Terkadang bagi sebagian orang bingung bermakeup dengan mempunyai kulit sawo matang. Nah pada kesempatan ini kita akan mengulas makeup natural untuk kulit sawo matang. Kita yang menurut sejarah persebaran manusia dan asal usul nenek moyang adalah keturunan kaum mongoloid, tak bisa dipungkiri bahwa secara fisik kita memiliki perbedaan dengan kaum Kaukasoid. Apalagi kondisi lingkungan dengan iklim subtropis dan wilayah pantai yang jauh lebih besar ketimbang wilayah daratan. Maka tak heran, jika sebagian besar bangsa kita memiliki kulit sawo matang.

Memang bukanlah persoalan apa warna kulit kita. Toh konvensi PBB juga telah menghapus diskriminasi atau perbedaan berdasarkan warna kulit sejak jaman dahulu. Tapi bagaimana soal kecantikan? bangsa kita sepertinya masih beranggapan bahwa cantik adalah memiliki warna kulit putih. Meski demikian, banyak perempuan yang masih pede-pede saja memiliki warna kulit sawo matang. Malah beberapa mampu tampil cantik dengan balutan makeup yang sesuai.

Tampil Cantik dengan makeup Natural Untuk Kulit Sawo Matang

Oleh karena itu, para wanita khususnya yang berkulit sawo matang yang sibuk mencari referensi makeup yang pas untuk dirinya. Tak perlu kawatir lagi. Berikut ulasan lengkap bagaimana makeup natural untuk kulit sawo matang biar tetap cantik dan elegan.

  1. Memilih makeup bagi si kulit sawo matang

Warna kulit sawo matang memang banyak dimiliki oleh orang Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak pencari tips make up untuk kulit sawo matang. Sebenarnya ada banyak keunggulan bagi kamu yang memiliki kulit sawo matang, diantaranya:

  • Memiliki lapisan kulit yang tebal dan tekstur yang lebih kenyal, sehingga tidak mudah terjadi penuaan dini.
  • Kulit sawo matang tahan terhadap sinar matahari, karena banyak mengandung melanin. Sehingga dapat terhindar dari kanker kulit dan radikal bebas.

Karena itu, bagi kamu yang punya kulit sawo matang. Kamu harus pandai memilih make yang bisa menunjang penampilan kulit kamu.

Baca Juga : Langkah Mudah Makeup Natural Untuk Kulit Gelap

Baca Juga : Tips Makeup Sesuai Warna Kulit
  1. Bersihkan dan gunakan pelembab wajah

Sebelum menggunakan makeup selalu ingat bersihkan terlebih dahulu wajah kamu. Setelah itu gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit agar kulit kamu tampak sehat dan juga tidak kering. Tidak ada batasan pelembab seperti apa yang harus digunakan si pemilik kulit warna sawo matang. Yang penting cocok saja untuk jenis kulit kamu.

Penggunaan pelembab ini, akan menghindari kulit yang kering dan juga kotor akibat noda ataupun debu yang menempel pada wajah.

  1. Perhatikan dalam memilih alas bedak

Warna kulit sawo matang harus lebih jeli dan cermat dalam memilih alas bedak. Mengapa? Karena jika tidak begitu warna alas bedak kamu dan warna kulit kamu akan berbenturan, sehingga hasil makeup tidak optimal.

Dalam memilih alas bedak untuk kamu yang berkulit sawo matang, pastikan kamu memilih alas bedak yang memiliki formula ringan dengan warna satu tingkat lebih terang dari warna asli kulit kamu. Gunakan  foundation atau BB cream yang sesuai dengan jenis kulit serta dapat menutupi kekurangan wajah, karena memang foundation sebagai perlengkapan dasar bermakeup.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation dibawah 150 Ribu

Baca Juga : Begini Rahasia Makeup Natural Dirumah Dengan Simple dan Mudah
  1. Gunakan bedak tabur

Bagi kamu yang berkulit sawo matang, menggunakan bedak tabur akan lebih cocok dan pas. Karena jika dibandingkan dengan bedak padat, bedak tabur ini memiliki formula yang lebih ringan sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah.

Penggunaan bedak tabur ini, dapat menutup semua kekurangan pada wajah kamu, sehingga dapat menjadikan wajah kamu terlihat benar-benar sempurna. Biasanya warna beda yang sesuai dengan warna kulit adalah satu tingkat lebih cerah atau satu tingkat lebih gelap. Pokoknya jangan yang sama dengan warna kulit.

  1. Merias bagian mata

Jika kamu yang berkulit sawo matang ingin tampilan makeup yang natural, gunakanlah eyeshadow dengan warna netral dan juga soft. Seperti warna cokelat muda, coklat tua ataupun warna lembut lainnya. Untuk jalan-jalan gunakan eyeshadow natural sedangkan untuk acara formal gunakan dengan teknik smokey eyes.

Jangan lupa tambahkan sedikit eyeliner, agar mata kamu terlihat lebih besar dan menawan, sedangkan untuk melentikkan bulu mata kamu dapat menggunakan maskara.

  1. Merias area pipi

Menggunakan blush on warna cokelat keunguan atau warna pecah yang netral ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki warna kulit sawo matang. Karena warna tersebut dapat menambahk kecantikan wajah kamu dan menjadikan kamu lebih manis.

  1. Gunakan lipstik

Tak lengkap rasanya jika bermakeup tanpa menggunakan lipstik, bahkan ada yang bilang bahwa “The Power Of Gincu” yang artinya kekuatan itu terletak pada Gincu (lipstik).

Dengan lipstik, bibir kamu terlihat sexy loh, tapi jangan sampai salah pilih warna yah. Bagi kamu yang berkulit sawo matang, cocok dengan lipstik  warna merah, coklat dan natural lainnya.

Jadi masihkah kamu berusaha untuk putih hanya untuk tampil cantik? Padahal tampil cantik dengan makeup natural untuk kulit sawo matang bisa kamu lakukan kapan saja.

Baca Juga : Perkembangan Dunia Makeup Dari Masa Ke Masa

Baca Juga : Buat Kalian Yang Ingin Menjadi Makeup Artist, Inilah Cara Menjadi Makeup Artist Yang Profesional