Teknik Renang Gaya Bebas. Mudah dan Menyehatkan!

Siapa sih yang tidak suka renang? Olahraga ini tak hanya disukai oleh orang dari kalangan menengah atas, melainkan juga orang dari kalangan rakyat biasa. Kendati berasal dari strata sosial yang berbeda, namun dalam hal teknik berenang selalu saja sama. Salah satu teknik atau gaya renang yang sering digunakan adalah renang gaya bebas. Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk melakukan renang dengan gaya bebas tersebut? Adakah manfaat dengan sering melakukan olahraga renang bagi tubuh? Untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya, yuk baca ulasannya dalam artikel ini sampai selesai.

Jelaskan renang gaya bebas dan macam teknik dalam renang lainnya?

Sobat Parasayu, sebenarnya dalam melakukan olahraga renang itu terdapat beberapa macam teknik atau gaya renang. Setiap gaya renang tersebut memiliki keunikan tersendiri dan biasanya setiap orang memiliki gaya andalan masing-masing. Mau tahu kan apa saja teknik dalam olahraga renang itu? Berikut adalah beberapa macam teknik dalam renang tersebut:

  1. Teknik Renang Gaya Bebas

Teknik renang ini bisa dilakukan dengan cara menelungkupkan badan Anda supaya berada dalam posisi tengkurap dan sejajar di atas permukaan air. Berenang dengan gaya bebas ini bisa membakar kalori dalam tubuh secara maksimal dibandingkan dengan teknik renang lainnya karena mesti dilakukan dengan sangat cepat.

  1. Renang Gaya Kupu-Kupu

Bila Anda renang dengan gaya kupu-kupu, maka Anda bisa menggerakan kedua kaki Anda sebebas mungkin dan cobalah lakukan gerakan menyerupai gelombang air. Di samping itu, beberapa anggota badan Anda mulai dari sendi pergelangan kaki hingga punggung kaki berfungsi untuk mendorong air ke bawah sehingga menciptakan suatu gerakan hentakan yang super cepat.

  1. Renang Gaya Dada

Melakukan renang dengan gaya dada sebenarnya secara tidak sadar Anda sedang melakukan gerakan seperti seekor katak yang berenang. Itulah sebabnya renang gaya dada ini dikenal juga dengan istilah gaya katak. Untuk melakukan renang dengan gaya ini, maka Anda bisa menelungkupkan badan supaya berhadapan dengan permukaan air. Sementara itu, bagian batang tubuh diusahakan dalam posisi tetap. Selanjutnya, pada bagian kaki Anda akan menendang ke bagian luar dan coba arahkan kedua tangan Anda agar posisinya lurus ke depan.

Bagaimanakah langkah yang tepat dalam renang gaya bebas itu?

Renang gaya bebas disebut juga sebagai free swim. Supaya bisa bermanfaat dalam menyehatkan tubuh, maka Anda pun mesti melakukan renang dengan gaya bebas ini secara tepat. Adapun beberapa panduan untuk melakukan renang dengan gaya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Posisi Bagian Kepala

Sebagian orang melakukan renang gaya ini dengan mengarahkan kepala supaya menatap ke depan. Padahal, sebenarnya cara ini kurang tepat. Adapun cara yang tepat pada bagian kepala adalah dengan menundukkan kepala Anda supaya melihat ke bagian bawah air. Selain itu, sebaiknya posisi kepala Anda berada sejajar dengan garis tengah badan, serta tidak begitu ke atas maupun ke bawah.

Bila Anda terlalu melihat ke arah atas dan ke depan, maka hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda tertekan ke arah bawah air. Jika sudah begitu, tubuh Anda justru akan semakin susah untuk berenang ke arah depan dan kecepatan renang Anda pun cenderung lebih lambat.

  1. Posisi Bagian Badan

Sikap badan pada renang gaya bebas adalah diusahakan berada di tengah-tengah seolah-olah Anda sedang berada di antara dua bagian. Apabila gerakan pada salah satu bagian tubuh tidak seimbang, seperti terlalu condong ke bagian kanan ataupun ke kiri, maka bisa menyebabkan tubuh Anda cedera dan terlalu menguras energi sehingga Anda akan merasa cepat lelah saat berenang.

  1. Posisi Bagian Tangan

Posisi tangan yang benar saat akan melakukan renang dengan gaya bebas bisa Anda lakukan dengan beberapa tahapan, seperti berikut:

  • Coba buka telapak tangan Anda, namun jangan terlalu lebar.
  • Posisikan tangan Anda untuk membentuk seperti cup, yaitu jari-jari Anda saling rapat satu sama lainnya. Posisi tangan yang seperti ini ternyata sangat penting supaya air tidak masuk ke sela-sela jari yang bisa memperlambat gerakan renang Anda.
  • Gerakanlah kedua tangan Anda ke atas dan ke bawah air secara bergantian dalam artian ketika tangan kanan berada di atas, maka tangan kiri berada di dalam air dan begitu seterusnya.
  • Hindari gerakan lengan Anda secara bergantian yang menyerupai kincir atau kipas karena bisa mengganggu kecepatan Anda dalam berenang.
  • Usahakan posisi tangan Anda selalu sejajar dengan tangan yang di atas dan yang ada di bawah.
  • Usahakan pergelangan tangan Anda posisinya lebih rendah dari siku-siku lengan.
  1. Posisi Bagian Kaki

Sementara itu, posisi bagian kaki pada renang dengan gaya bebas bisa Anda lakukan dengan mengikuti beberapa tahapan berikut:

  • Lakukan gerakkan menendang, namun Anda mesti melakukannya dengan kaki yang rileks dan jangan terlalu cepat.
  • Coba luruskan dan rapatkan kedua kaki Anda sambil diikuti sedikit menggerakkan lutut ke arah bawah.
  • Apabila Anda ingin berenang maju ke depan, maka posisi pergelangan kaki Anda mesti digerakkan dengan lambat. Adapun tenaga yang digunakan untuk menggerakkan kaki asalnya adalah dari bagian pinggul dan bukan berasal dari tendangan kaki Anda yang terlalu cepat.

Adakah manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh bila menggunakan teknik renang gaya bebas?

Berenang secara rutin menggunakan gaya bebas, ternyata terbukti membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat renang tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Renang mampu menyehatkan organ tubuh, seperti jantung dan paru-paru. Hal ini karena saat renang semua anggota tubuh ikut bergerak dan mampu menghirup napas yang banyak sehingga pasokan oksigen dan aliran darah ke seluruh tubuh berjalan dengan lancar.
  2. Anda juga dapat melakukan renang dengan gaya bebas supaya memiliki tubuh yang indah, seperti bagian pantat, perut, maupun dada, serta otot di bagian punggung.
  3. Apabila Anda menginginkan tubuh yang langsing, apalagi setelah melahirkan maka Anda juga bisa sering melakukan olahraga renang. Menurut penelitian, renang terbukti sangat efektif dalam membakar kalori hingga 300 kalori.
  4. Para dokter sering menganjurkan para penderita asma untuk lebih sering melakukan olahraga renang. Dengan berenang, paru-paru akan lebih terlatih untuk bernapas sehingga kapasitas oksigen dalam paru-paru lebih banyak.

Seru kan pembahasan seputar renang gaya bebas ini? Ayo, tunggu apalagi? Segera saja lakukan teknik renang dengan gaya bebas supaya Anda lebih menikmati olahraga renang ini. Coba lakukanlah olahraga renang ini secara rutin supaya kesehatan tubuh Anda terjaga dan kondisi kejiwaaan Anda bisa membaik sehingga Anda bisa menjalani kehidupan ini dengan menyenangkan. Selamat renang!

mua parasayu