Usia yang terus beranjak ke kepala empat, menjadikan kita butuh tips cantik di usia 40 tahun sebagai panduan sederhana menjaga kecantikan. Di usia 40 tahun, sudah ada banyak tanda-tanda penuaan muncul di wajah kamu. Mulai dari kulit wajah mengendur, kusam, pori-pori besar, kering, dan noda kecoklatan atau lebih sering disebut dengan bintik hitam. Seiring dengan beranjaknya usia kamu, produksi hormone di dalam tubuh kamu juga mengalami perubahan yang signifikan. Sehingga, kulit kamu jadi lebih rentan akan tanda-tanda penuaan.

Lakukan Tips Cantik di Usia 40 Tahun

Agar terhindar dari beberapa tanda-tanda penuaan tersebut di atas, kamu perlu menjalani serangkaian perawatan yang intens buat kulit wajah kamu. Bukan hanya dengan kosmetik, namun kamu juga perlu konsultasi dengan dokter spesialis. Karena, bukan tidak mungkin kalau di dalam produk kosmetik yang kamu gunakan mengandung zat yang berbahaya.

Zat berbahaya tersebut lebih sering disebut dengan zat aditif. Zat aditif dalam kosmetik bisanya berupa merkuri yang bisa menyebabkan kanker. Untuk menghindari masalah tersebut kamu bisa merawat wajah kamu dengan cara yang alami. Berikut sedikit tips cantik di usia 40 tahun dengan cara alami:

  1. Rajin membersihkan wajah

Kebersihan sangat berpengaruh pada kondisi wajah kamu. Kamu bisa membersihkan wajah kamu hanya dengan produk pembersih biasa. Namun akan tampak berbeda jika kamu membersihkan wajahmu dengan produk pembersih yang mengandung nutrisi komplek seperti anti aging.

Jangan sekali-kali menggunakan produk kosmetik yang banyak mengandung minyak mineral/petroleum. Karena, produk bahan ini bertindak sebagai pembungkus plastik untuk kulit anda. Produk ini juga mencegah kulit anda untuk menyerap nutrisi. Awalnya memang terlihat bagus, tapi lama-kelamaan efek negatif muncul pada kulit wajah. Kamu bisa membersihkan wajah sebelum kamu tidur, terutama membersihkan sisa make up kamu.

Baca Juga : Tips Cantik Ala Citra Kirana
  1. Gunakan masker alami

Masker sangat bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit kamu. Karena masker bisa merangsang pertumbuhan kolagen yang membuat kulit wajah tetap elastis. Ada banyak pilihan bahan yang bisa digunakan untuk masker dengan manfaat masing-masing bahan yang berbeda pula. Pilihan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Bahkan kamu bisa membuat masker dari buah alpukat yang mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kekencangan dan kecantikan kulit, buah pisang  yang mampu mencegah keriput, tomat yang mampu mencegah keriput, kulit semangka yang bisa menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah, buah nanas yang mengandung vitamin C, atau madu dan mentimun yang mampu mencegah kulit keriput.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih adalah obat untuk segala macam penyakit. Karena air memberikan efek yang baik untuk tubuh. Terutama untuk kekencangan kulit. Agar tetap terlihat kencang kulit wajah kamu, minumlah air hangat saat bangun tidur secara teratur. Hal ini akan membantu dalam penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Air putih yang cukup juga akan menjaga tingkat elastisitas kulit. Kulit yang kekurangan air, akan terlihat kendor. Kamu bisa mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari.

  1. Olahraga teratur

Usia 40 tahun adalah usia di mana biasanya kamu mulai malas untuk beraktifitas, dan mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena adanya penurunan kerja dari system metabolism tubuh. Maka, untuk tetap terlihat cantik, paksakan tubuh kamu untuk beraktivitas ringan. Mulai dari berolahraga ringan seperti jogging. Karena kamu akan mendapatkan manfaatnya seperti kulit yang terlihat segar dari dalam dan juga dari luar.

Selain dengan tetap menjaga olahraga, tak ada salahnya juga kalau tetap mejaga kondisi tubuh dengan beristirahat cukup. Hindari aktivitas malam seperti begadang. Karena hal ini bisa menurunkan system kerja saraf dan otot. Maka jagalah istirahat kamu.

Tips cantik di usia 40 tahun di atas, akan lebih sempurna jika kamu kombinasikan dengan dua hal. Pertama; kombinasikan dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup. Kedua; kombinasikan dengan pikiran yang selalu positif. Ingat, pikiran yang sehat tercermin dari wajah yang berseri.

Baca Juga : Kenali Jenis-Jenis Kulit Wajah Agar Mudah Merawat Wajah

Baca Juga : Tips Gak Cantik Tapi Menarik