Cara Membaca Alquran dengan Lancar dan Benar

Belajar Alquran meliputi cara baca dan makanya adalah salah satu kegiatan ibadah yang jika dilakukan akan mendapatkan ganjaran berupa pahala dari Allah SWT. Kegiatan membaca al-qur’an di Indonesia biasa disebut dengan mengaji. Tidak hanya kepada yang sudah lancar membaca, pahala juga mengalir bagi siapapun yang mempelajarinya. Nah untuk anda para pemula yang ingin belajar, berikut beberapa tips cara membaca alquran dengan lancar dan benar.

Pertanyaan Seputar Membaca Al-Qur’an

  1. Bagaimana hukum membaca Al-qur’an tanpa wudhu?

Menurut mayoritas ulama (terutama penganut madzab Imam Malik dan Syafi’i) berpendapat bahwa diperbolehkan membawa Al-qur’an dalam keadaan tidak wudhu, sedang haid atau nifas selama tidak memegangnya secara langsung (diberi alas). Namun untuk membaca tetap tidak diperbolehkan.

  1. Bagaimana hukum menyimpan aplikasi Al-qur’an di ponsel?

Boleh-boleh saja karena dapat memudahkan anda ketika ingin membacanya. Namun anda diharapkan berhati-hati apabila memasuki tempat tempat tertentu seperti kamar mandi karena bisa mengurangi sikap hormat kita terhadap kitab suci al-qur’an.

  1. Bagaimana hukum membaca al-qur’an tanpa tahu maknanya?

Siapapun yang membaca Al-qur’an akan dinilai sebagai ibadah dan mendapatkan pahala meskipun anda tidak mengetahui artinya. Namun jika anda berusaha belajar untuk mentadabburi al-qur’an, tentu pahala yang anda dapat akan semakin besar.

  1. Mengapa membaca al-qur’an tidak diwajibkan bagi setiap muslim?

Membaca al-qur’an merupakan bagian dari kegiatan ibadah dan banyak diyakini para fuqaha sebagai sunnah namun untuk urusan mengimani dan mengamalkan petunjuk dalam al-qur’an adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim.

  1. Bagaimana cara membaca alquran dengan lancar dan benar?

Untuk menjawab pertanyaan ini, simak penjelasannya berikut.

Cara Membaca Al-Qur’an bagi Pemula

  1. Menghafal Huruf Hijaiyah

Seperti saat belajar membaca pada umumnya, untuk bisa membaca al-qur’an dengan lancar dan benar anda harus menghafal huruf hijaiyah terlebih dahulu. Huruf hijaiyah adalah huruf arab yang digunakan sebagai bahasa Al-qur’an. Terdapat 29 huruf hijaiyah yang wajib anda hafalkan.

  1. Memahami Tanda Baca (Harakat)

Setelah mempelajari huruf hijaiyah, langkah selanjutnya untuk belajar al-qur’an adalah dengan mengenal tanda baca yang ada dalam bahasa arab. Tanda baca ini disebut dengan harakat dan berfungsi untuk menentukan pengucapan (seperti huruf vokal a, i, u, e, o) dalam kata bahasa arab.

  1. Mempelajari Tajwid

Ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari cara membunyikan huruf, panjang pendeknya huruf, dan memberikan penekanan pada huruf tertentu. Ada 12 hukum utama bacaan tajwid yang wajib anda ketahui. Hukum tersebut terbagi atas hukum nun mati atau tanwin, hukum mim mati, hukum idgham dan hukum mad.

  1. Belajar dari Surat Pendek

Pelajarilah membaca al-qur’an dari sesuatu yang mudah misalnya dari membaca dan menghafalkan surat pendek. Selain untuk belajar, menghafalkan surat-surat pendek juga penting karena anda bisa mengamalkannya ketika sholat.

  1. Belajar dari Ahlinya

Mempelajari ilmu apapun haruslah dari guru yang ahli dan terpercaya sanadnya, agar anda tidak terjerumus dalam kesalahan dan kesesatan. Belajar dari seorang guru juga akan membuat anda lebih fokus dan terjadwal.

  1. Konsisten

Buatlah jadwal untuk membaca al-qur’an agar anda konsisten membaca al-qur’an. Terapkan tiada hari tanpa membaca al-qur’an. Semakin sering anda membaca al-qur’an, maka semakin cepat anda bisa lancar membaca al-qur’an.

  1. Bersungguh-sungguh

Belajar membaca al-qur’an harus dilakukan dengan bersungguh sungguh, rutin dan tidak mudah berputus asa. Jangan lupa bahwa pahala selalu mengalir bagi siapapun yang belajar membaca al-qur’an.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara membaca alquran dengan lancar dan benar terutama bagi anda para pemula. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Selamat belajar dan semoga langkah belajar anda selalu diridhoi Allah SWT.

mua parasayu