4 Kisah Inspiratif yang Viral dan Mendunia

Dengan memperhatikan kisah hidup orang lain maupun publik figur lainnya, terkadang kita bisa belajar untuk memaknai suatu kehidupan. Kita menjadi tahu tentang kiat jitu untuk menjadi orang yang sukses. Berkaitan dengan hal ini, apa saja sih kisah inspiratif dari para tokoh publik yang bisa kita jadikan sebagai panutan? Sobat Parasayu Ingin tahu kan siapa saja mereka itu? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, mari kita ulasannya dalam artikel menarik seperti berikut.

Kisah inspiratif apa sajakah yang bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup untuk menggapai kesuksesan?

Dalam hal ini, Anda bisa belajar tentang makna kehidupan dari beberapa tokoh publik ataupun dari orang biasa yang kisahnya menjadi viral karena mendapatkan banyak simpati dari rakyat Indonesia maupun dunia, seperti berikut:

  1. Marry Riana, Sang Pencetak 1 Juta Dollar AS. dan Motivator Populer

Kisah inspiratif motivasi bisa kita pelajari dari seorang Marry Riana. Ya, ia adalah seorang motivator wanita terkenal di negeri dan kiat-kiat motivasinya bisa Anda lihat di salah satu televisi swasta. Kisah perjuangan hidupnya selama beberapa tahun silam telah membuatnya menjadi seorang motivator sukses. Kisah hidupnya menjadi viral setelah ia menceritakan perjuangan bisnisnya. Kendati menjadi mahasiswa lulusan luar negeri, namun ia tidak gengsi untuk terjun langsung ke lapangan mempromosikan produk jualannya kepada masyarakat umum. Ia begitu pantang menyerah dalam mengelola bisnisnya dengan startegi marketing yang jitu. Alhasil, dalam jangka waktu yang tidak begitu lama, ia berhasil meraup pendapatan dalam angka yang fantastis. Itulah sebabnya kisah hidupnya sering kali ia jadikan sebagai materi pelajaran untuk memotivasinya kliennya agar mencapai kesuksesan.

  1. Kisah Inspiratif Islami dari Akbar, Si Bocah Pemulung

Sobat Parasayu, pada akhir tahun 2020 yang lalu, jagad maya khususnya di media sosial Instagram ramai membahas tentang kisah seorang bocah pemulung yang bernama Akbar. Kisahnya menjadi viral karena ia bukanlah bocah pemulung biasa dan tergolong unik. Di sela istirahat dalam menjalani pekerjaannya sebagai pemulung, ia selalu menyempatkan diri untuk membaca kitab suci al-Qur’an. Ia selalu teringat oleh pesan ayah, kakek, dan neneknya agar selalu membaca al-Qur’an supaya mendapatkan perlindungan dan dinaikkan derajatnya.

Suatu ketika, seorang pengguna Instagram mengambil foto Akbar yang sedang duduk mengaji sambil menaruh barang yang berhasil ia pulung di dekatnya. Orang tersebut merasa simpati dan membagikan kisah kehidupannya di Instagram. Alhasil, dalam waktu beberapa minggu, kisah hidupnya viral di media sosial dan menjadi topik bahasan di televisi nasional. Beberapa pihak, seperti ormas Islam, pondok pesantren, dan masyarakat umum banyak yang menawarkan bantuan untuknya. Ia sebenarnya berpindah-pindah untuk memulung ke berbagai daerah demi mencari ibu kandungnya yang telah lama meninggalkannya sejak ia berumur 8 bulan.

Ternyata, Allah Swt. benar-benar menepati janjinya untuk menaikkan derajat Akbar yang rajin mengaji al-Qur’an. Seorang ulama dari Madinah yang kharismatik dan populer di tanah air, yaitu Syekh Ali Jabeer menjadikannya sebagai anak angkat supaya dibimbing untuk menjadi seorang hafidz Qur’an dan kelak semoga bisa menjadi imam besar. Kendati almarhum Syekh Ali Jabeer telah wafat pada 14 Januari 2021 yang lalu, namun orang-orang kepercayaan beliau tetap mendidik Akbar untuk rajin mengaji dan menghafal al-Qur’an.

  1. Kisah Inspiratif Tokoh Dunia dari Mahatma Gandhi, Sang Tokoh Revolusioner

Siapa yang tak kenal dengan seorang Mahatma Gandhi? Kendati ia telah tiada, namun pemikiran dan sepak terjang politiknya masih dikenang tak hanya oleh rakyat India, melainkan juga rakyat dunia. Ia dianggap sebagai tokoh revolusioner karena pemikiran politiknya yang mampu menggemparkan dunia. Ia mengajarkan kepada rakyat India dan dunia untuk belajar melawan kekejaman dalam penjajahan tanpa harus membalas dengan kekerasan pula. Beberapa hasil pemikirannya yang populer, antara lain swadesi, ahimsa, dan satyagraha.

Siapa sangka sikap anti kekerasan yang diperjuangkan olehnya adalah karena dulunya ia sering mendapat perlakukan rasis yang begitu kasar dari orang kulit putih saat ia bertugas di Afrika Selatan. Oleh karena itulah, untuk mengenang jasanya, maka setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Anti Kekerasan Internasional.

  1. Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata dari Susi Pudjiastuti, Si Pemilik Jargon “Tenggelamkan!”

Jargon Tenggelamkan memang begitu lekat dengan sosok ibu Susi Pudjiastuti. Ya, jargon itu awalnya populer saat ia menjabat sebagai menteri kelautan saat era kabinet pertama presiden Jokowi. Selama menjadi menteri kelautan, ia begitu gigih dalam memperjuangkan nasib kehidupan nelayan di Indonesia dan manajemen perdagangan hasil laut. Salah satu program kerjanya yang paling menggebrak dan mengejutkan dunia adalah adanya program tenggelamkan kapal nelayan asing yang melakukan ilegal fishing atau pencurian ikan secara ilegal.

Sebelum menjadi begitu tenar, siapa sangka sosok ibu Susi berasal dari kalangan rakyat biasa. Karena keterbatasan ekonomi keluarga, ia hanya menamatkan sekolah hingga jenjang SMP. Namun, ia tidak pantang menyerah dan banyak melakukan bisnis yang ia awali di wilayah Pangandaran. Perjuangannya dalam berbisnis yang begitu gigih akhirnya membuahkan hasil. Ia sukses sebagai pengusaha di bidang perikanan dan berlanjut membuka bisnis di bidang penerbangan perintis yang diberinama Susi Air.

Adakah hikmah yang bisa kita petik dari kisah inspiratif orang lain?

Dari beberapa kisah pengalaman kehidupan orang lain tersebut, sebenarnya ada beberapa hikmah yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran dalam menghadapi ujian kehidupan. Adapun beberapa hikmah tersebut, antara lain:

  1. Anda bisa belajar The Power of Dream (kekuatan mimpi) dari Marry Riana yang berhasil mewujudkan impiannya untuk meraih pendapatan 1 juta dollar AS dari bisnis yang dgelutinya.
  2. Anda juga dapat memetik hikmah tentang The Power of Prayer (kekuatan doa) dari seorang bocah bernama Akbar yang tak pernah berhenti doa dan terus mengaji al-Qur’an.
  3. The Power of Patience (kekuatan sabar) juga dapat Anda pelajari dari seorang Mahatma Gandhi. Meski banyak rakyat India yang menderita akibat penjajahan Inggris pada puluhan tahun silam, namun ia tetap mengajak rakyat India dan pengikutnya untuk bersabar dan jangan melawan penjajahan dengan balik melakukan kekerasan.

Selamat membaca kisah inspiratif dari para tokoh publik tersebut. Semoga kisah mereka bisa menginspirasi Anda supaya bisa menjalani proses kehidupan hingga menjadi orang yang sukses. Berkaca dari pengalaman hidup mereka bahwa ujian hidup apapun yang ditakdirkan Tuhan sebenarnya adalah untuk kebaikan kita sendiri. Tidak ada seorang pun yang bisa menggapai kesuksesan secara instan. Ya, semuanya membutuhkan proses dan waktu yang lama. Maka dari itu, mari belajarlah untuk merencanakan kehidupan Anda mulai dari sekarang sehingga dalam beberapa waktu yang akan datang, Anda bisa merasakan manisnya kesuksesan dari hasil jerih payah Anda sendiri.

mua parasayu