini.

  1. Fungsi

Apa fungsi utama dari Majas jenis ini? Umumnya digunakan untuk gaya bahasa yang cenderung menyindir. Sindiran yang dihadirkan pada Majas jenis ini cenderung akan menusuk atau menyinggung obyek tertentu. Namun untuk perbedaan jenis yang sudah dibahas, Anda perlu untuk menyesuaikan sesuai situasi yang dirasakan.

  1. Ciri-Ciri

Ciri khas dari Majas jenis ini lebih bersifat menyembunyikan sesuatu hal, sebelum menunjukkan maksud nyata. Pernyataan yang dihasilkan dari Majas jenis ini lebih bersifat ke perlawanan dari fakta yang ada. Atau dalam arti lain, akan ada sindiran yang bersifat kasar dan halus. Tergantung pada penggunaan kata yang digunakan.

  1. Contoh

Yang terakhir pada pembahasan Majas Ironi terdapat contoh kalimat yang akan dibahas. Misal pada kalimat “Baju tersebut sangat bagus, hingga tidak ada yang mengincar sama sekali.”. Maksud dari kalimat tersebut, ialah Baju yang tidak digemari oleh siapapun. Terdapat sindiran Ironi yang menyatakan Sarkasme terhadap baju tersebut.

mua parasayu