Perbedaan Lamaran dan Tunangan yang Perlu Anda Tahu

Antara tunangan dengan lamaran, kedua proses tersebut memang umumnya terdapat tukar cincin. Persamaan proses tukar cincin tersebut membuat banyak orang mengira bahwa tunangan dan lamaran adalah hal yang sama. Padahal ada perbedaan lamaran dan tunangan yang bisa sobat Parasayu pelajari.

Perbedaan Lamaran dan Tunangan

Pada dasarnya ada banyak yang membedakan antara tunangan dengan lamaran. Tunangan cenderung dilakukan pada masa penjajakan antara dua belah pihak keluarga. Sementara proses lamaran sudah sedikit meningkat levelnya sehingga bayangan pernikahan semakin jelas. Berikut beberapa perbedaannya:

  1. Pengertian

Dilihat dari pengertiannya, tunangan dan lamaran memang memiliki arti yang berbeda. Tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Tunangan merupakan sebuah komitmen formal antara dua orang untuk menyatukan hidup ke jenjang yang lebih serius.

Sementara itu, tunangan merupakan janji bersama antara dua orang untuk menikah serta melakukan persiapan pernikahan. Dengan melangsungkan acara tunangan, maka pasangan sama-sama berkomitmen untuk melangkah lebih maju yakni menikah.

Lamaran sendiri dapat dikatakan sebagai acara yang bersifat adat. Yakni meminta pasangan untuk menikah di hadapan orang tua serta para kerabatnya. Proses lamaran ini sendiri juga membawa hubungan pasangan ke jenjang lebih serius.

  1. Proses

Setelah mengetahui tentang pengertian tunangan dan lamaran, maka perbedaan lain dapat dilihat dari rangkaian acara atau prosesnya. Lamaran serta tunangan memang sama-sama melakukan pertukaran cincin ke kedua jari pasangan. Akan tetapi tetap saja terdapat perbedaan dari kedua proses tersebut.

Umumnya, proses tunangan hanya dilakukan dengan saling bertukar cincin saja. Sementara proses lamaran tidak hanya dilakukan dengan memberikan cincin, akan tetapi juga membawa seserahan maupun mahar yang nantinya diberikan kepada calon mempelai wanita.

Jika diurutkan, proses yang lebih awal dilakukan sebelum menuju pernikahan adalah bertunangan terlebih dahulu baru kemudian lamaran. Kebanyakan orang sendiri melewatkan proses tunangan dan langsung menuju tahap lamaran. Beberapa orang juga bertunangan terlebih dahulu untuk memulai persiapan pernikahan.

Proses lamaran sendiri dapat dilakukan 1 hari sebelum menikah atau paling lama 5 bulan menjelang pernikahan. Sementara tunangan bisa saja mencapai waktu 1 sampai 3 tahun untuk kemudian berlanjut ke pernikahan.

  1. Sejarah

Apabila dilihat dari sejarahnya, tunangan bahkan sudah dimulai sejak tahun 2000 SM. Pada zaman Mesir Kuno, orang-orang mengukir tumbuhan untuk dijadikan cincin. Hal tersebut diyakini sebagai lambang keabadian. Cincin tersebut digunakan pada acara tunangan dengan lambang keabadian cinta.

Sementara itu, bangsa Romawi juga mengenakan cincin emas untuk memberikan lambang kebersamaan pasangan sebelum menikah. Tidak heran apabila tunangan sangat erat hubungannya dengan proses tukar cincir.

Sementara itu, lamaran mengacu pada istilah khitbah pada agama Islam. Lamaran tersebut memang tidak harus dilakukan dengan bertukar cincin. Pasalnya, yang menjadi poin utama dalam proses tersebut adalah keseriusan pasangan dalam mengajak ke jenjang pernikahan.

Proses lamaran sendiri lebih cenderung ke adat tradisional di masing-masing daerah. Apabila yang melamar adalah pihak laki-laki, maka beberapa daerah lain yang melamar adalah pihak perempuan.

Proses lamaran tersebut harus tersedia seserahan yang wajib diberikan. Bahkan terdapat beberapa daerah yang menentukan jumlah seserahan yang perlu diserahkan kepada calon pengantin.

Itulah beberapa perbedaan lamaran dan tunangan yang bisa Anda ketahui. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam membedakan manakah yang dinamakan lamaran dan manakah yang dinamakan tunangan. Yang paling penting saat melakukan acara tersebut adalah memperhatikan penampilan kedua pasangan.

Anda bisa menggunakan jasa make up untuk acara lamaran maupun tunangan. Jasa make up di mua.parasayu.net menyediakan jasa rias untuk acara lamaran maupun acara tunangan yang ingin Anda lakukan. Dengan menggunakan jasa tersebut, maka penampilan kedua pengantin tentu akan lebih tertata dan menambah kesan sakral prosesi lamaran maupun tunangan yang dilangsungkan.

makeup pernikahan adat sunda