15 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan

Sabun pepaya merupakan salah satu produk kecantikan yang bisa dijadikan sebagai alternatif dalam perawatan kulit wajah dan perawatan tubuh. Kandungan vitamin A, C, E dan enzim papain yang baik dan diperlukan oleh kulit. Perbedaan mencolok antara jenis ini dengan lainnya adalah kadar deterjen sedikit.

Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan Kulit dan Tubuh

Kandungan detergen di sabun pada umumnya membuat kulit menjadi kering atau bahkan gatal. Senyawa kimia yang digunakan juga jadi masalah utama timbulnya beberapa masalah pada kulit terutama wajah. Seperti, munculnya jerawat dan jadi kasar, bahkan termasuk jadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Menurut penelitian BPOM, semua kandungannya aman digunakan.

  1. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Dalam kulit mempunyai dua lapisan pertama, disebut dengan epidermis. Sementara bagian terluarnya  dinamakan dengan dermis. Lapisan paling atas ini akan melakukan regenerasi kulit setiap 25 hari sampai 30 hari sekali. Pada waktu itu, Anda harus segera mengeluarkannya agar tidak banyak menumpuk di wajah.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan produk ini untuk mengelupas bagian kulit yang sudah mati. Caranya cukup mudah, gunakan setiap hari pagi dan sebelum tidur. Tidak hanya mengelupas sel kulit mati saja. Tetapi, mampu mempercepat regenerasi pada kulit sehingga, tetap sehat.

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah memang sering muncul terutama bagi Anda yang mempunyai kulit putih. Kondisi ini sering terjadi saat musim panas atau pengaruh lainnya adalah usia. Hal ini bisa terjadi karena, melanin atau produksi pigmen pada kulit meningkat pesat, terutama setelah Anda keluar pada siang hari Sinar UV membuatnya semakin parah.

Semakin tinggi kadar Melanin di wajah, semakin banyak pula flek hitam atau yang disebut dengan freckles ini. Menggunakan sabun dari bahan alami pepaya bisa mengurangi. Bahkan, hanya dalam waktu seminggu saja, tidak hanya mengurangi tetapi, meratakan warna kulit sehingga, tidak ada lagi area gelap yang membuat penampilan Anda kurang menarik.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Salah satu penyebab dari hadirnya sel kulit mati adalah berbagai noda, kotoran, serta berbagai produk make up. Jika, Anda salah dalam membersihkannya maka, penumpukan dalam sel kulit mati ini akan bertambah. Sehingga, kulit wajah Anda terasa kasar dan kurang halus.

Penggunaan dari sabun pepaya akan menyehatkan sekaligus membuat kulit Anda sangat halus. Kehalusan ini berawal dari berbagai kulit mati yang menghilang, sehingga hampir setiap hari kulit Anda baru. Efeknya akan terlihat lebih cerah, segar atau bahkan lebih mudah dari umur Anda.

  1. Membantu Pengelupasan Kulit

Enzim Papain yang terkandung di dalam produk ini mampu mempercepat pengelupasan. Sebenarnya, setiap 30 hari sekali kulit wajah akan terkelupas dengan sendirinya dan ganti dengan yang baru. Tetapi, karena tumpukan kotoran dan tersumbatnya pori-pori membuat berbagai masalah terjadi. Pengelupasan ini membantu mengatasi berbagai masalah kulit.

  1. Mengatasi Tumbuhnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit wajah yang sangat dihindari terutama oleh anak muda. Timbulnya dikarenakan produksi minyak berlebihan di tempat tumbuhnya rambut, sehingga menjadi penyumbatan disertai dengan adanya sel kulit mati. Penyumbatan ini akhirnya menutup pori-pori kulit, sehingga terjadi peradangan.

Tidak heran bila awal kemunculannya disertai dengan benjolan kecil. Munculnya jerawat juga dipengaruhi oleh noda dan kotoran yang menumpuk di wajah. Penggunaan sabun pepaya membantu membersihkan wajah dari kotoran dan noda yang menempel. Sehingga, penyumbatan karena sel kulit mati bisa dihindarkan.

  1. Menghilangkan Noda Pada Pakaian

Mungkin, sampai saat ini masih banyak yang belum tahu bila fungsi lain dari sabun pepaya adalah mampu membersihkan noda pada pakaian. Kemampuannya dalam memecah berbagai macam protein dinilai mampu membersihkan noda yang membandel akibat dari protein tersebut.

Beberapa contoh noda yang berasal dari protein adalah darah, telur, lem dan susu. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Oleskan produk ini ke bagian yang terkena noda. Kemudian, kucek sampai bersih dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan sampai noda bisa hilang dari pakaian Anda.

  1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar matahari menjadi satu di antara sekian banyak penyebab dari masalah di wajah. Apalagi, bila terpapar Sinar UV secara terus menerus, membuat permasalahan tersebut semakin berkembang dengan cepat. Gunakan sabun dari kandungan pepaya ini secara rutin, agar jadi pelapis untuk kulit wajah karena, kandungan vitamin C.

  1. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Salah satu penyebab dari penuaan dini adalah banyaknya sel kulit mati. Kulit Anda terlihat gelap. Enzim papain ini membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit-kulit baru. Kegelapan dari wajah ini akan memudar sehingga, terlihat cerah secara alami.

  1. Meminimalkan Iritasi

Iritasi ini biasa timbul karena kulit Anda terlalu lembab atau terkena berbagai bahan kimia. Penyebab awal adalah kulit yang memerah dan terasa panas hingga terbakar. Untuk mencegahnya gunakan sabun dengan kandungan pepaya yang mempunyai tingkat vitamin C cukup tinggi

  1. Meningkatkan Hidrasi

Meningkatkan hidrasi pada kulit ini memang sangat penting. Jangan sampai dehidrasi karena akan menyebabkan kulit Anda kering efek terburuknya adalah kulit jadi kusam. Sabun yang terbuat dari bahan pepaya mempunyai kandungan Vitamin A dan C cukup tinggi. Sehingga, membantu meningkatkan hidrasi.

  1. Mencegah Peradangan Kulit

Peradangan kulit bisa terjadi karena, tersumbatnya pori-pori kulit. Hal ini terjadi karena sel kulit mati banyak yang menumpuk. Peradangan merupakan gejala awal dari tumbuhnya jerawat. Dengan menggunakan sabun pepaya peradangan ini bisa dihindari karena mampu mengelupas sel-sel kulit mati.

  1. Mengurangi Kerutan

Faktor dari adanya kerutan memang cukup banyak. Mulai dari sinar ultraviolet, kotoran hingga usia yang jadi penyebab utama. Untuk mengurangi kerutan ini disarankan menggunakan sabun yang mempunyai kandungan Vitamin A, vitamin E dan Vitamin C. Kerutan di wajah lewat seketika.

  1. Meredakan Gatal

Serangga terutama nyamuk memang tidak sengaja menggigit kulit dan menimbulkan efek gatal-gatal. Salah satu manfaat dari Enzim papain adalah mampu mengurangi rasa tersebut. Dalam gigitan tersebut, nyamuk akan memasukkan virus yang membuat Anda tidak nyaman. Dengan menggunakan produk ini, protein akan terpecah.

Selanjutnya, mengikat racun yang sudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga, mengurangi rasa gatal. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoles bekas gigitan dengan sabun. Kemudian, di bilas dengan air sampai bersih. Hal ini merupakan solusi terbaik, jika krim dari dokter sudah habis atau tidak tersedia.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Menangkal radikal bebas memang salah satu kegunaan dari produk ini. Kandungan vitamin C mengandung antioksidan yang efektif jadi pelindung untuk kulit Anda. Radikal bebas ini berasal dari paparan sinar matahari, serta berbagai macam polusi udara. Gunakan rutin setiap hari minimal 2 kali.

  1. Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat terakhir dari sabun pepaya ini adalah memproduksi kolagen, sejenis zat protein yang bermanfaat bagi tubuh terutama kulit. Dengan adanya kolagen, regenerasi kulit jadi lebih baik, sehingga tampak awet muda dan lebih cerah. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia kepala 4. Untuk lebih detailnya kamu bisa membaca ulasan manfaat kolagen untuk wajah dan kecantikan.