Dimanakah Letak Cincin Tunangan yang Benar?

Sebelum menggelar acara pernikahan, umumnya setiap pasangan akan melangsungkan acara tunangan terlebih dahulu. Acara tersebut dilakukan oleh kedua belah pihak antara calon pengantin pria dan wanita. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi tukar cincin tunangan. Lantas dimanakah letak cincin tunangan yang benar?

makeup pernikahan adat sunda

Berbagai Fakta Mengenai Letak Cincin Tunangan

Cincin dapat dijadikan sebagai lambang komitmen antara dua pasangan untuk melangkah menuju pernikahan. Tidak heran jika proses tukar cincin umumnya dilakukan saat melangsungkan acara tunangan. Berikut beberapa fakta yang bisa Anda ketahui mengenai cincin tunangan tersebut:

  1. Waktu pemberian cincin

Cincin tunangan bisa diberikan saat pria melamar pasangannya. Sifat tukar cincin tersebut pada dasarnya tidaklah wajib. Pasalnya hal ini bergantung dengan kemampuan dan kepribadian dari pasangan masing-masing. Beberapa pasangan bahkan tidak melakukan proses pemberian cincin.

Hal tersebut tidak menjadi permasalahan karena dapat langsung menuju proses pernikahan. Berbeda dengan cincin pernikahan yang bersifat mutlak dalam proses pernikahan.

  1. Jumlah cincin

Cincin tunangan umumnya diberikan dari pihak pria kepada pihak wanita. Hal ini berarti jumlah cincin tidak harus sepasang. Hal tersebut kembali lagi kepada pendapat dan kemampuan masing-masing pasangan saja. Anda dan pasangan bisa merundingkan mengenai jumlah cincin yang diinginkan.

  1. Status cincin

Perlu Anda ketahui bahwa cincin tunangan memiliki arti bahwa seorang wanita sudah terikat dan berkomitmen untuk melangsungkan pernikahan dengan pria yang memberikannya cincin. Namun pemberian cincin tersebut bukan berarti sang wanita sudah menikah.

mua parasayu

  1. Letak cincin

Umumnya beberapa tradisi di Barat mengenakan cincin tunangan di jari manis tangan kanan. Berbeda dengan cincin pernikahan yang umumnya diletakkan pada jari manis tangan kiri. Hanya saja letak cincin tersebut masih bisa disesuaikan dengan pendapat pribadi.

  1. Sejarah letak cincin

Penggunaan cincin tunangan memang sangat erat kaitannya dengan tradisi dan sejarah sebelumnya. Sebagian besar orang mengenakan cincin tunangan pada jari manis tangan kiri, hal tersebut mengikuti tradisi masyarakat Romawi Kuno.

Orang-orang yang ada pada negara tersebut percaya bahwa jari manis mempunyai pembuluh darah yang langsung dapat menuju ke jantung. Hal tersebutlah yang dijadikan sebagai simbol cinta dan kesetiaan sehingga diletakkanlah cincin di jari manis.

  1. Diletakkan di tangan kanan

Meski ada banyak orang yang meletakkan cincin pada tangan kiri, beberapa orang juga menyematkan cincin pertunangan mereka pada tangan kanan. Hal tersebut bahkan sudah populer dan dilakukan di negara seperti Kolombia, Rusia, hingga Yunani.

Meski begitu, bukan berarti letak cincin di tangan kanan tersebut mencerminkan budaya beberapa negara tersebut. Anda tetap bisa meletakkan cincin pertunangan tersebut berdasarkan pendapat pribadi.

  1. Menjadi satu dengan cincin pernikahan

Tidak jarang juga sebagian pasangan mengenakan cincin yang sama untuk menikah dan bertunangan. Hal tersebut berarti cincin tunangan yang awalnya terletak di tangan kiri maka diletakkan ke jari manis tangan kanan.

Akan tetapi, apabila ingin mengenakan kedua cincin pernikahan dan pertunangan menjadi satu, maka ada tradisi yang menempatkan cincin pernikahan di atas cincin tunangan. Hal tersebut dapat dilakukan pada jari manapun. Jadi, mempelai pengantin mengenakan dua cincin di satu jari manisnya.

Itulah informasi mengenai letak cincin tunangan yang bisa Anda ketahui. Mengenai letak cincin tersebut masih bisa Anda diskusikan bersama pasangan dan keluarga masing-masing. Yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana penampilan di acara tunangan nanti.

Pastikan Anda menggunakan jasa make up tunangan yang berkualitas seperti di mua.parasayu.net. Jasa ini menyediakan jasa make up untuk tunangan dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. Anda bisa langsung mengunjungi websitenya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

makeup pernikahan adat sunda