Agama Islam merupakan agama yang sangat memberikan kebebasan kepada yang meyakininya. Tidak ada sesuatu hal yang terlalu mengikat bagi kehidupan umatnya. Umatnya dibebaskan untuk melakukan apa saja asalkan sesuai dengan syariat islam yang ada. Hal tersebut juga tidak terlepaskan dari bagaimana seorang muslim dalam berhijab.

Banyak sekali model hijab yang sedang ngetren di kehidupan sekarang ini, terlepas dari sesuai atau tidaknya model hijab yang dipakai dengan syariat islam yang dianjurkan.

Cara Hijab Yang Baik Muslimah

Nah, bagi yang belum tahu, seharusnya bagaimana cara hijab yang baik yang harus dikenakan seorang muslim, mari kita lihat pada ulasan dibawah ini.

  1. Menutup dada

Hijab seorang muslim yang sesuai dengan syariat islam selain harus menutup kepala juga harus menutup dada. Hal tersebut harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menyerang muslim tersebut. Menampakkan dada anda maka takutnya akan mengundang hal-hal negative dari lawan jenis. Kebijakan tersebut juga sudah jelas tertuang dalam ayat al-quran.

Baca Juga : 8 Tips Cantik Ramadhan Agar Penampilan Tetap Terlihat Cantik

Baca Juga : Tips Tampil Cantik Dengan Makeup Natural Wanita Berhijab
  1. Menutup seluruh badan

Selain harus menutup dada, seorang muslim yang akan berhijab sesuai dengan syariat harus berhijab dengan menutup seluruh badan. Dalam hal ini menutup seluruh aurat yang dimiliki oleh seorang wanita. Hijab seorang muslim yang sesuai syariat harus menutup semua badan kecuali wajah dan telapak tangan yang memang bukan menjadi aurat.

  1. Tidak membentuk tubuh

Seorang muslim harus memakai hijab yang tidak membentuk tubuhnya. Larangan tersebut ada karena dengan tujuan agar tidak ada hal-hal negative yang akan muncul sehingga dapat membahayakan wanita.

  1. Bagian bawah tidak menggantung

Yang tidak menjadi aurat seorang wanita adalah wajah dan telapak tangan saja. Maka dari itu, seorang muslim tidak boleh memakai bawahan yang menggantung sehingga dapat memperlihatkan aurat yang dilarang untuk dilihat selain mahramnya.

  1. Tidak menampakkan bagian wajah tertentu

Bagian tubuh seorang muslim yang boleh untuk diperlihatkan adalah wajah dan telapak tangan saja. Berarti anda tidak boleh memperlihatkan leher anda apabila berhijab. Tidak boleh memperlihatkan telinga anda saat berhijab walaupun hanya memperlihatkan anting-anting anda saja. Dan juga anda tidak boleh memperlihatkan rambut anda sekaligus. Apabila sebagian dari wajah anda masih terihat, anda belum berhijab sesuai dengan syariat islam.

Baca Juga : Tampil Cantik Dengan Hijab Syar'i Yang Modern

Baca Juga : 7 Fashion Trend Hijab Untuk Orang Gemuk
  1. Kain yang digunakan tidak tipis

Selian anda dilarang memperlihatkan tubuh anda yang memiliki aurat, anda juga harus memperhatikan bahan dari hijab anda. Apakah bahan hijab anda itu layak untuk digunakan atau tidak. Dalam memilih bahan hijab pilihlah bahan yang tebal, bahan yang tidak tipis dan bahan yang tidak tembus pandang. Apabila anda berhijab dan masih menggunakan bahan yang tidak sesuai maka sama saja, anda tidak menjaga aurat anda, karena dengan bahan yang tipis itu, aurat pada diri anda akan tetap terlihat.

  1. Tidak berhias berlebihan

Apabila model hijab anda sudah sesuai dengan syariat islam, maka anda jangan sekali-kali berhias berlebihan saat anda keluar rumah. Boleh berhias asalkan biasa-biasa saja. Anda tidak boleh berhias berlebihan apabila di depan orang yang bukan menjadi mahram anda.

  1. Tidak membentuk punuk unta

Apabila semua sudah siap, jalan anda jangan sampai , mengundang orang lain yang bukan mahram anda menjadi tertarik dengan anda. Hal tersebut sangat dilarang oleh agama.

Nah, kedelapan hal tersebut cara hijab yang baik agar anda dapat berhijab sesuai dengan syariat islam. Sebenarnya hal-hal yang sangat sederhana yang dapat anda lakukan dengan mudah, akan tetapi sering anda lupakan begitu saja.

Baca Juga : Cara Membuat Hijab Yang Cantik Ala Hijabers Terkenal

Baca Juga : Pancarkan Pesonamu Dengan Tutorial Hijab Segi 4 Ke Pesta