Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan

Berbicara soal pernikahan, tentu bukan sekedar niat saja. Perlu aksi yang nyata untuk mewujudkan pernikahan yang ideal. Seperti yang kita ketahui, untuk melangsungkan acara pernikahan di butuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika anda ingin melangsungkan acara pesta pernikahan. Biaya pernikahan sebenarnya dapat kita kumpulkan di jauh-jauh hari dengan cara menabung. Dengan begitu, biaya pernikahan dapat terkumpul sebelum acara pernikahan dilangsungkan.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Rincian Biaya Pernikahan

Bagi sebagian orang mungkin masih awam dengan biaya yang perlu di keluarkan untuk menggelar acara pernikahan. Terlebih bagi anda yang baru mempunyai niat untuk menikah dengan pasangan. Jika anda berencana untuk menggelar pernikahan, pada ulasan kali ini parasayu.net akan memberikan rincian biaya pernikahan yang bisa menjadi referensi anda.

  1. Mas Kawin atau Mahar Pernikahan

Salah satu aspek penting dalam acara pernikahan yaitu pemberian mahar pernikahan. Pada umumnya barang mahar pernikahan berupa seperangkat alat ibadah serta logam mulia. Namun di beberapa pernikahan, mahar pernikahan bisa berbentuk lainnya.

Adapun biaya pengeluaran mas kawin yang perlu di persiapkan untuk membeli seperangakat alat ibadah dan logam mulia kurang lebih 10 juta.

  1. Hantaran Pernikahan

Kemudian biaya pernikahan yang harus di persiapkan yaitu membeli barang-barang hantaran pernikahan. Barang hantaran merupakan salah satu aspek persiapan pernikahan penting dalam prosesi pernikahan. Meski tidak wajib, namun pada umumnya masyarakan di Indonesia memberikan barang hantaran kepada calon mempelai wanita.

Untuk biaya yang di butuhkan untuk membeli barang hantaran bisa di sesuaikan dengan anggaran pihak pria. Biasanya untuk anggaran membeli barang seserahan yaitu 5 Juta.

  1. Biaya KUA

Biaya pernikahan yang harus di persiapakan yaitu biaya untuk mengurus berkas-berkas pernikahan di KUA. Jika anda berencana menikah di kantor KUA pada hari kerja, senin sampai jumat tidak dipungut biaya. Namun jika diluar hari kerja, biaya pernikahan dikenakan harga 600 ribu. Belum lagi memberi uang terima kasih kepada penghulu yang menikahkan. Untuk biaya penghulu, biasanya tidak mematok tarif bisa disebut seiklasnya.

Adapun alokasi dana yang harus di persiapakan dalam mengurus berkas ke KUA, uang pernikahan di luar jam kerja dan uang terima kasih ke penghulu bisa di anggarkan sekitar 2 juta.

  1. Tempat dan Dekorasi Perikahan

Selanjutnya anda harus menganggarkan untuk pengeluaran sewa tempat pernikahan dan dekorasinya. Sewa tempat masuk dalam anggaran jika anda berencana untuk menggelar acara pernikahan di gedung pernikahan.

Dalam pemilihan tempat pernikahan dan dekorasi, biasanya ditentukan dengan tema pernikahan yang anda usung. Tempat pernikahan outdoor dan indoor harganya berbeda-beda. Begitupun dengan dekorasinya.

Jika anda berencana menggelar pesta pernikakan di gedung indoor biasaya harga untuk sewanya 8 hingga 15 juta rupiah. Belum lagi dekorasi gedung berkisar di harga 20 juta. Jika di total anggaran yang perlu anda persiapkan untuk sewa gedung dan dekorasinya kurang lebih 30 juta.

  1. Catering

Selanjutnya yaitu anggaran catering. Catering merupakan bagian penting dalam menggelar acara pernikahan. Konsumsi untuk para tamu yang hadir dalam pesta pernikahan tidak bisa di anggap sebelah mata. Untuk itu dalam memilih catering harus selektif dan di sesuaikan dengan jumlah tamu yang akan datang.

Untuk harga catering biasanya dihitung berdasarkan perporsi. Jadi semakin banyak jumlah tamu yang di undang, semakin banyak porsi catering yang di gunakan. Untuk harga catering, biasaya perporsi berkisar 70 hingga 100 ribu.

Jika anda berencana mengundang tamu sekitar 300 undangan, maka anda harus mempersiapkan 600 porsi makanan. Dan jika harga catering di harga 85 ribu maka biaya yang harus anda persiapkan sebesar 51 juta.

  1. Make up Artist dan Busana

Selanjutnya ada anggaran untuk make up artist dan busana pengantin serta keluarga. Agar tampil cantik di hari pernikahan tentu saja anda harus menggunakan rias pengantin yang profesional beserta busana pengantin yang memukau. Kemudian agar serempak, tentu keluarga harus menggunakan busana yang seragam. Oleh karena itu, biaya make up artist dan busana cukup memakan biaya. Adapun untuk biasaya dari hal tersebut yaitu 15 juta.

  1. Undangan Pernikahan

Selanjutnya ada anggaran untuk pembuatan udangan pernikahan. Undangan pernikahan memainkan peranan yang cukup penting untuk memberikan informasi kepada kerabat atau keluarga. Dengan adanya undangan pernikahan, tentu mereka sudah mempersiapkan diri untuk menghadiri pesta pernikahan yang akan diselenggarakan. Adapun anggaran yang harus anda persiapkan dalam membuat undangan pernikahan kurang lebih 1 juta.

  1. Souvenir Pernikahan

Biaya pernikahan yang selanjutnya yaitu biaya untuk membeli souvenir pernikahan. Meski tidak wajib, pemberian souvenir mempunyai makna bahwasannya pihak pengantin mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan. Adapun anggaran yang harus anda persiapkan dalam memberikan souvenir pernikahan kepada tamu kurang lebih 1,5 juta.

  1. Dokumentasi Photography

Pernikahan merupakan momen spesial, sehingga sangat layak untuk di dokumentasikan dengan baik. Agar semua momen terekam dengan baik, anda membutukan videografer beserta dengan photografer. Untuk menggunakan jasa tersebut di butuhkan biaya yang tidak sedikit. Adapun anggaran yang harus anda persiapkan yaitu sekitar 5-8 juta.

  1. Hiburan

Agar suasana pesta pernikahan menjadi lebih meriah, di butuhkan hiburan untuk para tamu yang hadir. Oleh karena itu, kebanyak dari pesta pernikahan selalu menggunakan hiburan untuk menghidupkan suasana. Adapun anggaran yang perlu anda persiapkan untuk mengadakan hiburan yaitu berkisar 5-8 juta.

  1. Pemandu Acara atau MC

Untuk membuat acara pernikahan menjadi lebih tersusun dengan baik, di butuhkan pemandu acara yang handal dalam acara pernikahan. Bisa di katakan MC merupakan bagian penting dalam acara pernikahan. Biasanya anggaran untuk mengundang MC berkisar 2 juta rupiah.

  1. Jasa Wedding Organizer

Selanjutnya anda harus mengaggarkan biaya jasa wedding organizer. Meski tidak wajib, namun peran dari wedding organizer dalam acara pernikahn sangat penting. Wedding organizer dapat mengatur semua acara yang berlangsung sehingga akan lebih tertata dengan baik dan lancar. Adapun anggaran yang harus anda persiapkan untuk menggunakan wedding organizer yaitu 5 juta.

  1. Biaya Charge

Mengapa anda harus menyiapkan anggaran untuk biaya charge? Hal ini di karena jika anda berencana menggelar pernikahan di gedung atau tempat pernikahan dan tidak menggunakan vendor yang tersedia di tempat tersebut, maka pihak pengelola akan memberikan biaya charge.

Adapun biaya charge yang sering di kenakan oleh pengelola tempat pernikahan yaitu catering, dekorasi, hiburan dan photography. Untuk biaya charge juga beragam tidak semua sama. Seperti catering biasanya di kenakan charge 5 juta, dekorasi di kenakan charge 3 juta, hiburan dan photography di kenakan biaya charge masing-masing 2 juta. Jadi jika kita total, anggaran untuk biaya charge sebesar 12 juta.

  1. Biaya Tidak Terduga

Menganggarkan biaya tidak terduga sangat perting. Hal ini harus dilakukan karena dalam prakteknya terkadang apa yang sudah kita susun tidak sesuai dengan renacana. Agar tidak menjadi kendala, untuk itu kita harus menggarkan biaya tidak terduga. Adapun anggaran untuk biaya tidak terduga sekitar 5 juta.

Nah itu dia rincian biaya pernikahan yang harus anda persiapkan. Memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun dengan niat dan tekat yang kuat biaya pernikahan dapat anda kumpulkan sedikit demi sedikit hingga terkumpul sebelum acara pernikahan dilaksanakan.

Jika anda membutuhkan jasa make up artist yang profesional dan berpengalaman, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang profesional dan berpengalaman, tampil cantik di hari bahagia dapat kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.