Manfaat Donor Darah Menurut Islam

Donor darah adalah salah satu kegiatan sosial yang bisa menolong banyak manusia. Darah yang sobat Parasayu donorkan suatu saat akan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan transfusi darah. Tidak hanya menolong orang lain, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah artikel berikut akan membahas manfaat donor darah menurut islam. Check this out!

Donor Darah Menurut Islam

Donor darah pada dasarnya adalah tindakan pengambilan darah dalam jumlah tertentu yang nantinya akan diberikan kepada orang lain yang membutuhkan darah tersebut. Bagaimana islam memandang kegiatan donor darah ini?

Donor darah diperbolehkan dalam islam dan justru dianjurkan karena termasuk dalam kegiatan tolong menolong sesama manusia. Namun tentunya, donor darah hendaknya dilakukan atas syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan petugas kesehatan. Donor darah juga harus dilakukan secara sukarela dan kegiatan tersebut tidak akan membahayakan nyawa pendonor.

Ketika mendonorkan darah, anda tidak akan tahu kapan dan kepada siapa darah anda nantinya akan didonorkan. Hal ini bisa dianggap sebagai kebaikan tolong menolong secara anonim dan sejalan dengan sabda Rasulullah SAW:

مَنْ نَصَرَ أَخَاهُ بِظَهْرِ الْغَيْبِ نَصَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Yang artinya : “Barang siapa menolong saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, maka Allah akan menolongnya di dunia dan di akhirat” (Sunan Baihaqi Kabir No. 17130)

Jadi, menurut islam, donor darah akan mendatangkan banyak pahala tolong menolong bagi anda. belum lagi manfaat kesehatan yang anda dapatkan jika anda rutin melakukan donor darah. Apa saja? Simak penjelasannya berikut.

Manfaat Donor Darah

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut banyak ahli, orang yang rutin melakukan donor darah cenderung memiliki risiko penyakit kolesterol yang rendah. Mengapa? Karena setiap anda mendonorkan darah, kolesterol akan ikut luruh dan produksi darah anda yang baru tidak mungkin mengandung kolesterol (kecuali jika sudah anda masuki makanan penyebab kolesterol).

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Selain menurunkan kadar kolesterol, donor darah secara rutin akan menurunkan risiko kanker karena tubuh anda akan selalu memproduksi darah baru. Beberapa risiko kanker yang bisa dikurangi dengan melakukan donor darah rutin adalah kanker hati, kanker paru-paru, kanker usus besar dan kanker tenggorokan).

  1. Membakar Kalori

Melakukan donor darah secara rutin juga akan membakar kalori anda. penelitian menyebutkan, setiap anda mendonorkan 450 ml darah, kalori anda akan hilang sebanyak 650 kalori.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dengan melakukan donor darah, sirkulasi darah dalam tubuh anda akan lebih baik. Jantung anda pun dinilai lebih sehat karena terus menerus memompa darah. Hal ini akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Produksi Darah

Donor darah juga akan selalu memacu tubuh anda untuk memproduksi sel darah baru. Hal ini selain menyegarkan badan, juga menyehatkan karena tubuh.

  1. Mengurangi Stress

Dengan mendonorkan darah, anda akan merasa lebih bahagia dan mengurangi stress. Mengapa bisa begitu? Pikirkan bahwa setiap anda mendonorkan darah, anda akan menyelamatkan satu nyawa atau lebih diluar sana. Bukankah hal itu membahagiakan?

  1. Mengurangi Kelebihan Zat Besi

Kelebihan zat besi akan membuat risiko terkena penyakit diabetes lebih besar. Dengan melakukan donor darah, anda akan mengurangi kadar zat besi yang ada dalam tubuh anda.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai manfaat donor darah menurut islam. Setelah mengetahui semua manfaatnya, masihkah anda ragu untuk melakukan donor darah?

mua parasayu