Rambut merupakan mahkota seorang wanita. Wanita akan terlihat lebih cantik daripada wanita lainnya apabila memiliki rambut yang indah, bersih dan sehat. Tentunya juga tanpa masalah rambut. Untuk mendapatkan itu semua, wanita perlu melakukan perawatan termasuk perawatan rambut rontok kering dan berketombe.

Ketimbang mengeluarkan biaya mahal, untuk perawatan sehari-hari pada rambut rontok, kering dan berketombe kalian dapat melakukan hal-hal sebagai berikut supaya rambut kamu terjaga kesehatan dan kelembutannya.

  1. Memilih shampoo dan kondisioner yang benar

Pemilihan produk shampo dan kondisioner untuk rambut sangatlah penting. Pilih shampoo yang benar-benar sesuai dengan kondisi dan jenis dari rambut yang kamu miliki. Jangan sekali-kali memakai shampoo untuk mengurangi ketombe padahal rambut kamu jenisnya kering, begitu juga sebaliknya.

Pilih juga kondisioner yang cocok pada jenis rambut kalian masing-masing. Pemakaian kondisioner pada rambut dapat memberikan efek rambut akan selalu lembab dan lembut. Mungkin sebagian besar dari kalian jarang menggunakan kondisioner untuk rambut, padahal kondisioner ini dapat berdampak banyak bagi rambut kamu.

Rambut kering dan rontok biasanya disebabkan karena minyak alami rambut tidak berproduksi banyak atau sering terhambat. Oleh karena itu, pemakaian kondisioner sangatlah bermanfaat untuk menciptakan rambut yang sehat sesuai keinginan.

Baca Juga : 6 Perawatan Untuk Rambut Kering Dan Rusak

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Obat
  1. Menyisir rambut dengan benar

Penyisiran pada rambut secara rutin akan berdampak positif bagi rambut kamu. Rambut perlu disisir secara benar dan rutin agar terlihat rapi dan indah. Rambut yang kering dan rontok itu bisa diakibatkan karena kamu jarang menyisir rambut. Rambut yang jarang disisir akan terlihat kusut, kasar dan saat disisir akan rontok.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut kamu Cuma perlu menyisir rambut kamu secara benar dan teratur. Apabila kamu takut rambut kamu akan rontok dalam jumlah yang banyak, kamu bisa menggunakan sisir yang bergigi besar.

  1. Keramas secara teratur

Proses membersihkan rambut secara teratur juga akan berpengaruh baik pada rambut kamu. Kegiatan keramas yang dilakukan secara rutin akan membantu rambut tidak lagi berminyak tapi juga membantu rambut tidak lagi kering dan ketombe akan menghilang.

Keramas akan membersihkan kotoran yang akan merusak rambut sehingga kulit kepala akan sehat dan rambut akan tumbuh secara sehat. Kegiatan keramas juga dapat menolong mengatasi rambut rontok dan berketombe asalkan menggunakan produk shampoo yang benar.

  1. Jangan menggosok rambut

Hal yang tidak boleh kamu lakukan adalah menggosok rambut denagn sembarangan kegiatan dilarang tersebut apabila tetap dilakukan akan menjadikan rambut kamu rusak. Banyak wanita yang sering menggosok rambut terlalu keras pada saat selesai keramas.

Padahal gosokan yang keras pada rambut akan menjadikan rambut kamu kering, kasar dan rontok. Maka dari itu, mulai dari sekarang hindari cara menggosok rambut tersebut, lebih sayangi rambut kamu dengan cara menggosoknya seperlunya saja agar rambut tetap tumbuh dengan baik

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Faktor Keturunan

Baca Juga : 4 Perawatan Rambut Rontok Di Salon Yang Dapat Kamu Lakukan
  1. Penggunaan cuka sari apel

Cuka sari apel lebih terkenal sebagai obat penyakit darah tinggi, jantung dan kolesterol. Padahal cuka sari apel ini dapat digunakan untuk perawatan rambut supaya rambut kamu tidak lagi kering dan rontok. Apabila penggunaanya sesuai dengan langkah-langkah yang dianjurkan.

Kamu cukup menyediakan setengah cangkir cuka sari apel, minyak gandum 1 sendok makan, dan air putih 2 cangkir. Setelah itu campur ketiganya dan oleskan pada rambut kamu tetapi rambut dalam keadaan basah. Setelah kira-kira 10 menit cucilah rambut dengan air biasa sampai bersih.

Kegiatan di atas dapat kamu lakukan secara rutin sebagai perawatan rambut rontok kering dan berketombe agar rambut kamu sehat dan terhindar dari berbagai masalah rambut.