20 Manfaat Beras Merah untuk Tubuh dan Kecantikan

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang dapat dengan mudah anda temui saat ini. Manfaat beras merah memang sudah banyak diketahui masyarakat. Selain untuk diet dan jadi salah satu dari 5 cara merawat tubuh lewat makanan sehat, beras merah juga dipercaya memiliki nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Kandungan nutrisi seperti vitamin B, zinc, mangan, kalsium serta fosfor membuat beras merah saat ini banyak dikonsumsi masyarakat. Untuk lebih jelasnya, simak 20 Manfaat beras merah untuk tubuh dan kecantikan berikut ini.

Manfaat beras merah

manfaat beras merah

gambar via tokopedia.com

  1. Mengontrol Berat Badan

Beras merah mengandung serat, protein serta karbohidrat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras putih, itulah kenapa anda akan kenyang lebih lama ketika memakan beras merah. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi beras merah cenderung memiliki berat badan yang konstan dan tidak mudah naik.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Manfaat beras merah yangs selanjutnya adalah dapat mencegah resiko penyakit kardiovaskuler. Beras merah memiliki berbagai kandungan yang aktif untuk mencegah kolesterol, menghancurkan lemak jahat pada darah, mengontrol tekanan darah hingga mengurangi resiko penyumbatan pada pembuluh darah.

  1. Mengontrol Gula Darah

Beras putih yang biasanya anda konsumsi memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik yang tinggi cepat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh. Hal ini lama kelamaan akan menyebabkan diabetes. Beras merah terbukti memiliki kadar glikemiks yang lebih rendah dibandingkan beras putih sehingga mampu membantu kontrol gula darah anda.

  1. Melancarkan Pencernaan

Beras merah mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menjaga bakteri baik dalam usus yang membantu melancarkan pencernaan. Beras merah juga bisa dijadikan pilihan untuk memperlancar sembelit baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Beras merah mengandung asam fenolat serta flavonoid yang ampuh mencegah kerusakan sel tubuh. Selain itu, beras merah juga mengandung banyak antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dapat menjadikan beras merah sebagai makanan yang dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker usus besar.

  1. Mencegah Penyakit Kronis

Antioksidan yang juga terkandung dalam beras merah juga mempu mengurangi risiko penyakit kronis misalnya penyakit jantung koroner, penyakit pernapasan dan banyak penyakit kronis lainnya.

  1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Selain antioksidan, beras merah juga banyak mengandung vitamin, mineral serta senyawa fenolik yang bisa memperkuat kekebalan tubuh serta melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat beras merah yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Seperti yang sudah diketahui, beras merah mengandung banyak kalsium dan mineral yang dibutuhkan oleh gigi dan tulang untuk tetap sehat. Beras merah juga cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan yang lainnya.

  1. Mendukung Sistem Saraf

Zat besi yang juga terkandung pada beras merah, mampu mencegah penyakit otak dan penyakit saraf yang lainnya.

  1. Mencegah Penyakit Neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif yang banyak menyerang lansia juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi beras merah. Beras merah mengandung gamma-aminobutyric acid yang mencegah berbagai macam penyakit seperti Alzheimer serta Parkinson.

  1. Bebas dari Gluten

Beberapa orang yang mengidap penyakit celiac tidak bisa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gluten merupakan zat sejenis protein yang dapat ditemukan dalam biji-bijian misalnya gandum.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat beras merah selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur anda. hal ini karena beras merah mengandung melatonin alami yang terbukti membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam beras merah juga mampu mengatur ulang metabolisme tubuh sehingga siklus tidur akan lebih teratur.

  1. Mengurangi Risiko Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan di pon-poin sebelumnya, beras merah mengandung banyak serat dan karbohidrat. Makanan yang mengandung banyak serat akan membantu anda menurunkan berat badan dan mengendalikan nafsu makan sehingga bagus untuk mengurangi risiko obesitas.

  1. Membantu Meredam Depresi dan Kecemasan

Manfaat beras merah yang lainnya adalah membantu mengurangi efek depresi serta kecemasan. Beras merah mengandung banyak asam amino glisin dan glutamin yang bisa mendominasi kinerja otak dan membantunya untuk lebih rileks.

  1. Mengurangi Gejala Asma

Beras merah juga dapat mengurangi gejala asma terutama pada anak-anak. selain mengurangi risiko penyakit asma, beras merah juga dipercaya mampu mengurangi respon terhadap sesuatu yang bersifat alergen bagi tubuh terutama alergi-alergi yang berhubungan dengan paru-paru.

  1. Menjaga Kelembaban dan Mengontrol Minyak Wajah

Setelah mengetahui manfaat beras merah untuk tubuh, sekarang akan dibahas beberapa manfaat beras merah untuk kecantikan. Yang pertama, beras merah dapat menjaga kelembaban kulit wajah serta mengontrol minyak berlebih. Anda bisa menggunakan produk-produk yang mengandung beras merah atau menghaluskan beras merah, mencampurnya dengan madu atau susu dan menjadikannya masker wajah.

  1. Mengeksfoliasi Kulit

Beras merah juga bisa anda manfaatkan sebagai scrub yang mengeksfoliasi kulit. Caranya adalah dengan menumbuk beras merah sampai teksturnya cocok untuk scrub kemudian mencampurnya dengan madu atau oats dan susu. Oleskan pada wajah seperti masker dan diamkan hingga kering. Kemudian, anda bisa melakukan proses scrubbing untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati hingga komedo yang menempel pada wajah.

  1. Mencerahkan Kulit

Beras merah mengandung zat gamma-oryzanol yang banyak ditemui di produk produk tabir surya dan masker wajah. Dengan menggunakan secara rutin, anda dapat mencerahkan kulit sekaligus mencegah kulit kusam karena terpapar sinar matahari.

  1. Meningkatkan Antioksidan

Seperti telah dijelaskan diatas, beras merah mengandung banyak antioksidan yang dapat berfungsi sebagai penyembuhan radang kulit karena jerawat, alergi produk kecantikan dan lainnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan kolagen yang ada dalam beras merah juga berfungsi sebagai pencegah penuaan dini pada kulit wajah. Kandungan selenium di dalamnya juga mampu memproduksi zat anti inflamasi yang berguna untuk kulit wajah.

FAQ Tentang Beras Merah

manfaat dari beras merah

gambar via alodokter.com

  1. Apakah beras merah boleh dikonsumsi setiap hari?

Jawabannya sudah tentu boleh. Beras merah bisa digunakan sebagai sumber karbohidrat utama makanan anda. Berbagai kandungan yang dimiliki beras merah juga mampu membuat tubuh lebih sehat.

  1. Apakah beras merah memiliki efek samping?

Meskipun beras merah memiliki banyak manfaat, beras merah juga memiliki efek samping seperti membuat tubuh sulit gemuk, kandungan arsenik (meskipun tidak banyak) dan memiliki risiko adanya jamur aspergillus section flavi jika tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar.

  1. Apakah perbedaan beras merah dan beras putih?

Beras merah cenderung memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan dengan beras putih. Beras merah juga memiliki kandungan serat yang lebih besar jika dibandingkan dengan beras putih.

  1. Apakah bayi boleh mengkonsumsi beras merah?

Jawapannya adalah boleh. Selama bayi anda sudah bisa mengkonsumsi makanan berat seperti nasi, maka nasi merah juga bisa dikonsumsi. Nasi merah juga bisa memperlancar pencernaan bayi agar tidak mudah sembelit.

  1. Apakah boleh mencampur beras merah dan beras putih?

Boleh. Tekstur dari beras merah setelah dimasak akan menjadi lebih keras jika dibandingkan dengan beras putih. Anda bisa mencampur beras merah dan beras putih saat memasak agar nasi menjadi lebih pulen.

Demikian penjelasan lengkap mengenai manfaat beras merah untuk tubuh dan kecantikan. Beras merah ternyata bisa menjadi 5 cara merawat tubuh bagi anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.