20 Cara Menambah Berat Badan yang Benar

Sebagian orang memang selalu berupaya untuk menguruskan badan. Padahal tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang berjuang untuk menambah berat badan agar mencapai tubuh yang ideal salah satunya dengan mengonsumsi susu penambah berat badan. Maraknya penjualan obat yang mengklaim bisa menggemukkan badan tentunya menjadi meresahkan karena justru berbahaya bagi tubuh. Lantas bagaimana cara menambah berat badan dengan benar? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara menambah berat badan

cara mudah menambah berat badan

gambar via parenting.orami.co.id

Cara-cara dibawah ini mungkin tidak akan menambahkan berat badan dengan cepat dan praktis. Namun dapat dipastikan cara menambah berat badan berikut aman dan sehat untuk diikuti.

  1. Konsumsi Kalori Lebih Banyak dari Kalori yang Dibakar

Cara menambah berat badan yang pertama adalah dengan memperhatikan jumlah kalori yang anda konsumsi tiap harinya. Pastikan kalori yang anda konsumsi lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang anda bakar. Bagaimana cara mengukurnya? Menurut banyak ahli gizi, anda harus mengkonsumsi kalori 300 hingga 500 kalori lebih besar dari yang anda bakar.

Untuk mempermudah, anda bisa menggunakan kalkulator kalori yang menghitung kalori anda yang terbakar tiap harinya. Jika sudah mengetahuinya, anda bisa menghitung kalori yang anda makan.

  1. Memperbanyak Konsumsi Protein

Jika kalori berfungsi sebagai sumber energi, makan protein merupakan sumber nutrisi yang paling dibutuhkan ketika anda ingin menambah berat badan. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang mengandung banyak protein, dapat menjadi salah satu cara menambah berat badan dengan benar. Contohnya adalah produk susu, daging-dagingan, kacang-kacangan, ikan dan telur yang dimasak matang. Saat ini juga sudah terdapat produk protein dalam bentuk bubuk yang tinggal diseduh untuk diminum. Jika menggunakan bubuk protein tersebut, anda akan lebih mudah menghitung protein yang harus dikonsumsi tiap harinya. Ahli gizi menargetkan 0,7 hingga 1 gram protein untuk setiap pon berat badan atau sekitar 1,5 sampai 2,2 gram protein per satu kilo berat badan anda. Konsumsi protein ini secara rutin ya.

  1. Memperbanyak Konsumsi Karbohidrat

Selain kalori dan protein, karbohidrat juga penting untuk ditambah porsinya ketika anda mencari cara menambah berat badan. Anda bisa mencoba metode makan karbohidrat dengan porsi kecil tapi sering.

  1. Jangan Lewatkan Sarapan

Jika anda adalah orang yang tidak suka sarapan, anda harus mengubah kebiasaan itu sekarang. Pasalnya, sarapan itu sangat penting. Cobalah untuk sarapan dengan sebutir telur dan segelas jus buah setiap hari untuk mencukupi kebutuhan kalori anda.

  1. Makan Lebih Sering

Ketika berat badan anda kurus, anda cenderung lebih sering merasa kenyang. Nah jika anda ingin menambah berat badan, cobalah untuk makan lebih sering. Untuk lebih sehatnya, anda harus mencoba makan 5 sampai 6 kali sehari dengan porsi kecil dan bukan makan 2 sampai 3 kali namun dengan porsi lebih besar.

Banyak ahli gizi menyarankan untuk memberi jadwal pada waktu makan misalnya setiap 3 jam sekali/ anda juga bisa memakan camilan ringan yang sehat ketika anda hendak tidur, ingat ya camilan ringan yang sehat bukan makanan berat. Karena saat tidur, tubuh manusia aktif meregenerasi sel-sel  dan melakukan proses pertumbuhan yang membutuhkan banyak kalori harian.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Padat Energi

Bahan makanan tunggal yang anda konsumsi selama masa penambahan berat badan juga penting untuk diperhatikan. Mengapa bahan makanan tunggal?

Karena bahan makanan tunggal cenderung ‘mengisi’ berat badan dibandingkan dengan makanan olahan. Anda juga sebaiknya memilih makanan yang padat energi karena makanan ini mengandung banyak kalori baik yang menguntungkan.

  1. Olahraga

Jika anda berfikir untuk menambah berat badan maka anda bisa bermalas-malasan dan tidak melakukan kegiatan, maka anda salah. Anda justru harus berolahraga terutama olahraga yang menambah massa otot tubuh. Olahraga yang bisa anda pilih adalah angkat beban.

Cobalah pergi ke pusat kebugaran dan pilih trainer dengan mengungkapkan keinginan anda untuk menambah berat badan. Tenaga profesional akan lebih tahu jadwal yang anda perlukan untuk angkat beban.

  1. Batasi Latihan Kardio

Nah jika angkat besi merupakan olahraga yang disarankan, maka kardio adalah olahraga yang harus dihindari. Kardio cenderung mengurangi lemak tubuh dan banyak membakar kalori sehingga bisa menjadi boomerang bagi anda yang ingin menambah berat badan.

  1. Menjadwal Waktu Minum

Yang dimaksud dengan menjadwal waktu minum adalah membatasi banyak cairan yang masuk sebelum anda makan makanan berat. Jangan meminum air sebelum anda makan agar anda tidak kenyang terlebih dahulu. Minumlah lebih banyak cairan setelah makan terutama minuman yang mengandung banyak kalori.

  1. Rajin Minum Air Putih

Air putih merupakan cairan paling penting untuk membantu organ tubuh menyerap berbagai nutrisi. Nah, perbanyak minum air putih agar nutrisi yang telah anda konsumsi dapat benar-benar menambah berat badan anda.

  1. Berhenti Merokok

Cobalah anda perhatikan perokok aktif di sekitar anda. Mereka cenderung bertubuh kurus. Hal ini karena rokok mengandung banyak zat berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia termasuk menyusutnya berat badan. Maka dari itu, salah satu cara menambah berat badan adalah berhenti merokok.

  1. Cobalah Konsumsi Smoothies

Mengapa smoothies? Sebenarnya tidak ada larangan tertentu anda tidak boleh meminum minuman tertentu. Hanya saja, minuman seperti soda, kopi, teh atau minuman perisa memiliki lebih sedikit kalori dibandingkan dengan smoothie.

Smoothie dibuat menggunakan susu, yogurt dan buah-buahan yang mengandung banyak gizi baik yang bagus untuk tubuh. Selain smoothie, anda juga bisa memperbanyak konsumsi jus buah.

  1. Konsumsi Camilan yang Sehat

Camilan sehat disini adalah camilan seperti buah, biskuit oats, kacang kedelai dan kacang almond. Dengan menyelipkan camilan sehat diantara jam makan berat anda, kalori yang akan masuk dalam tubuh anda akan menjadi lebih banyak namun tetap sehat.

  1. Cukupi Kebutuhan Lemak Tubuh

Meskipun harus menambah lemak, anda tidak boleh sembarangan dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak jahat yang justru akan merusak bentuk tubuh anda. Pilihlah sumber lemak yang baik seperti pada buah alpukat, ikan, jagung dan masih banyak lagi.

  1. Minum Susu

Saat ini memang tersedia banyak produk susu penambah berat badan di pasaran. Anda boleh saja mengkonsumsinya jika memang sudah terjamin kualitas dan komposisinya. Namun untuk lebih amannya, anda sebaiknya mengkonsumsi susu yang murni dan olahannya seperti keju, yogurt atau es krim.

  1. Mengkonsumsi Madu

Madu sejak dulu memang dipercaya sebagai bahan yang memiliki banyak khasiat termasuk menambah berat badan. Anda bisa langsung mengkonsumsi madu atau menambahkannya pada minuman bahkan makanan yang anda konsumsi.

  1. Mengunyah Makanan Hingga Halus

Makanan yang halus lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi salah satu cara menambah berat badan adalah dengan mengunyah makanan dengan lebih has]lus agar segera tercerna oleh tubuh.

  1. Hidari Kegiatan Begadang

Begadang dapat menyebabkan banyak masalah bagi tubuh. Untuk menambah berat badan, anda harus beristirahat dengan cukup serta tidak stress.

  1. Periksa Kesehatan

Sebaiknya, sebelum memulai kegiatan menggemukkan badan, anda melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan berapa berat badan ideal anda sebenarnya sehingga anda tidak salah langkah dalam melakukan kegiatan menambah berat badan.

  1. Buat Jurnal

Buatlah jurnal kesehatan anda mulai dari awal kegiatan penambahan berat badan sampai tujuan anda tercapai. Selain untuk motivasi, jurnal ini juga bisa anda jadikan patokan setiap harinya, dalam jurnal ini anda juga bisa mencatat makanan apa yang harusnya anda konsumsi serta kegiatan apa yang sebaiknya anda lakukan.

Demikian ulasan lengkap tentang 20 cara menambah berat badan yang benar. Jika berat badan sudah bertambah jangan lupa untuk berat badan yang ideal, jika bingung untuk menghitung berat badan kamu bisa membaca ulasan cara menghitung berat badan ideal. Semoga informasi diatas dapat membantu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!