Tata Cara Lamaran Adat Tionghoa

Setiap suku mempunyai adat yang berbeda-beda dalam melangsungkan acara lamaran pernikahan. Hal tersebut sudah dilakukan sudah turun menurun dari leluhur hingga sekarang. Salah satu adat yang sering digunakan dalam acara lamaran yaitu adat Tionghoa. Tata cara lamaran adat Tionghoa mempunyai ciri khas yang tersendiri yang membedakan dari adat lainnya.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi yang baik untuk calon mempelai. Jika anda membutuhkan make up artist profesional, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman, tampil cantik diacara spesial dapat kita lakukan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor/WA 0895404100004.

Mengenal Tingjing dalam Lamaran Adat Tionghoa

Tradisi lamaran Tionghoa atau biasa disebut dengan Tingjing biasa dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa dalam melamar sang wanita.

Dalam proses tingjing, tidak berbeda jauh dari lamaran pada umumnya. Keluaga pria datang kekediaman keluarga wanita, untuk mengutarakan maksud dan tujuanya melamar sang wanita untuk dijadikan istri.

Kebanyakan masyarakat masih awam terhadap tingjing. Masyarakan lebih mengenal sangjit dibanding tingjing. Padahal, tingjing dan sangjit itu berbeda.

Sangjit merupakan acara seserahan yang dilakukan pada waktu mendekati hari pernikahan. Sedangkan tingjing adalah acara lamaran yang dilakukan jauh-jauh hari.

Sedikit keunikan prosesi tingjing dari lamaran pada umumnya yaitu sebelum melakukan acara tingjing, biasanya orang yang dituakan akan menghitung hari baik beserta jamnya. Hal ini dilakukan agar prosesi tingjing dapat berjalan lancar. Biasanya, acara dilakukan pada jam sepuluh atau sesuai dengan jam yang sudah ditentukan baiknya.

Pada acara tingjing, biasanya keluarga dari calon mempelai pria akan membawa seserahan dangan jumlah genap. Selain itu, keluarga pria juga akan membawakan kue atau makanan khas Tionghoa yang penuh makna.

Tata Cara Lamaran Adat Tionghoa Tingjing

tata cara lamaran adat tionghoa

foto via idewedding.com

Sebenarnya tata cara lamaran adat Tionghoa tidak berbeda pada umumnya. Bisa dibilang acara tingjing itu simpel dan tidak repot. Adapun tata cara yang biasa dilakukan oleh masyarakan pada umumnya seperti dibawah ini.

  1. Penyambutan

Acara ini diawali dengan kedatangan keluarga pria dikediaman wanita. Biasanya, keluarga dari wanita sudah menunggu didepan untuk menyambut keluarga dari pria. Kemudian keluarga pria akan menuntun ke tempat acara diadakan.

Selain itu, pada momen penyambutan juga akan diberikan barang seserahan yang sudah dibawa oleh keluarga pria untuk calon mempelai wanita.

  1. Pembukaan

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembukaan acara lamaran, biasa MC akan memandu acara ini. Pertama-tama keluarga wanita akan memberi sambutan kepada keluarga pria yang sudah hadir. Kemudian dilanjutkan dengan keluarga pria membalas sambutan kepada keluarga wanita.

Pada acara ini juga, biasanya keluarga dari pria akan menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke kediaman wanita. Setelah itu, keluarga wanita memberikan keputusan diterima atau tidaknya lamaran atau tujuan yang disampaikan oleh pihak keluarga pria.

  1. Perkenalan antar Keluarga

Selanjutnya, setelah acara lamaran diterima oleh pihak wanita. Acara dilanjutkan dengan memperkenalkan anggota keluarga dari kedua belah pihak. Biasanya hal ini diawali dengan memperkenalkan keluarga wanita terlebih dahulu, kemudian akan dilajutkan dengan memperkenalkan anggota keluarga dari pihak pria.

  1. Pengikat Hubungan

Kemudian setelah acara perkenalan kedua keluarga selesai dilakukan, maka acara dilanjutkan dengan mengikat hubungan lamaran. Pada acara pengikat, biasanya ibu dari keluaga pria akan memasangkan kalung atau benda sejenisnya kepada calon mempelai wanita.

  1. Acara Ramah Tamah

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah atau makan bersama. Pada momen ini biasanya menjadi momen untuk saling mengakrabkan antara kedua keluarga.

  1. Pemberian Seserahan Balik

Setelah acara makan besama telah usai, maka sebelum kedua keluarga berpamitan biasanya keluarga dari calon mempelai wanita akan memberikan seserahan balik kepada keluarga pria.

  1. Penutup

Setelah semua rangkaian acara selesai dilakukan maka tiba saatnya penutupan acara lamaran. MC atau pemandu acara akan memandu sesi penutupan dengan sedikit ucapan singkat kepada seluruh hadirin yang datang pada acara lamaran tersebut. Dan acara lamaran sudah selesai dilaksanakan.

Nah, itu dia tata cara lamaran adat Tionghoa. Simpel kan? Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin melangsungkan acara lamaran.

Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk acara lamaran, pernikahan dan yang lainnya. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam rias pengantin adat daerah atau rias acara lainnya. Dengan MUA yang profesional dan berpengalaman, tampil cantik pada momen istimewa bukan sekedar impian. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau anda dapat mengunjungi website mua.parasayu.net.