Waktu, Jumlah Rakaat dan Manfaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan saholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk di kerjakan bagi seluruh umat muslim. Dimana pahalanya sangat luar biasa dan bagi umat muslim yang mampu istiqomah melaksanakannya, maka akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT.

Dalam melaksanakan sholat sunnah tahajud, ada tata caranya dan juga dikerjakan pada waktu tertentu. Kapan sih shalat malam atau tahajud dapat dilaksanakan? Untuk menjawab semua rasa penasaran kamu semua hal tentang shalat sunnah tahajud, kamu dapat langsung mengunjungi website parasayu.

Waktu Terbaik dan Jumlah Rakaat Melaksanakan Sholat Tahajud

Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh dalam melaksanakan shalat sunnah tahajud. Ada waktu-waktu istimewa yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud. Kapan saja waktu istimewa itu?

Sebetulnya waktu melaksanakan shalat tahajud yaitu setelah waktu sholat isya’ sampai dengan waktu sebelum adzan subuh. Dimana Abd Muqit menjelaskan dalam bukunya bahwa shalat sunnah tahajud sudah dapat dilaksanakan sejak pukul 10 malam. Namun ada waktu istimewa yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan shalat malam yaitu pada sepertiga malam terakhir.

Nah jika dihitung 24 jam dibagi 3 maka waktu sepertiga akhir malam itu jatuh pada pukul 2 malam sampai dengan 4 malam. Sedangkan waktu sepertiga malam yaitu pada pukul 11 malam hingga 1 malam sehingga dapat disimpulkan waktu yang baik dalam melaksanakan shalat sunnah tahajud yaitu mulai pukul 1 malam sampai 3 malam.

Ketika melaksanakan shalat sunnah tahajud dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu. Sehingga setelah sholat isya’ lebih baik kamu tidur terlebih dahulu kemudian bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud.

Setelah membaca penjelasan tentang waktu istimewa dalam melaksanakan sholat malam atau tahajud mulai saat ini jangan lupa untuk memasang alarm di waktu seperti malam ya. Mengetahui waktu istimewa dalam melaksanakan shalat malam saja tidak cukup, kamu juga harus tahu nih berapa rakaat sih shalat sunnah tahajud itu dilaksanakan?

Nabi Muhammad SAW memang tidak pernah membatasi atau memberikan batasan tentang jumlah maksimal rakaat dalam melaksanakan shalat sunnah tahajud. Sehingga batas maksimal rakaat dapat disesuaikan dengan kemampuan, jika dalam kondisi sehat dan memungkinkan dapat melaksanakan shalat sunnah tahajud hingga menjelang subuh. Namun jika tidak sanggup 2 rakaat saja sudah cukup dan jangan lupa ditutup dengan witir ya.

Namun jika ingin mengikuti sunnah Rasulullah maka laksanakanlah sholat sunnah tahajud sebanyak 11 rakaat sudah termasuk 3 rakaat sholat witir. Nah untuk pelaksanaannya ada 3 cara nih yaitu 4+4 lalu 3 witir atau  2+2+2+2 dan dilanjutkan dengan 3 witir selain itu kamu juga bisa melaksanakan 4+4+2+1 atau 2+2+2+2+2+1.

Selain memang sangat istimewa, melaksanakan sholat sunnah tahajud secara istiqomah ini juga banyak manfaatnya lho teman-teman. Apa saja sih manfaat yang diperoleh dari istiqomah melaksanakan shalat sunnah tahajud?

Manfaat Dibalik Istiqomah Melaksanakan Sholat Tahajud

Menjalankan sholat tahajud dengan istiqomah selain memperoleh banyak pahala akan banyak manfaat yang dapat langsung dirasakan. Apa saja manfaat yang diperoleh bagi umat muslim yang istiqomah dalam menjalankan sholat sunnah tahajud? Simak penjelasan lengkap berikut ini:

  1. Mencegah stress

Melaksanakan shalat sunnah tahajud secara kontinyu atau istiqomah dapat membuat hati menjadi lebih tenang, tentram dan semua beban hidup akan terasa lebih ringan. Sehingga dengan istiqomah melaksanakan sholat sunnah tahajud maka sangat ampuh untuk mencegah stress.

  1. Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat

Berdasarkan penelitian otak manusia yang bangun pagi hari maka akan bermunculan ide-ide cemerlang. Hal tersebut disebabkan karena darah dan oksigen dapat mengalir lancar ke otak.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat yang juga langsung dapat dirasakan dalam istiqomah melaksanakan shalat sunnah tahajud adalah imun tubuh akan bagus. Sehingga tidak mudah terserang penyakit dan sangat bagus untuk dilakukan disaat pandemi seperti saat ini. Semoga bermanfaat ya.

pop up mua parasayu 02