8 Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian Ilmiah

Bagi Anda yang sedang duduk di bangku kuliah atau sedang menempuh semester akhir pasti sudah tidak asing mendengar istilah proposal penelitian, karya ilmiah, atau skripsi. Ketiga istilah tersebut memang identik dengan mahasiswa. Ibaratnya, membuat proposal penelitian sudah menjadi makanan sehari-hari yang wajib dikonsumsi oleh para mahasiswa. Meski begitu, masih saja ada mahasiswa yang kesulitan saat disuruh membuat proposal penelitian, terutama menulis bagian di kata pengantar proposal penelitian yang sedikit mirip dengan kata pengantar makalah. Dan mungkin saja Anda begitu. Jika iya, mari simak contoh menulis kata pengantar untuk proposal penelitian berikut ini!

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Skripsi

Mahasiswa tingkat akhir pasti diwajibkan untuk menggarap skripsi. Skripsi sudah menjadi tiket khusus yang harus digarap para mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun, menulis skripsi ternyata tidak segampang itu. Masih banyak mahasiswa yang salah menulis skripsi terutama saat menulis bagian kata pengantarnya. Makanya, perbanyak referensi Anda agar tidak keliru saat menulis kata pengantar di skripsi.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Tesis

Sama seperti skripsi, penulisan proposal tesis adalah tiket khusus yang wajib digarap oleh para mahasiswa untuk mendapatkan gelar magister. Akan tetapi, tak jarang penulisannya masih salah dan tidak sesuai dengan sistematika penulisan tesis. Meski kelihatannya sederhana, menulis kata pengantar juga harus sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Penelitian

Berbeda dengan kata pengantar untuk skripsi dan tesis, menulis kata pengantar di proposal penelitian harus menyematkan tujuan Anda saat melakukan penelitian di tempat tersebut. Untuk selebihnya, Anda bisa menambahkan modifikasi kata pengantar yang pernah Anda pakai di proposal skripsi atau tesis.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Disertasi

Jenis kata pengantar yang dipakai di proposal disertasi sebenarnya hampir mirip dengan kata pengantar di proposal skripsi dan tesis. Selain karena sama-sama untuk syarat kelulusan dan mendapat gelar, penulisan proposal disertasi ini juga bisa digunakan sebagai bahan penelitian dan studi kasus. Maka dari itu, saat menulis kata pengantar di proposal disertasi, usahakan menulisnya dengan baik dan benar.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Kegiatan

Dibandingkan yang lainnya, penulisan kata pengantar untuk proposal kegiatan memang lebih sederhana dan tidak terikat pada sistematika yang rumit. Meski begitu, jangan remehkan tata bahasa dan struktur tulisan di kata pengantar proposal kegiatan yang Anda buat.

  1. Kata Pengantar untuk Laporan Praktikum

Setiap kali Anda selesai melakukan praktikum, Anda pasti diwajibkan menulis laporan sebagai bahan pertanggungjawaban Anda ke pihak atau tempat Anda melakukan praktikum. Sebaiknya, jangan menulis laporannya secara asal-asalan, apalagi di bagian kata pengantar. Buatlah kata pengantar yang baik dan sesuai dengan kaidah laporan praktikum.

  1. Kata Pengantar untuk Karya Ilmiah

Kata pengantar yang digunakan di karya ilmiah hampir sama dengan kata pengantar yang digunakan di proposal penelitian. Jika Anda pernah menulis kata pengantar di proposal tersebut, Anda bisa gunakan kata pengantar tersebut sebagai referensi.

  1. Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Beginilah contoh menulis kata pengantar proposal penelitian yang baik dan benar, serta sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Tuhan YME, karena telah melimpahkan  rahmat dan anugerah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian skripsi dengan judul “…………………………..” untuk memenuhi syarat mendapat gelar Sarjana Ekonomi di ……………………..

Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

  1. Bapak ……………
  2. Ibu ………………..
  3. ……………….

Penulisan skripsi ini jauh dari kesempurnaan. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penelitian selanjutnya.

Malang, 10 Februari 2019

Penulis

pop up mua parasayu 02