Cara Cepat Bisa Baca Alquran untuk Pemula

Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup umatnya. Setiap umat islam yang membaca al-qur’an akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Tidak hanya bagi umat yang sudah lancar membacanya, pahala juga akan mengalir bagi siapapun yang belajar alquran. Nah untuk anda yang ingin cepat lancar membaca al-qur’an, simak cara cepat bisa baca alquran untuk pemula berikut ini.

Cara Cepat Bisa Baca Alquran

Segala sesuatu memang membutuhkan proses, termasuk dalam belajar membaca alqur’an. Namun ada beberapa cara cepat bisa baca al-qur’an yang bisa anda coba.

  1. Mempelajari dan Menghafal Huruf-Huruf Hijaiyah

Cara cepat bisa baca al-qur’an yang pertama adalah mempelajari sekaligus menghafal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah merupakan huruf bahasa arab yang menjadi bahasa asli al-qur’an, tidak bisa diubah dan anda wajib mempelajarinya dengan benar. Huruf hijaiyah terdiri atas 29 huruf mulai dari alif hingga ya’.

  1. Mengetahui Tanda Baca dalam Al-Qur’an

Setelah mempelajari huruf hijaiyah, anda juga harus mempelajari tanda baca yang ada dalam bahasa Arab. Tanda baca ini disebut dengan harakat dan berfungsi untuk menentukan pengucapan (seperti huruf vokal a, i dan u) dalam kata bahasa arab. Terdapat 3 harakat utama dan turunannya dalam bahasa Arab yaitu fathah (pengucapan A), kasrah (pengucapan I) dan dhammah (pengucapan U). Ada juga harakat turunan yaitu fathahtain (pengucapan AN), kasrahtain (pengucapan IN), dan dhammahtain (pengucapan UN).

  1. Menguasai Hukum Tajwid

Cara cepat bisa baca al-qur’an selanjutnya adalah dengan menguasai ilmu tajwid. Tajwid wajib anda pelajari agar anda tahu cara membunyikan huruf, panjang pendek huruf dan memberikan penekanan pada huruf tertentu dengan cara yang tepat. Ada 12 hukum bacaan tajwid yang wajib anda pelajari. Hukum tersebut terbagi atas hukum nun mati atau tanwin, hukum mim mati, hukum idgham dan hukum mad.

  1. Memilih Guru Mengaji

Dalam belajar membaca al-qur’an, anda harus memiliki guru agar anda bisa mendapatkan pengarahan dalam membaca al-qur’an dengan benar. Carilah guru yang fasih membaca al-qur’an, terutama orang yang memang sudah ahli dalam bidangnya. Anda juga harus memilah guru mengaji anda memiliki sanad ilmu yang jelas, yang mengantarkan anda pada ulama’ terpercaya. Selain itu, jika anda mendengar atau mempelajari al-qur’an melalui media lain seperti youtube atau sosial media, anda juga harus memastikan video tersebut dibuat oleh orang terpercaya agar anda tidak tersesat. Adanya guru juga akan membuat anda lebih konsisten dalam belajar baca al-qur’an.

  1. Bersungguh-sungguh dan Mempelajari Arti Al-Qur’an

Ketika anda belajar baca al-qur’an, anda harus konsisten dan selalu bersungguh sungguh dalam mempelajarinya. Tiada hari tanpa membaca al-qur’an harus anda terapkan dalam hidup anda, sehingga anda harus terus berlatih agar terbiasa membaca al-qur’an. Selain berlatih dengan membaca, anda juga bisa belajar baca al-qur’an dengan mendengarkan bacaan-bacaan al-qur’an, melihat video qira’ah serta menghadiri pengajian. Agar anda lebih bersemangat dalam belajar membaca al-qur’an, anda juga harus mempelajari isi, arti dan kandungan al-qur’an. Anda bisa mendapatkan pelajaran dari setiap ayat al-qur’an yang anda baca.

Demikian uraian lengkap tentang cara cepat bisa baca alquran terutama bagi anda para pemula. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam memulai mempelajari al-qur’an. Semoga anda selalu istiqomah dan berikhtiar untuk mempelajari al-qur’an dengan baik dan benar. Tetap semangat dan selamat belajar!

mua parasayu