7 Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Singkat

Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan di jenjang SMA atau perguruan tinggi, menulis kata pengantar laporan praktikum memang gampang-gampang susah. Gampang jika Anda mengetahui triknya, tapi susah jika Anda tidak mengetahui trik menulisnya. Kata pengantar dalam penulisan laporan ini wajib ada di setiap laporan ilmiah yang Anda tulis, seperti halnya kata pengantar makalah atau penelitian lainnya. Sudah banyak contoh kata pengantar yang bisa Anda cari dari buku, internet, atau yang lainnya. Maka dari itu, simak ulasan lengkap tentang cara penulisan kata pengantar yang singkat dan jelas seperti berikut ini!

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktikum Agama

Laporan praktikum agama di sekolah menengah atas biasanya terdiri dari praktik tata cara ibadah yang baik dan benar, pelafalan ayat dalam kitab suci, atau hafalan ayat-ayat suci. Tulis laporan praktikum ini seusai Anda mempraktikan hal-hal di atas. Buatlah laporan sejujur mungkin. Jangan menambah-nambahkan data yang tidak ada ke dalam laporan Anda.

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktikum Biologi

Laporan praktikum biologi biasanya diisi dengan hasil dari praktik tentang topik-topik yang dibahas dalam mata pelajaran biologi. Misalnya, topik pertumbuhan tanaman. Anda akan disuruh untuk mengobservasi biji kedelai, mulai dari masih berbentuk biji sampai dengan berbentuk tanaman yang sudah memiliki akar, daun, dan batang. Tulis hasil observasi Anda ini ke dalam laporan praktek kerja sehabis Anda menulis kata pengantar.

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktikum Kimia

Sama halnya dengan mata pelajaran biologi, dalam praktikum kimia, biasanya Anda akan disuruh untuk mengobservasi dan menguji coba zat-zat kimia di laboratorium sekolah. Lakukan langkah-langkah yang tepat berdasarkan perintah guru, baru kemudian tulis hasilnya dalam laporan praktikum kimia. Jangan lupa juga untuk menulis kata pengantarnya sebelum Anda beralih membahas hasil praktikum Anda.

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktikum Fisika

Ketika Anda melakukan uji coba materi fisika di sekolah, biasanya Anda bakal disuruh untuk membuat hasil laporannya oleh guru. Penulisan laporan ini bertujuan untuk memantau hasil uji coba Anda selama praktikum berlangsung. Tapi, sebelum Anda menulis hasil praktikumnya, tulis lebih dulu pendahuluan yaitu sebuah kata pengantar laporan praktek kerja di bagian depan setelah sampul laporan.

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktikum Ilmiah

Penulisan kata pengantar untuk praktek kerja ilmiah agak berbeda dengan penulisan laporan praktek kerja lainnya. Sebab, dari segi tata bahasa, sistematika, dan topik yang dibahas pun jauh lebih tertata dan berat. Penulisan laporan jenis ini biasanya dilakukan oleh para mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktikum Kerja Nyata

Jenis laporan ini biasanya ditulis oleh siswa-siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) atau mahasiswa semester 6. Laporan ini membahas tentang hal-hal yang Anda lakukan selama praktik kerja. Kalau siswa SMK, biasanya membahas tentang rutinitas mereka selam bekerja di tempat yang telah dipilihkan sekolah. Sementara itu, mahasiswa cenderung  membahas tentang rutinitas mereka saat ditempatkan di wilayah-wilayah terpencil untuk pengabdian masyarakat.

  1. Kata Pengantar Laporan untuk Praktek Kerja Lapangan

Selanjutnya adalah kata pengantar laporan praktek kerja lapangan atau yang biasa disingkat (KPL). Kegiatan ini cenderung dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Tujuannya adalah mengaplikasikan teori-teori yang sudah didapat selama berkuliah. Penulisan laporan ini juga harus mengikuti tata aturan yang telah ditetapkan kampus, termasuk tata cara untuk menulis kata pengantarnya. Jika Anda ingin nilainya baik, tulislah laporan Anda sesuai dengan aturan penulisan yang telah ditetapkan.

pop up mua parasayu 02