Tips Menjelang Pernikahan, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Jika kamu bingung apa yang harus dilakukan menjelang hari pernikahan, mungkin kamu butuh mempelajari tips menjelang hari pernikahan yang akan kita bahas. Menjelang hari pernikahan, kamu pasti merasakan berbagai macam hal. Mulai dari bahagia, merasa tidak siap, cemas, dan takut.

Wajar jika kamu merasakan perasaan seperti itu karena hari pernikahan merupakan momen terindah dalam hidup. Celakanya, perasaan gelisah membuat sebagian orang tidak tahu tindakan yang harus dilakukan menjelang pernikahan. Kalau kamu juga merasakannya, kamu perlu mengikuti tips menjelang pernikahan berikut ini:

  1. Menjaga Kesehatan

Mempersiapkan pernikahan merupakan kegiatan yang sangat melelahkan bagi kedua mempelai. Kamu pasti juga merasa sangat lelah, apalagi kalau kamu tetap harus bekerja. Dalam kondisi kelelahan yang berkepanjangan, risiko kamu terserang penyakit semakin besar.

Kamu tentu tidak ingin sakit saat hari pernikahan, bukan? Karena itu, kamu tetap harus menjaga kesehatan setidaknya 6 bulan sebelum hari pernikahan berlangsung. Makan makanan yang bergizi, cukup tidur, dan berolahraga ringan sudah cukup untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

  1. Merawat Wajah

Di hari pernikahan, kamu akan menjadi bintang utama. Tentunya kamu harus tampil memukau di hari itu. Jangan sampai saat hari pernikahan, wajah kamu malah tumbuh jerawat, berminyak, dan terlihat kusam.

Jagalah muka menjelang hari pernikahan dengan memberikan perawatan yang maksimal. Hal ini tidak hanya untuk mempelai wanita. Namun, juga berlaku untuk pihak pria. Kamu dapat mengajak pasangan untuk melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah atau ke pergi ke tempat profesional.

  1. Menjaga Bentuk Badan

Menjelang hari pernikahan, kamu pasti telah memilih baju pengantin yang akan kamu pakai. Gaun telah kamu pilih sesuai ukuran badanmu saat itu. Karena itu, tetaplah menjaga pola makan agar bentuk badan kamu tidak jauh berubah saat hari pernikahan.

Menjaga bentuk makan tidak sulit. Kamu hanya perlu makan makanan yang mengandung protein agar cepat kenyang, minum banyak air putih, menghindari makanan manis, dan makan sesuai kebutuhan kalori harian.

  1. Jaga Pikiran Agar Tetap Tenang

Kamu pasti semakin cemas ketika hari pernikahan semakin dekat. Kamu takut ada hal yang terlewatkan sehingga momen bahagia kamu dan pasangan jadi tidak sempurna. Pikiran yang tidak tenang membuat kamu membuang energi untuk hal yang sebenarnya tidak perlu.

Buat diri kamu menjadi rileks dengan pergi ke spa, berolahraga ringan, atau jalan-jalan. Kegiatan tersebut dapat membantu kamu mengumpulkan energi menjelang hari pernikahan.

  1. Kumpul dengan Keluarga

Setelah menikah, kamu akan memiliki keluarga baru dan fokus untuk mengurusnya. Kamu mungkin tidak akan punya waktu lagi untuk berkumpul dengan orang tua atau saudara kamu.

Di hari-hari menjelang kamu menikah, berkumpullah dengan keluarga jika sempat. Momen-momen seperti mungkin akan membuat kamu rindu saat kamu sibuk menjadi orang tua nantinya.

  1. Memastikan Keperluan Pernikahan

Pernikahan pasti membutuhkan banyak hal, mulai dari makanan, tamu undangan, baju pengantin, dekorasi, hingga kue pernikahan. Jika kamu memiliki sedikit waktu menjelang hari pernikahan, periksa kembali segala kebutuhan.

Kalau kamu menggunakan jasa wedding organizer, tanyakan kepada mereka apakah segala kebutuhan telah terpenuhi. Jika ada yang kurang, kamu masih memiliki waktu untuk memenuhinya. Namun, jangan panik.

Itulah beberapa tips menjelang pernikahan yang bisa kamu lakukan. Menjaga kesehatan badan dan mental merupakan hal yang terpenting agar kamu tetap dapat dalam kondisi yang prima saat hari bahagiamu.