9 Tips Menabung Untuk Biaya Pernikahan

Jangan pernah lupakan tips menabung untuk biaya pernikahan kalau kamu ingin sukses. Sebab, biaya pernikahan tidaklah sedikit, rata-rata untuk biaya pernikahan yang sederhana selama masih mengadakan resepsi, pasti lebih dari 50 juta. Tentu kamu harus menabung terlebih dahulu.

Meskipun biaya yang diperlukan lumayan besar, jika kamu menabung dengan serius, maka pernikahan idaman pun akan terwujud. Buat kamu yang masih bingung, berikut ini adalah tips menabung untuk biaya pernikahan yang dapat kamu lakukan:

  1. Tekadkan niat

Hal terpenting ketika akan menabung untuk biaya pernikahan adalah menguatkan niat. Jika kamu menabung tapi tidak memiliki tekad yang kuat, maka ketika menghadapi godaan, kamu justru akan dengan mudah menggunakan tabungan tersebut untuk hal lain. Akhirnya tabungan pun tidak akan pernah terkumpul. Maka dari itu, kuatkan niat dengan terus mengingat rencana pernikahan dengan idaman hati.

  1. Buat anggaran

Jika telah memiliki rencana pernikahan, maka sudah seharusnya kamu juga memiliki rencana anggaran pernikahan. Kamu harus memiliki target dana yang diperlukan agar mengetahui berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya. Hitunglah bukan hanya pada hal-hal yang besar seperti sewa gedung atau katering saja, tapi juga hal kecil lain seperti ongkos kirim dan honor penjaga tempat parkir.

  1. Bagi dua

Pernikahan tentu adalah kepentingan dari dua orang yang saling berikrar janji, berarti anggaran pernikahan pun sebaiknya juga dibagi dua. Jangan hanya menabung sendiri atau berharap pada pasangan saja. Mulailah membangun kerjasama dengan pasangan hidupmu sejak sebelum menikah dengan bersama-sama mengumpulkan biaya pernikahan. Jika mengumpulkan bersama, dana akan terkumpul lebih cepat,  bukan?

  1. Selalu sisihkan

Biasakan untuk selalu menyisihkan pendapatan yang kamu miliki ke dalam tabungan pernikahan. Bukan hanya gaji bulanan saja, tapi juga pendapatan lain seperti insentif atau lembur. Dengan begini, kamu akan lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

  1. Tahan selera belanja

Daripada kamu menghamburkan uang untuk membeli keperluan yang tidak penting, sebaiknya tabung saja. Jika biasanya kamu membeli baju atau tas baru, sebaiknya kamu tunda dulu agar bisa segera melangsungkan pernikahan. Tahan selera belanjamu demi pernikahan yang diimpikan.

  1. Bawa bekal

Daripada kamu mengeluarkan uang untuk makan siang di luar, lebih baik bawa bekal dari rumah. Selain hemat, kesehatan kamu juga akan lebih terjaga. Uang yang biasa kamu gunakan untuk makan siang di luar kantor dapat kamu masukan dalam tabungan pernikahan.

  1. Pisahkan tabungan

Jangan pernah mencampuradukan tabungan pernikahan dengan uang lainnya. Sebaiknya bukalah rekening baru yang akan kamu gunakan untuk menyimpan uang tabungan pernikahanmu. Pemisahan rekening seperti ini akan membantumu mengontrol uang dengan lebih aman. Tabungan pernikahan pun tidak akan terganggu sama sekali.

  1. Pacaran hemat

Jika sudah ada rencana pernikahan, maka sebaiknya ganti gaya pacaran kalian. Mulailah untuk berhemat. Jika biasanya kencan dilakukan di kafe atau bioskop, maka sebaiknya kencan di depan teras rumah saja. Selain hemat, hubungan pasangan dengan keluargamu pun akan jadi lebih dekat.

  1. Buat catatan

Mengumpulkan tabungan pernikahan bukan perkara yang bisa dianggap sepele. Kamu harus mempersiapkan segalanya dengan baik hingga detailnya sekalipun. Gunakan catatan keuangan untuk melakukan pencatatan pada setiap pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan. Dengan catatan tersebut, kamu akan mengetahui dimana pos pengeluaran paling besar sehingga kamu dapat menekannya di bulan berikutnya.

Itulah beberapa tips menabung untuk biaya pernikahan yang dapat mempermudah kamu mengadakan pernikahan idaman. Jangan lupajuga untuk selalu konsisten ya, guys.