7 Contoh Kata Pengantar Buku Singkat

Setiap menulis buku, pasti diawali dengan menulis kata pengantar buku di bagian depan. Kata pengantar ini sifatnya wajib dan harus ada di setiap buku yang mau Anda tulis, apalagi ditulis di bagian depan setelah sampul buku dan daftar isi. Begitu pula pada makalah, wajib ada kata pengantar makalah yang formatnya sudah baku.

Karena peletakannya yang strategis, kata pengantar harus ditulis sebaik mungkin. Tapi, usahakan jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Untuk mengetahui cara menulis kata pengantar yang baik, tepat, dan singkat, mari simak ulasannya di bawah ini!

  1. Kata Pengantar untuk Buku Non Fiksi

Dalam setiap buku non fiksi yang Anda beli, pasti terdapat kata pengantar di bagian depan. Kata pengantar dalam penulisan karya non fiksi memiliki fungsi sebagai pengantar yang mencakup ucapan terima kasih kepada banyak pihak yang membantu penyelesaian karya Anda. Pihak-pihak tersebut adalah Tuhan YME, keluarga dekat, teman, editor, penerbit, dan pembaca.

  1. Kata Pengantar untuk Novel

Sama seperti buku non fiksi, jenis novel juga memiliki kata pengantar yang mencakup ucapan terima kasih kepada berbagai pihak. Karena novel termasuk ke dalam salah satu jenis karya sastra, tentu penulisan kalimat dan tata cara bahasanya pun bebas dan disesuaikan dengan preferensi sastra Anda.

  1. Kata Pengantar untuk Jurnal Ilmiah

Berbeda dari sebelumnya, untuk jurnal ilmiah, tentu pilihan kata yang digunakan tidak sebebas kata pengantar yang digunakan dalam novel. Jika Anda ingin membuat buku berupa kumpulan jurnal ilmiah, pilihan bahasanya harus terstruktur dan sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Karena sifatnya yang ilmiah, hindari juga penggunaan kalimat tidak baku dan tidak sesuai dengan PUEBI ya.

  1. Kata Pengantar untuk Skripsi

Hampir mirip dengan jurnal ilmiah, penulisan kata pengantar dalam skripsi pun diwajibkan memakai kalimat baku, sesuai¬† PUEBI dan kaidah penulisan ilmiah. Gunakan pula kata ganti orang pertama seperti “Saya” dengan kata ganti orang ketiga seperti “Penulis atau Peneliti” untuk menggambarkan keobjektifan penulsan skripsi Anda.

  1. Kata Pengantar untuk Buku Kumpulan Puisi dan Prosa

Ketika Anda ingin menulis buku kumpulan puisi dan prosa, Anda diberi kebebasan untuk menuliskan tata bahasanya. Anda bisa pakai bahasa yang puitis dan bermajas dalam kata pengantar karya Anda, bisa juga tidak. Tergantung dari keinginan Anda untuk memakainya atau tidak.

  1. Kata Pengantar untuk Buku Biografi

Buku biografi termasuk ke dalam jenis karya sastra yang mendokumentasikan kehidupan nyata tokoh-tokoh penting. Misalnya saja, buku Biografi Ir. Soekarno. Karena fungsi itulah, maka Anda tidak boleh sembarangan saat menulis kata pengantarnya. Sebaiknya gunakan kata-kata sopan yang sesuai dengan PUEBI agar tidak menimbulkan kontroversi di kemudian hari.

  1. Kata Pengantar untuk Buku Panduan

Buku panduan biasanya berisi tentang tata cara atau tata penggunaan suatu produk. Karena fungsi inilah, Anda bisa memakai kalimat yang bersifat teknis dalam penulisan kata pengantar untuk panduan Anda.

Contoh Kata Pengantar Buku yang Singkat dan Benar

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, karena pertolongannya saya bisa menyelesaikan penulisan buku novel ini. Terima kasih juga saya ucapkan buat kedua orang tua saya, kakak dan adik, sahabat-sahabat, Mbak editor, Penerbit Cwiki, dan juga para pembaca setia yang sudah lama menunggu novel ini terbit. Semoga novel ini bisa menghibur dan menemani kalian di waktu senggang.

Nantikan juga novel-novel selanjutnya dari saya. Semoga kalian suka!

Malang, 29 Mei 2021

Penulis

makeup pernikahan adat sunda

mua parasayu