Rincian Biaya Pernikahan di Gedung yang Harus Dipersiapkan

Jika Anda merencanakan pernikahan di tahun ini dan ingin tahu apa saja yang harus dipersiapkan, tentu Anda harus tahu berapa rincian biaya pernikahan di gedung serta tetek bengeknya. Mempersiapkan dana memang menjadi bagian dari persiapan pernikahan. Semuanya harus dipersiapkan agar tidak over budget dan anggaran yang Anda miliki sesuai dengan konsep yang diinginkan, salah satunya gedung pernikahan.

Rincian Biaya Pernikahan di Gedung dan Persiapannya

makeup pernikahan adat sunda

Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan dan berapa estimasi biaya jika menyelenggarakan pernikahan di gedung? Simak penuturannya di bawah ini:

  1. Biaya untuk Hantaran

Seserahan/hantaran menjadi tradisi yang turun temurun dan selalu ada di dalam acara pernikahan hingga saat ini. Biasanya, isi hantaran ini berupa kebutuhan mempelai pengantin wanita seperti misalnya pakaian pesta, pakaian dalam, perlengkapan mandi, sepatu, peralatan make up, dan sebagainya. Untuk estimasi biaya hantaran yang lengkap kurang lebih 5 juta rupiah saja.

  1. Biaya Mas Kawin atau Mahar

Mas kawin menjadi sesuatu yang penting dalam acara pernikahan. Biasanya mahar atau mas kawin ini berupa perlengkatan solat atau sejumlah uang. Bisa juga emas atau logam mulia. Estimasi biayanya kira-kira 7,5 juta rupiah jika mahar yang dipilih adalah emas atau logam mulia sebanyak 10 gr.

  1. Biaya KUA

Untuk biaya KUAnya adalah gratis, jika Anda memilih untuk melangsungkan akad nikah di KUA langsung di hari kerja yaitu Senin sampai Jumat. Namun untuk akad nikah yang dilangsung di rumah/gedung biasanya biayanya sekitar 600-700an ribu rupiah (tergantung wilayah domisili).

  1. Biaya Cincin Kawin

Anda bisa memilih cincin kawin yang model, desain, berat, dan brandnya terbaik dan sesuai keinginan. Pilih model yang simpel dan merupakan selera Anda dengan pasangan. Bahannya bisa berupa emas putih atau silver saja. Estimasi biayanya adalah 6 jutaan, tergantung brand/merk.

mua parasayu

  1. Biaya WO

Mempersiapkan pernikahan sendiri memang tidak mudah, apalagi jika Anda dan pasangan memiliki pekerjaan. Untuk itu, gunakan jasa WO atau Wedding Organizer supaya semuanya diurus oleh mereka. Biaya WO di wilayah Jabodetabek biasanya berada di kisaran 8 jutaan, untuk wilayah lainnya disesuaikan ya.

  1. Biaya Gedung

Gedung selalu menjadi tempat terfavorit banyak orang, yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan. Biaya sewa gedung ini relatif, dan biasanya bergantung dari lokasi atau akses untuk menjangkau tempatnya. Estimasi biaya gedung ini mulai dari 5 jutaan untuk kapasitas tamu 500 orang. Jika Anda ingin mengundang lebih banyak tamu maka pilih gedung yang lebih luas, misalnya yang harganya mulai dari 30 jutaan. Belum lagi anda harus membayar biaya cas dari katering, dekor, hiburan dan photography. Meski hal ini tidak dalam harga sewa gedung namun, biaya cas ini akan dibebankan kepada klien kita anda melangsung pesta di gedung.

  1. Biaya Katerng dan Dekorasi

Dekorasi dan katering biasanya memiliki harga yang sudah satu paket. Walaupun hal ini tetap bergantung dari jasa kateringnya sendiri. Untuk biaya katering per satu orang yang paling murah dan lengkap yaitu 50 ribu. Anda bisa mengkalikan dengan jumlah tamu undangan Anda. Sedangkan biaya dekorasi biasanya mulai dari 10 juta rupiah.

  1. Biaya Undangan dan Souvenir

Cetak undangan untuk jumlah tamu 500 undangan biasanya cukup dengan 2,5 juta saja. Biaya ini juga bergantung pada desain dan bahan dari undangan itu sendiri. Sedangkan untuk souvenir dengan jumlah tamu undangan 500 orang bisa dipersiapkan 4 juta rupiah.

Bagaimana dengan biaya MUA atau rias pengantinnya? Jika Anda ingin harga terjangkau tapi hasilnya luar biasa, gunakan saja jasa MUA Parasayu. Cek hasil riasannya di mua.parasayu.net. Dengan begitu biaya pernikahan di gedung dengan memilih MUA di sini, akan lebih hemat.

makeup pernikahan adat sunda