Rambut kamu kering, kusam dan juga rontok? Tentu kamu akan merasa risih dan canggung jika penampilan rambut kamu seperti itu. Nah, langkah apa sih yang harus kamu lakukan untuk perawatan rambut kering kusam dan rontok? Perawatan, yak benar sekali kamu harus melakukan perawatan pada rambut kamu, baik secara alami, tradisional atau modern. Berikut perawatan rambut kering, kusam dan rontok yang dapat kamu ikuti.

  1. Menyisir dan cuci rambut dengan benar

Perawatan yang paling dini yaitu cara dan intensitas menyisir ataupun membersihkan rambut. Menyisir rambut dapat merapikan penataan rambut dan jika kamu takut rontok, gunakan sisir dengan gigi lebar.

Cucilah rambut kamu secara teratur dengan produk sampo yang benar-benar cocok untuk rambut kamu.

Baca Juga : Bigini Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Lidah Buaya Terbaik
  1. Pilih sampo dan condisioner yang tepat

Pilihlah sampo dan condisioner yang tepat untuk kesehatan rambut kamu, sehingga terhindar dari rambut kering dan rusak. Kamu juga perlu memnggunakan condisioner untuk rambut kering, agar dapat lembab dan segar kembali rambutmu.

Manfaat condisioner ini sangat banyak, karena dapat menggantikan minyak alami rambut yang terhambat dalam berproduksi yang menyebabkan rambut kering, kusam bahkan jadi rontok.

  1. Gunakan perasan jeruk nipis

Merawat rambut dengan menggunakan perasan jeruk nipis, hampir sama dengan menggunakan buah alpukat. Air perasan jeruk nipis ini akan merawat rambut kamu yang kering, kasar, dan mudah rontok. Sehingga rambut kamu akan sehat dan kuat lagi.

Siapkan 2-3 buah jeruk nipis, yang disesuaikan dengan panjang pendek rambut kamu. kemudian peras buah jeruk nipis tersebut. Lalu gunakan air perasannya untuk mengoleskan pada seluruh rambut kamu selama 30 menit.

  1. Memakai alpukat

Cara perawatan rambut dengan alpukat inipun cukup mudah. Yaitu dengan lumatkan 1 buah alpukat matang, campur 1 sendok teh minyak jojoba aduk hingga membentuk pasta.

Kemudian gunakan pasta untuk mengkeramasi rambut dari ujung hingga ke pangkal. Tutup dengan shower cap selama 30 menit kemudian keramas lagi dengan air hangat, dan lakukan hal ini secara rutin yaitu 2 kali dalam seminggu. Dengan begitu rambut kamu akan kuat, dan berkilau serta tidak mudah rontok.

  1. Hot Oil treatment

Mengatasi rambut kering, kusam dan rontok ini ada banyak cara, salah satunya cobalah dengan perawatan hot oil atau minyak panas/hangat. Ini cara paling baik untuk mengembalikan rambut sehat kamu, karena dengan hot oil treatment rambut akan lembab kembali dan senantiasa halus dan juga tidak mudah rontok.

Siapkan 2 sendok teh minyak zaitun, minyak jojoba dan minyak almond dan hangatkanlah ketiga minyak tersebut. Setelah hangatnya suam-suam kuku, oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Lalu tutup dengan handuk dan keramasilah kemudian diamkan hingga 30 menit.

  1. Memenuhi asupan vitamin B

Secara alami, rambut yang kering, kusam dan rontok dapat kamu atasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B. selain menjadi solusi rambut kamu, ternyata vitamin B juga dapat menyehatkan rambut loh.

Untuk itu, jangan ragu untuk menambahkan kacang-kacangan, telur, pisang dan lainnya kedalam makanan kamu sehari-hari.

  1. Hindari produk atau alat penata rambut

Penggunaan produk dan alat penata rambut, juga dapat memicu terjadinya rambut rusak. Dimana jika produk dan alat tersebut kamu gunakan secara berlebihan.

Oleh karena itu, gunakan produk-produk dan alat penata rambut sewajarnya saja yah guys, jangan terlalu keseringan karena tidak baik untuk kesehatan rambut.

Itulah 7 bentuk perawatan rambut kering kusam dan rontok secara alami yang bisa kamu lakukan. Perlu kamu imbangi pula untuk tidak terlalu banyak aktivitas yang langsung di bawah sinar matahari.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut

Baca Juga : 3 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Hingga Akar