20 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Efektif

Kehilangan fokus karena mengantuk di tengah mengerjakan sesuatu memang menjengkelkan. Meskipun mengantuk merupakan respon wajar dari tubuh yang lelah, tentunya hal ini akan mengganggu apabila anda masih memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan. Nah untuk anda yang sering mengantuk, simak artikel berikut untuk mengetahui 20 cara menghilangkan ngantuk yang efektif.

Cara menghilangkan ngantuk

Beberapa cara berikut dianggap ampuh untuk membunuh rasa kantuk yang melanda.

  1. Minum Air Putih Dingin

Meminum air putih tidak hanya menyegarkan tenggorokan namun juga menyegarkan otak agar kembali fokus dan konsentrasi saat bekerja. Meminum air putih juga dapat menambah kadar oksigen dalam tubuh. Ingat, jangan meminum air putih yang hangat. Air putih hangat cenderung membuat tubuh rileks sehingga anda akan semakin mengantuk.

  1. Mencuci Muka

Selain diminum, air putih juga bisa digunakan untuk cuci muka sebagai salah satu cara menghilangkan ngantuk. Untuk anda para pekerja yang takut make upnya terhapus, jangan khawatir karena sekarang terdapat berbagai merek water spray atau face mist yang bisa anda semprotkan ke wajah ketika mengantuk.

  1. Melakukan Stretching

Stretching atau peregangan merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk yang efektif. Anda bisa melakukan stretching sederhana diatas kursi kerja anda dengan merentangkan tangan, memutar leher dan memutar badan masing-masing ke kiri dan ke kanan secara bergantian.

  1. Minum Kafein

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini merupakan cara yang paling banyak digunakan pekerja. Meminum minuman berkafein tinggi memang efektif untuk menghilangkan kantk. Namun anda juga harus memperhatikan kadar kafeinnya ya, jangan sampai tubuh anda justru sakit karena tidak kuat mencerna kafein.

  1. Pindah ke Ruangan Terang

Bekerja di ruangan yang gelap membuat mata bekerja lebih ekstra untuk melihat, membaca atau mengerjakan sesuatu. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mengantuk. Maka dari itu, pindah ke ruangan yang terang ketika mata anda mulai mengantuk.

  1. Mengobrol dengan Teman

Mengobrol juga bisa dijadikan cara menghilangkan ngantuk. Selain dapat menghilangkan kantuk, mengobrol juga bisa meningkatkan mood anda sehingga bisa bekerja dengan lebih ceria. Lakukan obrolan ringan yang menyenangkan, tapi jangan sampai keasyikan mengobrol hingga melupakan pekerjaan ya.

  1. Makan Siang yang Ringan dan Sehat

Ternyata menu makan siang juga bisa berpengaruh pada kantuk loh. Jika anda sudah merasa mengantuk di siang hari, jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu berat. Lengkapi makan siang anda dengan sayuran dan jus buah agar tubuh anda kembali segar.

  1. Mengistirahatkan Mata

Mengantuk bisa jadi terjadi karena mata anda terlalu lelah menatap gadget atau layar komputer. Maka, jika anda mulai mengantuk anda bisa mengalihkan perhatian anda dari layar komputer dengan melihat suasana yang lain. Anda bisa melihat pemandangan di jendela, membuka foto album, melihat tanaman hijau dan masih banyak lagi.

  1. Mendengarkan Musik

Senang mendengarkan musik? Maka Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini pasti membantu. Coba buka playlist lagu anda dan mainkan sambil bekerja. Pilih musik bertempo cepat yang membangkitkan semangat dalam diri anda. Anda bisa memilih genre rock, hip hop atau dance yang anda suka. Hindari lagu-lagu mellow atau lagu dengan nuansa suara alam yang membuat anda semakin mengantuk.

  1. Tidak Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak banyak berubah dapat menjadikan kantuk makin parah. Hal ini kerap kali dialami oleh pekerja kantoran yang harus duduk lama didepan layar komputer. Sekali-kali, anda perlu berdiri dan duduk kembali atau anda juga bisa berjalan jalan sejenak mungkin untuk ke kamar mandi atau ke pantry untuk mengambil minuman.

  1. Melatih Pernafasan

Menghirup udara segar dan melatih pernafasan juga ampuh untuk menghilangkan kantuk loh. Cobalah untuk membuka jendela ruangan atau pergi ke lantai paling atas gedung untuk menghirup udara segar. Jika tidak memungkinkan, anda bisa melakukan latihan pernapasan dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskannya perlahan. Selain menghilangkan kantuk, cara ini juga membuat kadar oksigen di tubuh lebih banyak dan tubuh menjadi lebih tenang.

  1. Menghirup Minyak Angin

Menghirup minyak angin atau sesuatu yang beraroma tajam mungkin bisa membantu. Aroma aroma seperti lemon, mint atau kayu putih terbukti membuat badan lebih segar dan mata menjadi lebih melek. Untuk lebih efektifnya, anda bisa mengoleskan minyak tersebut pada bagian pojok dahi anda.

  1. Memakan Camilan Ringan yang Renyah

Memakan camilan ringan yang renyah juga bisa membantu anda mengalihkan diri dari rasa kantuk. Anda bisa memilih jenis cemilan seperti kerupuk atau keripik. Anda juga bisa memakan makanan ringan yang pedas untuk mengurangi rasa kantuk. Jangan keasyikan ngemil sampai anda kenyang ya, karena perut yang kenyang akan membuat anda semakin mengantuk.

  1. Memakan Buah Segar

Memakan buah yangs egar dan kaya air seperti semangka dan jeruk juga efektif untuk mengusir rasa kantuk. Apalagi jika buah tersebut berasa masam. Wah, selain enak juga bisa menghilangkan kantuk ya.

  1. Mengunyah Permen Karet

Cara menghilangkan ngantuk lain yang juga efektif adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet akan membuat anda terus melakukan aktivitas sehingga mengurangi kantuk. Hal ini juga dapat meningkatkan konsentrasi untuk bekerja. Sebaiknya, pilih permen karet dengan rasa tajam seperti mint, menthol atau citrus seperti lemon dan jeruk.

  1. Mengganti Aktivitas

Mengantuk juga bisa diakibatkan kegiatan yang terus berulang. Cobalah untuk mengganti aktivitas anda menjadi hal lain yang berbeda. Misalnya jika anda sedang mengetik, cobalah untuk menghentikan dulu dan mulai menandatangani berkas lain. Atau jika anda sedang menganalisis data, cobalah berhenti dan lakukan hal lain seperti menyortis kertas kotor, membuang sampah atau hal lainnya.

  1. Berjemur

Jika anda mengantuk di siang hari, cobalah untuk keluar dan menyapa sinar matahari. Tidak perlu terlalu lama, cukup lakukan 5-10 menit saja untuk berjemur menghilangkan kantuk.

  1. Naikkan Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang sejuk dapat membuat tubuh terasa nyaman dan rileks sehingga membuat anda mudah mengantuk. Untuk itu, naikkan suhu ruangan menjadi agak hangat pada sekitar 23o C. Jika anda menggunakan kipas angin, jangan hadapkan kipas tersebut ke arah anda. Pantulkan ke arah dinding atau kearah atas sehingga anda tidak terlalu terkena anginnya.

  1. Menonton Video Lucu

Menonton video lucu yang membuat tertawa ternyata ampuh untuk menghilangkan kantuk loh. Dengan tertawa, kadar oksitosin pada tubuh akan meningkat dan sebaliknya, kadar kortisol juga akan menurun sehingga anda akan merasa segar kembali. Jika anda memang tidak menyukai video lucu, cobalah cari tontonan lain yang bisa emmbuat anda tertawa.

  1. Tidur Sejenak

Pada dasarnya, cara menghilangkan ngantuk yang paling dasar adalah tidur. Dengan tidur, otak dan mata akan beristirahat sejenak dari aktifitas anda. Namun dalam hal ini bukan tidur 8 jam pada umumnya ya, lakukan tidur sejenak selama 15 menit – 1 jam hingga kantuk anda hilang.

Demikian artikel lengkap mengenai 20 Cara menghilangkan ngantuk yang Efektif. Jika kamu sedang program penggemukan badan agar lebih berisi, ada baiknya kamu membaca ulasan susu penambah berat badan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!