Berbagai Contoh Hantaran Tunangan Sederhana

Tunangan merupakan salah satu tradisi sebelum dilakukan proses pernikahan. Dan dalam proses tersebut, ada yang Namanya pemberian seserahan tunangan. Tradisi tersebut dilakukan dengan mengunjungi pihak keluarga wanita oleh pihak keluarga pria. Lantas apa saja hantaran tunangan yang perlu dibawa? Ketahui di bawah ini.

Contoh Hantaran Tunangan Sederhana

Pemberian hantaran dilakukan sebagai simbol jaminan seorang calon suami yang nantinya dapat menafkahi calon istrinya setelah menikah nanti. Untuk itu, pastikan memberikan hantaran yang memang diperlukan oleh calon istri. Di bawah ini beberapa contoh yang bisa Anda jadikan hantaran:

  1. Alat sholat

hantaran tunangan

Sebagai seorang muslim, alat sholat merupakan sebuah hantaran yang sangat bermakna. Perlengkapan ibadan tersebut dapat juga ditambah dengan kitab suci Al-Quran. Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan alat ibadah lain sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing.

  1. Perlengkapan mandi

hantaran tunangan

Paket perlengkapan mandi serta perawatan tubuh tentu sangat diperlukan oleh pengantin wanita. Mengingat ada banyak paket perlengkapan tersebut, Anda bisa menggantikan beberapa peralatan yang paling utama dibutuhkan. Seperti handuk, sabun, shampo, dan masih banyak lain-lainnya.

  1. Peralatan make up

hantaran tunangan

Sebagai pilihan, perlengkapan make up juga bisa menjadi isi hantaran yang sangat menarik. Terlebih, setiap perempuan tentu memiliki brand make up favorit mereka. Anda bahkan bisa mengajak pasangan masing-masing untuk berbelanja make up tersebut sebagai isi dari hantarannya.

  1. Pakaian

Merupakan salah satu jenis isian hantaran yang bisa Anda pilih. Pakaian disini memiliki banyak jenisnya. Misalnya seperti busana kasual, busana tidur, busana kerja, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa menambahkan sepatu atau sandal sebagai pelengkap hantarannya.

mua parasayu

  1. Kebaya dan jarik

hantaran tunangan

Jika ingin berbeda dengan lainnya, Anda bisa memilih isi hantaran yang berupa kebaya dan jarik. Hantaran tersebut tentu sangat diterapkan pada keluarga yang memang masih menggunakan adat secara tradisional. Contohnya seperti adat Jawa.

Anda bahkan bisa memilih kain batik dengan motif yang memiliki makna dan harapan tertentu kepada pasangan. Dengan begitu batik dapat dijadikan sebagai simbol doa agar nantinya pengantin dalam bahagia dalam menjalani kehidupannya.

  1. Perhiasan

Perempuan mana yang tidak menyukai perhiasan? Tidak hanya berupa cincin, perhiasan sebagai hantaran bisa Anda pilih dengan cukup beragam. Seperti kalung, gelang, anting, dan yang lainnya. Anda bahkan bisa memilinya sesuai dengan kesepakatan calon istri.

Akan tetapi apabila dana yang disiapkan cukup terbatas, maka pilih saja beberapa perhiasan dengan menyesuaikan dana tersebut agar tidak memberatkan salah satu pihak.

  1. Kue

hantaran tunangan

Kue juga bisa jadi hantaran paling menarik saat prosesi lamaran dilakukan. Anda bisa memilih jenis kue yang memang sesuai dengan adat dan tradisi setempat. Misalnya saja di Betawi, maka roti buaya adalah pilihan tepat sebagai hantarannya. Roti buaya tersebut dijadikan sebagai lambang kesetiaan karena hewan tersebut sangat setia kepada pasangannya.

  1. Buah-buahan

hantaran tunangan

Selain kue, buah-buahan juga tidak boleh lewat dari hantaran yang akan diserahkan nantinya. Hantaran ini sendiri bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Terlebih di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis buah-buahan yang bisa dipilih untuk dijadikan sebagai isi hantaran.

Seperti buah manggis, pisang, apel, jeruk, pear, dan masing banyak lagi. Anda bisa mengemas sedemikian rupa agar hantaran buah-buahan tersebut semakin menarik saat diberikan.

Jadi, hantaran manakah yang akan Anda pilih. Anda bisa memilih beberapa jenis hantaran tunangan di atas kemudian memberikannya kepada pengantin wanita. Yang tidak kalah penting selain memilih hantaran dalam memilih jasa make up acara tunangan.

Jika bingung, maka sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan jasa make up mua.parasayu.net. Jasa make up yang satu ini sudah profesional dan berpengalaman dalam membersamai setiap calon pengantin. Anda bisa mendapatkan make up tersebut dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas.

makeup pernikahan adat sunda