Inspirasi Make Up Pengantin Indonesia Paling Favorit

Indonesia memang terkenal dengan keragaman budayanya, termasuk budaya dalam melangsungkan pernikahan. Setiap wilayah atau bahkan suku memiliki adat pernikahannya sendiri, termasuk dalam hal rias pengantin. Make up pengantin Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Ingin tahu apa saja make up pengantin Indonesia yang populer? Simak ulasannya berikut ini.

Make Up Pengantin Indonesia

makeup pernikahan adat sunda

  1. Make Up Pengantin Jawa

Bicara tentang pengantin adat Jawa, pasti akan langsung teringat dengan paes ageng dan sanggul. Paes merupakan lukisan dari dari hingga rambut berwarna hitam yang memiliki banyak makna. Kemudian pengantin jawa juga biasa menggunakan sanggul seperti sanggul bokor mengkurep atau sanggul bangun tulak. Untuk riasan wajah, pengantin jawa biasanya dirias kalem dengan warna-warna dasar untuk menunjukkan sisi kelembutan dan keanggunan perempuan. Ciri khas riasan lainnya ada pada alis menjangan yang berbentuk seperti tanduk rusa.

  1. Make Up Pengantin Sunda

Inspirasi make up pengantin Indonesia yang selanjutnya datang dari Jawa Barat yakni adat Sunda. Jika pengantin jawa terkenal dengan paes, maka pengantin sunda bisa dikenali dengan penggunaan siger. Siger merupakan mahkota yang diletakkan di kepala bagian depan hingga  menutupi dahi. Untuk make up, pengantin sunda biasanya menggunakan warna-warna nude seperti dusty pink, coklat muda, soft pink dan peach.

  1. Make Up Pengantin Betawi

Make up pengantin betawi merupakan hasil perpaduan budaya antara budaya Arab, Cina, Belanda, Portugis, Melayu dan Jawa. Untuk make up pengantin wanita, mereka cenderung ke budaya Melayu dan Cina. Ciri khasnya adalah menggunakan eyeshadow berwarna hijau mencolok dan bold. Riasan ini sekarang sudah mulai ditinggalkan karena dianggap terlalu mencolok. Anda bisa menggantinya dengan eyeshadow dengan warna bold lain misal coklat kehitaman. Aksesori yang menjadi ciri khas adalah rumpai di bagian dahi yang menutupi wajah pengantin seperti tirai.

  1. Make Up Pengantin Minangkabau

Jika pengantin Jawa dan Sunda khas dengan unsur kalem dan anggun, make up pengantin Indonesia adat Minangkabau akan khas dengan unsur kaya dan elegan. riasan yang digunakan biasanya riasan bold, nuansa emas dan silver yang shimmering sehingga meninggalkan kesan mewah. ciri khas aksesorisnya tentu saja suntiang 13 tingkat dengan warna emas.

  1. Make Up Pengantin Batak

Make up pengantin Indonesia adat Batak melambangkan unsur anggun dan berani. Karena itulah pengantin Batak biasanya banyak menggunakan unsur merah seperti pada blush on dan lipstik. Alis biasanya dilukis tebal dan tajam. Untuk eyeshadow, mereka biasanya memiliki ciri smokey eyes untuk menciptakan kesan dramatis. Baju yang mereka kenakan pun biasanya berwarna merah atau hitam.

Make Up Pengantin Indonesia by Parasayu

makeup pernikahan adat sunda

Jika anda sudah memilih make up pengantin Indonesia mana yang akan anda gunakan saat pesta pernikahan anda, kini saatnya anda memilih Make Up Artist atau perias yang akan mewujudkannya. Salah satu rekomendasi terbaik MUA yang bisa merias ala make up Indonesia adalah MUA Parasayu. MUA Parasayu telah berpengalaman merias ratusan pengantin dalam berbagai konsep termasuk Make Up Pengantin Indonesia. Anda bisa melihat portofolionya di mua.parasayu.net. Selain kecantikan riasannya, Parasayu juga selalu mengutamakan kebersihan alat-alat make upnya dan kualitas dari make up yang digunakan. Tampil cantik di hari bahagia? Parasayu solusinya!

Nah itulah tadi beberapa inspirasi make up pengantin Indonesia yang bisa menjadi referensi look anda saat pernikahan. semoga bermanfaat!