9 Tips Mengadakan Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Sebelum melangsungkan pernikahan, biasanya prosesi di awali dengan acara lamaran. Acara lamaran merupakan pertemuan dua keluarga dari pihak wanita dan pria secara formal. Dalam pertemuan ini selain bersilaturahmi, kedua keluarga akan mendiskusikan mengenai hubungan dari kedua anak mereka. Acara lamaran, biasanya di lakukan tempat wanita, baik itu  di rumah ataupun di restoran. Tuan rumah dari acara lamaran ini biasanya adalah pihak wanita. Bagi anda yang sedang mempersiapakan acara lamaran sederhana di rumah, berikut ini parasayu akan memberikan tips dalam menggelar acara lamaran di rumah agar lancar dan berkesan.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Melangsungkan acara lamaran di rumah merupakan pilihan yang tepat untuk menghemat biaya pengeluaran. Selain menyiapkan susunan acara lamaran dengan baik, persiapan lainnya juga harus di persiapakan dengan matang agar acara dapat berjalan dengan lancar. Jika anda berencana melangsungkan acara lamaran sederhana di rumah, berikut tips yang dapat anda lakukan agar acara lamaran dapat berjalan dengan lancar dan baik.

  1. Siapkan susunan acara yang tepat

Agar acara lamaran dapat bejalan dengan lancar maka di butuhkan susunan acara lamaran yang sesuai dan tepat. Susunan acara harus kita persipakan sebelum hari lamaran di lakukan. Dengan begitu, langkah-langkah di acara lamaran sudah kita tentukan dari awal hingga akhir. Sehingga acara lamaran sederhana dapat berjalan dengan lancar.

  1. Tentukan pemandu acara lamaran

Setelah kita membuat susunan acara lamaran, tentu kita membutuhkan pemandu acara. Pemandu acara sangat penting dalam pemandu prosesi acara lamaran. MC dapat menuntun acara dengan baik dan rapih. Sehingga acara dapat berlangsung sesuai dengan apa yang di harapkan.

  1. Menentukan pihak pembicara keluarga

Dalam acara lamaran, tentu kedua belah pihak akan berdiskusi mengenai kelanjutan hubungan dari kedua anak mereka. Tidak semua orang mampu sebagai pembicara dari pihak keluarga. Untuk itu, sebelum acara lamaran di lakukan, baiknya kita menentukan pihak keluarga yang akan berbicara di acara lamaran tersebut.

  1. Mengundang kerabat terdekat

Mengadakan acara lamaran sederhana di rumah tentu banyak hal yang terbatas. Berbeda jika kita melakukan acara lamaran di restoran atau tempat lainnya. Dari ruangan yang terbatas serta biaya yang terbatas, merupakan kendala yang harus di carikan solusinya. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengundang kerabat terdekat saja.

  1. Pastikan sound system dapat berjalan dengan baik

Meskipun acara sederhana, namun sound system mempunyai peranan penting agar pada pertemuan tersebut komunikasi dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sound system harus di persiapkan dengan baik. Untuk meminimalisir gangguan, kita dapat mengecek sound system sebelum acara lamaran di mulai. Sehingga jika terdapat masalah, dapat segera di perbaiki sebelum acara di laksanakan.

  1. Gunakan dekorasi yang sederhana

Sepertinya kurang lengkap jika pada acara lamaran tidak ada dekorasi. Meski acara lamaran sederhana di rumah, namun kita juga dapat mempercantik tempat tersebut dengan dekorasi. Tidak perlu dengan dekor yang mewah, cukup dekorasi sederhana saja. Anda dapat mendekorasi sendiri atau jika anda tidak bisa, anda dapat menggunakan jasa dekorasi. Untuk biaya dekorasi sederhana di rumah, biasanya tidak membutuhkan biaya yang mahal.

  1. Gunakan teman atau kerabat sebagai tim dokumentasi

Acara lamaran merupakan salah satu prosesi yang sakral. Oleh karena itu, pada momen lamaran sangat layak untuk di dokumentasikan. Seperti yang kita ketahui, jika kita menggunakan photographer profesional maka biayanya akan sangat mahal. Adapun solusi untuk menghemat biaya yaitu dengan meminta kerabat atau teman untuk mendokumentasikan acara lamaran tersebut.

  1. Masak sendiri untuk jamuan acara lamaran

Pada acara lamaran, tentu akan ada sesi ramah tamah. Jika anda menggunakan catering, tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat memasak sendiri di rumah. Anda dapat meminta bantuan kepada kerabat atau tetangga anda dalam proses memasaknya. Hal ini dapat menghemat biaya dalam membuat makanan.

  1. Gunakan teman atau kerabat sebagai tim kebersihan

Dalam membuat acara lamaran sederhana di rumah tentu membutuhkan tenaga yang extra. Setelah acara coffee break atau ramah tamah, tentu banyak gelas dan piring kotor berserakan. Hal ini tentunya membuat suasa acara lamaran menjadi tidak sedap di pandang mata. Solusi agar semua dapat terlihat bersih dan rapih yaitu dengan cepat membersihkan gelas dan piring kotor tersebut.

Saat acara sedang berlangsung tentu pihak keluarga tidak bisa melakukan itu. Oleh karena itu, kita membutuhkan tenaga lain untuk merapihkan hal tersebut. Solusinya yaitu dengan membuat tim kebersihan untuk merapihkan benda yang kotor tersebut. Tim kebersihan tersebut dapat kita bentuk dengan meminta tolong kerabat atau teman.

Nah itu dia beberapa tips mengadakan acara lamaran sederhana di rumah. Meskipun acara sederhana, dengan persiapan yang baik tentu acara lamaran akan berjalan lancar dan berkesan.

Bagi anda yang sedang mencari MUA untuk acara lamaran dan pernikahan, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias di acara lamaran dan pernikahan. Dengan MUA yang profesional dan berpengalaman, tentu tampil cantik di hari bahagia dapat kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.