Tips Supaya Pernikahan Tetap Langgeng Sampai Tua

Setiap pasangan suami istri pasti mencari tips supaya pernikahan tetap langgeng. Pasangan mana yang tidak mau hubungan mereka dapat bertahan sampai tua nanti. Meskipun banyak cobaan yang menghantam dalam pernikahan, suami dan istri tetap menyayangi satu sama lain.

Menjaga rumah tangga untuk tetap harmonis membutuhkan usaha dari pihak suami maupun istri. Kalau kamu bingung cara tetap langgeng bersama pasangan sah, mungkin kamu membutuhkan 7 tips supaya pernikahan tetap langggeng sampai tua berikut ini:

  1. Komunikasi yang Baik

Suatu pernikahan dibangun oleh suami dan istri. Pernikahan baru dapat berjalan dengan lancar jika kedua pasangan bekerja sama. Dalam pernikahan, permasalahan akan lebih kompleks dibandingkan pacaran.

Masalah keuangan, anak, rumah, seksual, dan banyak lagi akan menjadi makanan kalian sehari-hari. Kalian harus dapat memecahkan masalah tersebut berdua.

Satu-satunya cara agar masalah tersebut dapat kalian selesaikan adalah dengan berkomunikasi. Karena itu, komunikasi antara kamu dan pasangan harus berjalan dengan lancar.

  1. Terima Apa Adanya

Saat menikah, semua kebiasaan buruk pasangan akan terlihat. Di antara semua kebiasaannya, pasti ada satu kebiasaan yang membuat kamu sangat jengkel.

Mungkin kebiasaannya tidur mendengkur membuat kamu kesal karena tidak bisa tidur. Jangan memarahi pasangan kamu dan mengubah kebiasaannya tersebut. Terimalah dia apa adanya. Jadikan dia sahabat kamu karena dialah orang yang akan kamu lihat saat membuka mata pada pagi hari dan menutup mata saat malam hari.

  1. Hargai Setiap Perbuatan Kecil

Meskipun terdengar mudah. Namun, menghargai orang lain jarang dilakukan. Kamu juga mungkin sulit menghargai orang lain. Untuk pasangan, kamu harus bisa menghargainya karena dia adalah orang yang akan selalu bersama dirimu saat senang ataupun sedih.

Pasangan pasti melakukan banyak hal untuk menyenangkan kamu, termasuk hal-hal kecil. Contohnya seperti saat suami yang pulang tepat waktu agar dapat malam dengan istrinya. Meskipun perbuatan kecil, kalau kamu menghargai perbuatan tersebut, pasangan pasti akan terus melakukan hal tersebut.

  1. Percaya Komitmen Bersama

Sebelum menikah, kamu dan pasangan pasti memiliki visi, misi, dan komitmen dalam pernikahan. Kalian harus memegang teguh komitmen tersebut karena komitmen yang menjaga kalian untuk tetap bersama.

Jangan selalu berpikir negatif terhadap pasangan. Percayalah kepada pasangan dan jadilah pasangan yang dapat dipercaya.

  1. Jangan Lupa Me Time

Ketika menikah, apalagi saat punya anak, kamu akan sulit mendapatkan waktu untuk bisa sendiri. Hidup kamu akan dikelilingi oleh pasangan dan anak-anak. Namun, jangan memaksakan diri untuk melayani mereka.

Kamu juga butuh waktu untuk me time. Ambillah waktu saat sedang senggang. Misalnya, saat suami sedang kerja dan anak-anak sedang sekolah.

  1. Beri Kejutan Kecil

Kamu tidak harus menunggu hari ulang tahun untuk memberikan kejutan kepada pasangan. Cukup berikan kejutan kecil. Mungkin dengan memasak makanan favoritnya atau mengucapkan kata cinta kalau kamu sudah jarang mengucapkannya.

  1. Berkompromi

Komunikasi dalam pernikahan memang harus lancar. Namun, bukan berarti kamu harus selalu setuju dengan pasangan demi menghindari pertengkaran. Jika ada sesuatu yang tidak kamu senangi, cobalah untuk membicarakannya dengan pasangan.

7 tips supaya pernikahan tetap langgeng sampai tua bisa coba kamu terapkan dalam kehidupan pernikahan kamu. Memang cara di atas akan sulit dilakukan. Namun jika konsisten melakukannya setiap hari, kamu pasti mampu tetap mesra sampai tua dengan pasangan.

pop up mua parasayu 02