Saat ini kegiatan mempercantik diri dengan makeup sudah merupakan hal biasa yang sering dilakukan oleh para wanita. Namun terkadang kita masih merasa kesulitan dalam menentukan bagaimana makeup yang sesuai untuk jenis warna kulit kita. Karena pada dasarnya warna kulit setiap manusia berbeda-beda. Untuk mendapatkan hasil makeup yang baik diperlukan tips makeup sesuai warna kulit.

Warna kulit manusia pada dasarnya dibagi menjadi 4 jenis warna yaitu kulit putih, kulit gelap, kulit sawo matang dan kulit kuning langsat. Inilah tips makeup sesuai warna kulit kita.

Makeup Sesuai Warna Kulit

  1. Makeup Kulit Putih

Makeup

Tips makeup sesuai warna kulit yang pertama yaitu makeup untuk kulit putih, inilah tips-tipsnya sebagai berikut :

  • Alas Bedak

Untuk kamu pemilik warna kulit putih, pilihlah foundation dengan warna satu tingkat lebih muda dari warna kulitmu. Hal ini untuk menghindari agar hasil makeup terlihat terlalu putih seperti menggunakan topeng. Kemudian gunakan powder atau bedak sesuai dengan warna kulitmu. Baurkan menggunakan brush atau kuas agar hasilnya lebih halus.

  • Mata

Agar tampilan matamu terlihat segar, untuk kamu pemilik kulit putih kamu bisa tidak menggunakan eyeliner. Cukup hiasi matamu dengan eyeshadow dengan nuansa warna cokelat kekuningan. Kamu bisa menambahkan sedikit warna cokelat tua pada bagian sudut mata. Sempurnakan tampilan matamu dengan bulu mata yang bervolume dengan mascara.

  • Pipi

Warna blushon yang cocok untuk kamu pemilik kulit putih yaitu warna pink muda dan warna peach. Sapukan blushon dengan kuas secara membaur merata agar hasil makeup pada pipi terlihat segar dan natural alami.

  • Bibir

Tips makeup sesuai warna kulit untuk pemilik kulit putih yaitu pada riasan bibir gunakan warna lipstik yang bernuansa cerah. Kamu bisa memilih warna merah, warna pink tua atau warna-warna pastel. Kamu bisa menambahkan penggunaan lipgloss dengan warna lebih muda dari warna lipstikmu.

Baca Juga : Tips Cantik Park Shin Hye Yang Dapat Kamu Coba

Baca Juga : Tips Makeup Natural Wajah Bulat Agar Terlihat Cantik
  1. Makeup Kulit Gelap
Makeup

Sumber Gambar : youtube.com

Tips makeup sesuai warna kulit berikutnya yaitu makeup untuk kulit gelap, inilah tips-tipsnya sebagai berikut :

  • Alas Bedak

Untuk kamu pemilik warna kulit gelap, pilihlah foundation dengan warna yang setingkat lebih terang dari warna kulit wajahmu, hal ini untuk menghindari hasil makeup yang terlalu gelap. Pada bagian mata biasanya cenderung lebih gelap, agar hasil makeup terlihat alami hindari penggunaan concealer, cukup gunakan foundation. Selanjutnya gunakan bedak dengan warna yang sesuai dengan warna kulitmu.

  • Mata

Pada bagian mata, gunakan eyeshadow dengan warna bernuansa abu-abu atau silver. Pilihlah eyeshadow yang bergliter untuk hasil makeup yang sempurna. Gunakan eyeliner pada bagian atas mata saja, kemudian tambahkan mascara agar bulu matamu terlihat lebih bervolu

  • Pipi

Untuk tips makeup sesuai warna kulit gelap pada bagian pipi, gunakan perona pipi atau blushon dengan pilihan warna cokelat. Untuk memberi kesan glowing, tambahkan dengan pulasan shimmering powder warna silver atau bronzer pada bagian tulang pipi secara tipis-tipis.

  • Bibir

Gunakanlah warna lipstik yang bernuansa nude seperti warna cokelat atau cokelat muda. Kamu bisa menambahkan penggunaan lipgloss yang mengandung sedikit gliter untuk lebih menghidupkan hasil makeupmu.

Baca Juga : Tips Cantik Memakai Makeup Untuk Pemula

Baca Juga : Tampil Cantik Dengan Trik Makeup Sesuai Bentuk Wajah
  1. Makeup Kulit Sawo Matang
Makeup

Sumber Gambar : instagram.com @angelpieters

Tips makeup sesuai warna kulit selanjutnya yaitu makeup untuk kulit sawo matang, inilah tips-tipsnya sebagai berikut :

  • Alas Bedak

Pilihlah foundation dengan warna satu tingkat lebih gelap dari warna kulitmu. Hindari warna foundation yang terang agar kulitmu tidak terlihat belang. Selanjutnya gunakan powder, pilihlah warna yang sesuai dengan kulitmu. Ratakan dangan kuas untuk hasil yang lebih halus.

  • Mata

Warna eyeshadow yang cocok untuk kamu pemilik kulit sawo matang yaitu warna yang bernuansa cokelat, seperti warna cokelat matte, almond, burgundy dan cooper. Kamu bisa menambahkan shimmer untuk hasil makeup mata terlihat tajam. Untuk menyempurnakan hasil riasan makeup bagian mata kamu bisa menggunakan eyeliner dan mascara.

  • Pipi

Untuk kamu pemilik kulit sawo matang, warna blushon yang cocok kamu gunakan agar terlihat fresh yaitu warna peach, orange dan rose. Untuk kesan makeup yang lebih elegan kamu bisa menggunakan blushon dengan warna bronze.

  • Bibir

Untuk mempercantik bagian bibirmu, gunakan lipstik dengan pilihan seperti warna merah tua, warna cokelat keemasan atau cokelat kemerahan dan warna orange. Jika ingin tampil lebih fresh kamu bisa menggunakan lipstik warna pink dan peach.

Baca Juga : Mau Jadi Makeup Artist? Ini Dia Suka Duka Menjadi Makeup Artist

Baca Juga : Hey Ladies, Inilah 12 Makeup Wajib Punya Untuk Kamu Pencinta Makeup
  1. Makeup Kulit Kuning Langsat

Makeup

Tips makeup sesuai warna kulit yang terakhir yaitu makeup untuk kulit kuning langsat, inilah tips-tipsnya sebagai berikut :

  • Alas Bedak

Untuk tips makeup sesuai warna kulit kuning langsat pada penggunaan foundation pilihlah warna yang kekuningan mendekati warna kulitmu. Kamu bisa mencampurkan beberapa warna foundation kemudian di blend untuk mendapatkan warna foundation yang sesuai dengan kulitmu.

  • Mata

Pilihlah warna eyeshadow seperti warna pink dan beige untuk hasil makeup yang cantik. Kamu bisa menambahkan warna peach kecokelatan di bagian tulang alis. Berikan warna cokelat tua pada area sudut mata. Kemudian gunakan eyeliner dan mascara sebagai penyempurna hasil makeup.

  • Pipi

Untuk kulit kuning langsat kamu dapat mengaplikasikan blushon dengan pilihan warna pink muda atau peach pada pipimu untuk hasil yang terlihat fresh.

  • Bibir

Pada bagian bibir, warna lipstik yang sesuai untuk kulit kuning langsat yaitu warna pink, pink nude dan cokelat. Jika menginginkan kesan seksi kamu bisa menggunakan lipstik warna merah terang. Kamu bisa menambahkan dengan penggunakaan lipgloss transparant atau bening.

Baca Juga : Tips Cantik Hijabers Ala Parasayu

Baca Juga : 7 Perawatan Tubuh Remaja Menggunakan Bahan Alami

Itulah tips makeup sesuai warna kulit yang dapat kita ketahui. Semoga dapat membantu mempermudah pada saat kamu bermakeup.